Tips Aman Bagi Wanita Saat Solo Traveling

Solo traveling juga menyenangkan dilakukan seorang wanita. Pengalaman dan tantangan baru menjadikan momen itu tak terlupakan. Mungkin bagi yang tidak biasa, merasa kurang yakin dan masih takut untuk menjelajahi lokasi wisata sendirian. Dengan tetap memperhatikan cara berwisata yang aman, sebenarnya tidak perlu ragu lagi bagi wanita untuk melakukan perjalanan di berbagai kota dan negara. Apa saja tips aman yang bisa diterapkan?


Pastikan Memilih Hotel Yang Tepat

Tips Aman Bagi Traveler Wanita Saat Solo Traveling
Tentunya banyak pilihan hotel berdekatan dengan kawasan wisata. Pastikan memilih yang terbaik, dengan harga terjangkau bagi Anda. Pemesanan kamar hotel semakin mudah dengan booking online. Pastikan untuk memilih situs booking hotel terpercaya. Supaya menunjang keamanan dan kenyamanan, bisa memilih kamar yang tidak jauh dari lift. 

Dengan  begitu tidak perlu melewati lorong sepi, agar bisa sampai di kamar. Selain itu, tidak dibutuhkan waktu lama supaya bisa sampai di kamar yang dipesan. Kalau kunci kamar diwajibkan diserahkan pada resepsionis saat keluar kamar, pastikan petugas sudah menaruhnya secara benar.


Pastikan Tiba Di Tujuan Sebelum Petang

Tips Aman Bagi Traveler Wanita Saat Solo Traveling
Rencanakan perjalanan wisata Anda dengan baik, dengan memastikan sudah sampai di tujuan sebelum matahari terbenar. Tiba di pagi atau siang hari sangat tepat, apalagi kalau daerah tujuan termasuk kota kecil. Dimana transportasi umum sulit ditemukan kalau sudah malam. Dengan tiba di waktu yang tepat, Anda mudah dalam mencari kendaraan umum, hotel, rumah makan dan sebagainya. Sesuai dengan kebutuhan setiap traveler.


Menyimpan Dokumen Penting Dengan Aman

Tips Aman Bagi Traveler Wanita Saat Solo Traveling
Kenakan tas yang tepat, untuk penyimpanan dokumen penting, uang dan sebagainya. Disarankan lebih mengenakan tas selempang, supaya bisa selalu ditempatkan di bagian depan. Sehingga lebih mudah dalam menjaga barang penting Anda. Sebaiknya kartu kredit, KTP, passport ditaruh di bagian terpisah yang tingkat keamanannya lebih terjamin.

Mengenakan Pakaian Yang Sopan

Tips Aman Bagi Traveler Wanita Saat Solo Traveling
Wanita tetap mempesona dimanapun berada, termasuk bagi pria lokal di kawasan yang dikunjungi. Untuk menghindari tindakan asusila atau kriminalitas lainnya, pastikan mengenakan pakaian yang sopan. Jangan berpakaian terbuka atau menonjolkan keseksian tubuh Anda. Karena pemandangan memikat tersebut bisa merangsang orang untuk berbuat kurang ajar. Sebagai antisipasinya, kenakan celana atau rok panjang. Selain sopan, traveler sebenarnya lebih leluasa dalam beraktivitas.

Jangan Terlihat Sendiri

Tips Aman Bagi Traveler Wanita Saat Solo Traveling
Antisipasi terhadap tindak kejahatan sangatlah penting. Jadi jangan pernah mengabaikan unsur ini. Saat ada wisatawan lain bisa bertukar informasi. Dengan begitu, Anda bisa menemukan teman baru dalam perjalanan wisata tersebut. Karena terlihat akrab dengan orang lain, akan terlihat kalau Anda tidak sendirian dan oknum jahat urung mengganggu Anda. 

Kalau menggunakan transportasi umum dan ada fasilitas khusus wanita, bisa memanfaatkannya. Bisa juga dengan duduk berdekatan dengan sebuah keluarga, bisa menjadi strategi supaya tidak nampak sendirian.

Sangat diperhatikan juga jangan bepergian hingga larut malam. Apalagi berjalan sendiri di daerah yang sepi. Jangan pula membawa uang tunai berlebihan. Kalau baru mengenal orang baru atau bahkan pria baru, tetap waspada jangan terlalu memberikan kepercayaan besar. Jangan sampai terkecoh dan mengakibatkan perlakuan tidak semestinya terhadap Anda.

Kenali Kebiasaan Dan Budaya Masyarakat Setempat

Tips Aman Bagi Wanita Saat Solo Traveling
Beda tempat maka berbeda juga kebiasaannya, seperti bahasa lokal, cara bicara, cara makan dan beragam adat istiadat lainnya. Agar tidak canggung, sebaiknya sebelum berangkat sudah mempelajari beragam kebiasaan masyarakat setempat. Perkaya informasi mengenai daerah tujuan wisata, jadi merasa seakan sudah mengenal banyak kondisi dan kebiasaan masyarakat lokal.

Jangan Pasang Tampang Bingung

Tips Aman Bagi Traveler Wanita Saat Solo Traveling
Selalu melangkah percaya diri dan seakan sudah memahami kawasan tersebut tidak akan menarik perhatian oknum jahat. Sangat penting untuk tidak terlihat bingung, karena bisa menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan. Kalau tidak tau arah jalan atau tersesat, sebaiknya bertanya pada polisi, pemilik toko dan orang yang sekiranya bisa dipercaya. Pastikan sudah memiliki peta menuju kawasan wisata, jadi tidak sedikit sedikit membuka peta tersebut di dalam perjalanan.

Lakukan Antisipasi Terhadap Tindak Kejahatan

Tips Aman Bagi Traveler Wanita Saat Solo Traveling
Ketika sedang solo traveling, mungkin akan mendapati orang yang memperhatikan Anda dengan cara yang membuat tidak nyaman, sapaan tidak sopan bahkan menjadi korban pelecehan seksual. Untuk itu, lakukan tindakan pencegahan, dengan melakukan berbagai tips di atas, menguasai bahasa lokal dan sebagainya. 

Sebaiknya tidak perlu menggubris apapun suara yang mengganggu Anda. Tidak perlu ditanggapi berbagai perkataan yang membuat Anda risih. Bacalah novel atau buku panduan wisata untuk menghilangkan gangguan tersebut.


Tetap Menjalin Komunikasi

Tips Aman Bagi Traveler Wanita Saat Solo Traveling
Pastikan perjalanan solo traveling Anda diketahui orang terdekat. Sehingga kalau terjadi sesuatu yang tak diinginkan, bisa segera melakukan tindakan tepat. Meninggalkan jadwal atau catatan perjalanan kepada keluarga atau teman akrab bisa menjadi solusinya. Bisa juga mengabarkan kepada orang terpercaya melalui email, memosting perjalanan melalui media sosial dan sebagainya.

Kalau melakukan perjalanan keluar negeri, sebaiknya melakukan pendaftaran di situs online Kementrian Luar Negeri.  Sehingga kedutaan bisa memantau keberadaan Anda di negara tertentu. Cara ini sangat tepat dilakukan, apalagi kalau kawasan tersebut tertimpa bencana alam, konflik dan sebagainya.



Komentar