Rayakan Hari Kemerdekaan Di Puncak Gunung Prau

Rayakan Hari Kemerdekaan Di Puncak Gunung Prau
Merayakan Hari Kemerdekaan RI di puncak gunung memberikan sensasi dan pengalaman  berkesan dan tak terlupakan. Selama ini Anda mungkin sudah menjelajahi berbagai gunung favorit di Indonesia. Tapi sudahkah mendaki puncak Gunung Prau? Gunung cantik ini berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Tepatnya di Desa Patakbanteng, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.


Cocok Bagi Pendaki Pemula

Rayakan Hari Kemerdekaan Di Puncak Gunung Prau
Gunung ini berada di ketinggian 2.565 mdpl, dengan panorama mempesona. Pendaki akan menyaksikan keindahan sunrise, sunset, awan putih dan pemandangan alam yang menyejukkan. Ribuan pendaki biasanya memanfaatkan momen 17 Agustus untuk menikmati keindahan gunung ini. Latar puncaknya terbilang luas, sehingga mampu menampung ribuan orang. Mengibarkan bendera Merah Putih menjadi agenda wajib. Lantunan lagu Indonesia Raya dan Bagimu Negeri akan terdengar. Nuansa nasionalisme begitu sangat terasa.

Jalur pendakian gunung ini sangat cocok bagi pendaki pemula. Untuk menuju ke puncak memang terbilang menanjak, tetapi masih relatif mudah. Selain gunung ini, Gunung Ungaran yang berada di Kabupaten Semarang juga cocok untuk pendaki pemula. Meskipun jalur pendakian terbilang mudah, tetapi jangan mengabaikan faktor keselamatan. Persiapkan mental, fisik, logistik dan juga pengetahuan seputar gunung ini.

Pahami Navigasi Darat

Rayakan Hari Kemerdekaan Di Puncak Gunung Prau
Pendaki seharusnya juga memahami jalur trek atau navigasi darat yang akan ditempuh. Kompas, alat komunikasi seperti ponsel dan GPS sangat penting dibawa serta. Jangan lupa untuk meminta izin dari pengelola gunung. Supaya kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bisa segera mendapatkan pertolongan cepat. Persiapkan fisik dengan maksimal, bawalah baju tebal, peralatan masak, makanan dan minuman harus disediakan dengan mencukupi.

Dengan peralatan mendaki yang aman dan memadai, maka keselamatan akan lebih terjamin. Meskipun sudah banyak pengalaman dalam mendaki banyak gunung, jangan pernah menyepelekan jalur pendakian di Gunung Prau. Sebaiknya tidak hanya mengenakan sandal jepit, celana jeans, celana pendek dan pakaian yang tidak layak.

Berangkat Lebih Awal

Rayakan Hari Kemerdekaan Di Puncak Gunung Prau
Saat pendaki tersesat di lereng gunung, yang seharusnya dilakukan adalah tidak bergeser dari posisi. Relawan atau SAR semakin sulit menemukan jejak pendaki yang hilang, kalau terus bergerak tanpa tau arah. Jadi tunggulah bantuan tiba, jangan beranjak dari tempat yang belum diketahui kejelasannya. Supaya mencegah tersesat atau hilang, pahami jalur pendakian yang benar.

Kalau berangkat secara berkelompok, pastikan tidak terpisah dengan kelompoknya. Karena Gunung Prau selalu ramai didaki pada momen Hari Kemerdekaan, sangat disarankan untuk berangkat dua hari lebih awal. Kalau telat, sudah dipastikan kawasan puncak sudah dipenuhi ribuan pendaki. Tunggu apa lagi, menuju kawasan pendakian gunung ini sangat mudah. Nikmati suasana dan pengalaman berbeda di gunung cantik di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Baca Juga




Komentar

  1. Aih, indahnya Agustusan di puncak gunung ya... Saya suka pemandangan di gambar yang ada tendanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suasana di puncak gunung memang bikin kangen...

      Hapus

Posting Komentar