Serunya Meluncur Bersama Gondola Di Pantai Timang

Serunya Meluncur Bersama Gondola Di Pantai Timang
Serunya Meluncur Bersama Gondola Di Pantai Timang
Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta menyimpan banyak sekali pantai eksotis. Tercatat terdapat ada 69 pantai di kawasan ini, salah satunya adalah Pantai Timang. Mungkin nama pantai ini masih kurang familiar, karena belum setenar Pantai Kukup, Pantai Baron dan sebagainya. Ada keistimewaan tersendiri saat Anda berada di Pantai Timang. Suguhan istimewa ini adalah adanya gondola yang terpasang mulai tepian bukit hingga ke pulau karang di tengah lautan. Bagaimana keseruan meluncur bersama gondola tersebut?

Gondola, alat penyeberangan untuk berburu lobster

Serunya Meluncur Bersama Gondola Di Pantai Timang

Sebagian besar mata pencaharian sekitar Pantai Timang adalah nelayan. Tak hanya berburu ikan, mereka juga mencari lobster. Nah untuk berburu lobster tersebut, mereka harus menuju karang di tengah lautan tersebut. Sebelum dibuat gondola, para nelayan harus berenang melintasi perairan yang ganas tersebut, agar bisa sampai di karang yang menyimpan lobster buruannya.

Tapi kebiasaan itu ditinggalkan nelayan karena dianggap berbahaya. Kini terdapat gondola yang bisa digunakan untuk melintasi perairan dengan lebih aman. Keberadaan gondola itu sudah berkisar 17 tahun, karena mulai dibangun pada tahun 1997 silam.

Gondola ini berada di atas tebing berketinggian mencapai 50  hingga 60 meter. Gondola tersebut dijadikan alat transportasi bagi nelayan untuk berpindah tempat dari tepian pantai ke karang yang berada di tengah laut. Sekilas gondola itu terkesan mengerikan, karena hanya terbuat dari material kayu yang terikat dengan tali yang ditancapkan di bagian sela-sela karang.

Serunya meluncur bersama gondola

Serunya Meluncur Bersama Gondola Di Pantai Timang

Tidak hanya nelayan yang boleh menggunakan gondola itu. Karena para wisatawan juga bisa mencoba merasakan sensasi menyeberangi lautan ganas itu dengan gondola tersebut. Meskipun Anda sudah bernyali besar untuk melintasi laut dengan gondola itu, tetap harus hati-hati. Karena gondola ini tidak dilengkapi alat pengaman apapun.

Setelah berada di dalam gondola, rasa seram akan segera lenyap terganti dengan rasa seru dan senang. Saat meluncur di tengah perjalanan, tubuh Anda akan terkena percikan air laut. Sehingga tubuh Anda bisa basah kuyup karenanya. Jadi sebelum mencoba sensasi seru ini jangan lupa untuk membawa pakaian ganti.

Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Jogja

Serunya Meluncur Bersama Gondola Di Pantai Timang

Untuk menuju Pantai Timang dari pusat Kota Jogja dibutuhkan waktu berkisar empat jam perjalanan. Daerah Piyungan, Kota Wonosari dan Pantai Ngandong adalah kawasan yang akan dilalui selama perjalanan. Setibanya di Pantai Ngandong, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan menghabiskan waktu kurang lebih satu jam hingga sampai di Pantai Timang.

Jalan menuju pantai ini memang masih terbilang rusak, tapi pemandangan di sekitarnya sangat indah. Bagi Anda petualang sejati, sangat wajib merasakan sensasi meluncur bersama gondola ke tengah lautan ini. 

Karena belum begitu populer dan kondisi jalan belum begitu bagus, destinasi wisata ini terbilang masih sepi. Tapi karena sudah banyak media dan blogger yang mempopulerkan kawasan wisata ini, maka ke depan pasti akan semakin ramai. Ayo  ke Pantai Timang untuk merasakan serunya bermain gondola!



Komentar