Menemui Cahaya Surga Di Gua Jomlang

Menemui Cahaya Surga Di Gua Jomlang
Menemui Cahaya Surga Di Gua Jomlang
Bagi pecinta wisata alam, Gua Jomlang adalah destinasi wajib yang harus disambangi. Gua ini berada di daerah Gunungkidul yang memang menyimpan ratusan kompleks gua. Keindahan dan keunikan yang dihadirkan memikat orang asing menjadikannya lokasi pengambilan gambar untuk Amazing Race Amerika. Apa saja keindahan yang hadir di gua ini?


Sejarah terbentuknya Gua Jomlang

Gua mempesona ini berada di perbukitan karst di pesisir selatan pulau Jawa. Perbukitan ini terbentang dari Gombong (Jawa Tengah) sampai Pegunungan Sewu di Pacitan (Jawa Timur). Gua vertikal dengan tipe collapse doline itu terbentuk dari proses geologi karena tanah yang ambles dan vegetasi yang terjadi di atasnya sampai dasar bumi.

Proses alami ini terjadi sejak ribuan tahun silam. Runtuhan tersebut menghasilkan bentuk sinkhole atau lubang dalam (luweng dalam bahasa Jawa). Karenanya gua yang mempunyai luas mulut mencapai 50 meter itu kerap dinamakan Luweng Jomblang.

Peralatan menelusuri Gua Jomlang

Kemampuan SRT (Single Rope Technique)  atau teknik tali tunggal sangat dibutuhkan untuk memasuki gua ini. Jadi bagi siapa saja yang akan melakukan caving harus memakai alat khusus sesuai standar keamanan di gua vertikal ini. Anda akan mendapatkan pendampingan pemandu yang telah berpengalaman. Peralatan keamanan ini berupa helm, headlamp, sepatu boot dan coverall.

Pemandu ini akan menjelaskan berbagai fungsi dari alat yang dikenakan. Peralatan SRT yang digunakan adalah cowstail pendek, cowstail panjang, carabiner, jammer, footloop, auto descender, ascender / croll, chest harness dan seat harness.

Yuk kita mulai petualangan seru!

Petualangan menuju perut bumi ini diawali dengan mengarah ke bibir gua sesuai lintasan yang disediakan. Terdapat banyak lintasan dengan pilihan ketinggian dari 40 meter sampai dengan 80 meter. Bagi pemula lebih disarankan untuk melintasi jalur terpendek atau dikenal dengan lintasan VIP.

Lintasan sepanjang 15 meter adalah jalur yang masih dapat dilalui dengan kaki. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menuruni tali dengan panjang sekitar 20 meter hingga sampai ke dasar gua. Sensasi luar biasanya begitu berkesan ketika melayang di udara, tapi segera menghilang setelah kaki kembali menginjak tanah.

Pemandangan yang tersaji di depan mata akan membuat Anda berdecak kagum. Kalau saat berada di permukaan gua, pesona yang disajikan adalah perbukitan karst dan pepohonan jati. Tapi saat berada di dalam perut gua, maka terhampar pemandangan hutan yang hijau dan subur.

Beraneka lumut, semak, paku-pakuan sampai pepohonan besar tumbuh sangat rapat. Penampilan hutan ini sangat berbeda dengan yang ditemukan di permukaan bumi. Sehingga hutan itu dinamakan hutan purba. Karena sejak terjadi tanah runtuh, vegetasi itu terus berkembang sampai sekarang ini.

Melanjutkan petualangan ke Luweng Grubug

Petualangan seru ini tidak terhenti di Luweng Jomblang, karena Anda bisa sekaligus menelusuri Luweng Grubug. Jomlang dan Grubug terhubung dengan lorong dengan panjang mencapai 300 meter. Beragam ornamen indah menghiasi lorong tersebut, seperti stalagmit, stalaktit dan batu kristal yang begitu indah. Tidak jauh dari kawasan ini terdengar gemuruh dari aliran sungai dan paparan cahaya terang yang sangat jelas di tengah kegelapan.

Sungguh pemandangan yang luar biasa dan begitu eksotis berada di dalam gua ini. Sungai bawah tanahnya masuk dalam sistem Kalisuci yang mengalir sangat deras. Cahaya matahari yang menyelinap ke Luweng Grubug dengan tinggi mencapai 90 meter menciptakan sebuah tiang cahaya. 

Sehingga menyinari flowstone yang begitu indah di dalam gua yang gelap gulita. Pesona alam ini populer dengan sebutan ‘Cahaya Surga’. Tetesan air yang jatuh dari ketinggian menjadikan pemandangan semakin cantik.

Tips berkunjung di Gua Jomblang

Agar petualangan Anda semakin seru, berbagai tips berikut ini sangat tepat untuk diterapkan. Waktu paling tepat untuk menikmati pesona Gua Grubug Tau Luweng Grubug adalah sekitar jam 10 pagi sampai 12 siang. karena matahari sedang bertengger tepat di atas kepala, dengan begitu akan terlihat cahaya surga yang sangat cantik.

Agar kondisi dan stabilitas ekosistem gua tetap terjaga dengan baik. Maka jumlah pengunjung gua dibatasi maksimal 25 orang secara bersamaan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan peralatan sesuai standar keselamatan saat caving di gua vertikal ini. 

Menemui Cahaya Surga Di Gua Jomlang

Menemui Cahaya Surga Di Gua Jomlang

Menemui Cahaya Surga Di Gua Jomlang

Menemui Cahaya Surga Di Gua Jomlang

Gua Jomlang dan Gua Grubug menghadirkan pesona eksotis yang tiada duanya. Anda bisa menemui cahaya surga yang mengesankan. Abadikan petualangan Anda bersama orang-orang tercinta.


Komentar

Posting Komentar