Sri Gethuk Jadi Lokasi Syuting Film Lokal Hingga Hollywood

Sri Gethuk Jadi Lokasi Syuting Film Lokal Hingga Hollywood
Sri Gethuk Jadi Lokasi Syuting Film Lokal Hingga Hollywood
Popularitas objek wisata Air Terjun Sri Gethuk semakin meningkat. Karena belum lama ini dijadikan lokasi syuting film Hollywood berjudul ‘Beyond Skyline’. Proses syuting ini dilakukan di bulan Desembar 2014 silam. Sebelum tenar menjadi destinasi wisata, memang lokasi ini sudah sering dijadikan lokasi syuting iklan,  film dan program televisi. Sehingga pengelola juga sudah terbiasa dengan kondisi tersebut. Sudah pernah kunjungi objek wisata ini?

Lokasi Favorit Syuting Iklan Dan Film Sejak Tahun 1990-an

Sri Gethuk Jadi Lokasi Syuting Film Lokal Hingga Hollywood

Lokasi syuting Beyond Skyline berada di areal air terjun dan persawahan. Demi kelancaran proses syuting ini, sementara waktu objek wisata ini ditutup. Supaya kru dan pemain film lebih leluasa dalam melakukan aktivitasnya. Sri Gethuk pernah menjadi lokasi syuting salah satu film populer di era tahun 1990-an. Film silat kolosal ‘Tutur Tinular’ dari bagian pertama hingga ke empat mengambil lokasi syuting di Sri Gethuk. Masih banyak lagi sinetron dan film yang pernah syuting di sini. Belum lama ini juga dijadikan syuting iklan handphone merek tertentu.

Berbagai kegiatan syuting iklan dan film itu mendapatkan dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Karena justru bisa mendukung mengenalkan potensi pariwisata Sri Gethuk dan objek wisata menarik lainnya di kawasan Gunungkidul, baik di dalam negeri ataupun di mancanegara. Mengingat para kru pembuatan iklan dan film tersebut juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan berbagai negara lainnya.

Melibatkan Warga Sekitar Sebagai Figuran

Sri Gethuk Jadi Lokasi Syuting Film Lokal Hingga Hollywood
Film Beyond Skyline disutradarai oleh Liam O’Donnel dengan menampilkan aktor ternama, seperti Frank Grillo yang pernah memerankan Captain America dan Iko Uwais aktor laga asal Indonesia yang populer di film The Raid. Film fiksi ilmiah ini bercerita mengenai serangan alien pada penduduk bumi. 

Frank Grillo berperan menjadi seorang ayah yang berusaha keras menyelamatkan putrinya dari penculikan alien. Sedangkan Iko Uwais berperan sebagai pemimpin kelompok bawah tanah yang siap menyerang alien dengan kemampuan beladirinya.

Sejumlah figuran melibatkan sekitar 50 penduduk setempat. Rumah penduduk sekitar Sri Gethuk disewakan kepada kru film sebagai tempat penginapan.  Jadi selain menjadi lokasi syuting, Sri Gethuk juga memberikan penghasilan lebih bagi warga sekitarnya.

Menyusuri Sungai Oya Untuk Sampai Di Air Terjun

Sri Gethuk Jadi Lokasi Syuting Film Lokal Hingga Hollywood
Kawasan Air Terjun Sri Gethuk berada di Desa Wisata Bleberan. Air terjun ini sangat eksotis, sehingga menjadi spot cantik yang sangat sayang dilewatkan bagi para wisatawan. Menuju kawasan ini Anda akan melintasi hutan kayu putih yang dikelola Perhutani. Kondisi jalan sebagai sudah diaspal, tapi ada juga yang masih berupa makadam. Setelah sampai di Dusun Menggoran, Anda akan menemui ladang jati.

Sampai di kawasan parkir kendaraan yang juga ditemukan areal pemandingan, Anda bisa memilih dua jalur untuk sampai di Air Terjun Sri Gethuk. Anda bisa melewati jalan setapak yang menghadirkan pemandangan sawah yang sangat hijau dan asri.

Pilihan lain adalah menaiki rakit sederhana yang dibuat dari papan dan drum bekas dengan membelah Sungai Oya yang dihiasi pemandangan hijau dan air yang tenang. Tebing karst yang mengelilingi sungai juga menghiasi pemandangan di kanan dan kiri Sungai Oya. Suara dari rakit membelah sungai seakan memecah keheningan.

Cerita Mistis Di Balik Kecantikan Sri Gethuk

Sri Gethuk Jadi Lokasi Syuting Film Lokal Hingga Hollywood
Menurut warga sekitar nama Sri Gethuk  diambil dari nama Kethuk. Kethuk adalah salah satu instrumen alat musik gamelan yang dimiliki Jin Anggo Meduro. Kawasan air terjun ini dipercaya sebagai tempat penyimpanan Kethuk tersebut. Pada saat tertentu, warga Dusun Menggoran kerap mendengar alunan suara gamelan yang berasal dari kawasan Air Terjun Sri Gethuk.

Transportasi Dan Akomodasi

Sri Gethuk Jadi Lokasi Syuting Film Lokal Hingga Hollywood
Bagi Anda yang datang menggunakan jalur udara menuju Yogyakarta. Setelah sampai di Bandara Adi Sucipto, Anda bisa menyewa mobil. Karena menuju kawasan Sri Gethuk tidak terdapat kendaraan umum. Begitu juga dengan yang datang dari jalur darat, seperti menggunakan kereta api atau bus. Kalau membawa kendaraan sendiri bisa melaju ke kawasan Gunungkidul.

Di sekitar objek wisata memang terdapat penginapan, hanya saja pilihannya sangat terbatas. Untuk pilihan hotel yang lebih banyak, Anda bisa mendapatkanya di kawasan Yogyakarta. Saat berada di kawasan Gunungkidul jangan lupa mencicipi kuliner khasnya, yaitu belalang goreng. Kunjungi juga wisata seru lainnya di Gua Jomlang dan Pantai Timang.


Komentar