Aksi Kriminal Yang Bisa Menimpa Wisatawan Dan Cara Antisipasinya

Aksi Kriminal Yang Bisa Menimpa Wisatawan Dan Cara Antisipasinya
Mengetahui kondisi keamanan di kawasan wisata yang akan dituju sangat penting. Karena sejumlah kondisi buruk bisa saja terjadi pada wisatawan. Kalau Anda menjadi korban tindak kriminal, tentunya mengakibatkan perjalanan wisata tidak lagi menyenangkan. Apa saja tindak kriminalitas yang bisa saja menimpa wisatawan?

Aksi Pencopetan

Aksi Kriminal Yang Bisa Menimpa Wisatawan Dan Cara Antisipasinya
Anda bisa saja menjadi korban pencopetan, meskipun berada di keramaian. Tas atau dompet sangat berisiko menjadi sasaran pencopetan. Oleh karenanya simpan dompet dengan tempat yang aman dan bawalah tas dengan ekstra hati-hati. Kehilangan uang, kartu ATM, kartu kredit, SIM, KTP, paspor dan sebagainya akan diderita. Kalau uang tidak begitu masalah, tapi kalau berbagai surat penting yang hilang, maka butuh waktu khusus untuk mengurusnya dan mendapatkan penggantinya.

Sebagai antisipasi gunakan tas yang dilengkapi keamanan khusus, sehingga tidak mudah dibuka saat Anda lengah. Jangan membuka dompet di tempat umum dan menaruh berbagai dokumen penting pada tas kecil khusus yang mudah dibawa. Sangat penting juga untuk memisahkan uang di berbagai tempat seperti di dalam jaket, saku celana, saku baju dan sebagainya.

Aksi Penipuan

Aksi Kriminal Yang Bisa Menimpa Wisatawan Dan Cara Antisipasinya
Harus teliti saat akan memesan hotel secara online, membeli makanan untuk oleh-oleh, menyewa mobil dan lain sebagainya. Bisa saja hotel yang dipesan tidak sesuai penawaran sebelumnya, oleh-oleh sudah rusak atau kalau makanan cepat basi dan saat menyewa mobil ternyata mudah mogok, serta beragam kondisi buruk lainya.

Untuk antisipasi tindak penipuan, saat booking hotel secara online  harus memperhatikan penjelasan spesifikasinya dan memesan di situs perjalanan terpercaya. Untuk memesan kamar hotel terhemat sampai 80% dan terjamin keamanannya, bisa cek di berbagai situs booking hotel terpercaya

Simak rekomendasi dari berbagai wisatawan yang pernah menginap di hotel tersebut untuk memantapkan keputusan Anda. Perhatikan kondisi souvenir yang dibeli, khusus untuk makanan ketahui masa kadaluarsanya.

Aksi Pemerasan

Aksi Kriminal Yang Bisa Menimpa Wisatawan Dan Cara Antisipasinya
Tindak pemerasan bisa saja terjadi dan sifatnya bisa lebih kejam daripada penipuan. Beberapa tahun silam pernah beredar video pemerasan terhadap turis asing di Bali. Pemerasan ini dilakukan oknum polisi, karena turis asing itu melanggar peraturan lalu lintas. Ternyata turis asal Belanda itu adalah seorang jurnalis. Sehingga tindak pemerasan ini tersebar ke seluruh dunia dan sempat menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia dan dunia.

Contoh lain Anda telah menyepakati harga sewa perahu untuk mengarungi kawasan wisata tertentu. Ternyata di tengah perjalanan Anda diperas untuk mengeluarkan uang lebih, karena bahan bakar kurang atau mesin mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut sangat tepat kalau Anda mempelajari rute perjalanan wisata Anda, mengenai harga makanan, biaya transportasi, harga penginapan dan lain sebagainya. Gali sebanyak mungkin mengenai informasi tersebut. 

Aksi Penculikan

Aksi Kriminal Yang Bisa Menimpa Wisatawan Dan Cara Antisipasinya
Tindak kriminalitas ini bisa saja terjadi, karenanya sangat penting untuk memberitahukan kepergian Anda kepada keluarga atau orang terdekat. Ketahui juga tingkat keamanan dari kawasan wisata yang dituju. Biasanya aksi penculikan ini agar mereka mendapatkan tebusan uang dalam jumlah tertentu, pemerkosaan, pembunuhan dan tindak kriminalitas lainnya.

Cara mengantisipasinya adalah dengan mengantongi nomor kepolisian setempat, memberi kabar kepada orang terdekat atau keluarga saat berada di daerah tujuan wisata, jangan menggunakan pakaian terlalu minim,  mengenakan perhiasan berlebihan, jangan bersikap seperti orang yang sedang tersesat dan lain sebagainya. Sangat penting juga waspada dengan orang yang baru dikenal, jika menawarkan makanan atau bepergian bersama sebaiknya ditolak.

Aksi Pemerkosaan

Aksi Kriminal Yang Bisa Menimpa Wisatawan Dan Cara Antisipasinya
Aksi kriminal ini pernah ramai menjadi perbincangan saat banyak terjadi di India di sepanjang tahun 201 silam. Ada turis yang terpaksa melompat dari lantai dua, karena akan diperkosa. Pernah juga terjadi kasus pada turis wanita yang tengah bersepeda. Dia dirampok dan kemudian diperkosa.

Di Indonesia juga pernah terjadi aksi pemerkosaan pada turis wanita asal Tiongkok (Cina). Kasus ini terjadi di bulan Desember 2014 silam. Uniknya pelaku pemerkosaan adalah dua orang petugas bandara. Turis ini tidak bisa berbahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Pelaku pemerkosaan dengan cepat tertangkap dan mengaku kalau mereka sangat tergiur dengan keseksian turis asal Tiongkok itu.

Cara antisipasi agar tidak terjadi korban pemerkosaan adalah jangan pergi dan pulang sampai larut malam, menghindari jalanan sepi, membawa alat perlindungan diri seperti alat kejut listrik atau semprotan merica, selalu mengunci kamar hotel, hindari menggunakan busana terlalu seksi, jangan gampang percaya dengan bujuk rayu pria yang baru dikenal. Selain itu, tidak ada salahnya belajar ilmu beladiri praktis.



Komentar

Posting Komentar