Keunikan Dan Wisata Menarik Di Gunung Merapi

Keunikan Dan Wisata Menarik Di Gunung Merapi
Kasus terjatuhnya pendaki ke kawah gunung, menghiasi berbagai media. Erri Yunanto, seorang mahasiswa Universitas Atmajaya Yogyakarta adalah pendaki yang menjadi korbannya. Pemuda asal Sleman ini terjatuh ketika berusaha berfoto selfie. Gunung Merapi sangat populer hingga ranah internasional, karena memang memiliki keunikan tersendiri. Tak heran kalau gunung ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pendaki yang datang dari berbagai daerah dan mancanegara.  Apa saja keunikan Merapi dan wisata Merapi?

Keunikan Merapi Tak Ada Duanya

Keunikan Dan Wisata Menarik Di Gunung Merapi
Gunung Merapi memang sangat unik dan berbeda dengan gunung berapi lainnya di dunia. Keunikan itu terlihat pada tipe letusan Merapi. Karena tidak ada gunung manapun yang menunjukkan kondisi dengan daya tarik tersendiri. Sehingga sangat wajar kalau Merapi memikat peneliti kegunungapian. 

Letusan dari Merapi relatif sering dan siklusnya empat tahunan. Selain itu, gunung ini sangat gampang diakses oleh masyarakat. Sehingga peneliti bisa sekaligus mempelajari gunung api dan sekaligus belajar sosial masyarakatnya. Dengan begitu, mengunjungi kawasan Merapi sangat lengkap dan sangat menarik.

Perbedaan lain dari gunung berapi lainnya di berbagai belahan dunia adalah lereng Gunung Merapi dihuni oleh banyak penduduk. Sedangkan di negara lainnya, lereng gunung berapi sangat jarang dimanfaatkan sebagai pemukiman warga. Seperti di negara Jepang, saat ada gunung meletus hanya terdapat sekitar 90 warga yang mengungsi. 

Tapi kalau hal itu terjadi di Merapi, warga yang mengungsi bisa mencapai ribuan orang. Gunung api adalah perlambang kesuburan, sehingga banyak ditemukan warga yang memilih bermukim di lereng gunung. Hal menarik lainnya dari Merapi adalah kearifan lokal dari masyarakat lereng Gunung Merapi.

Keunikan Merapi Pasca Erupsi 2010

Keunikan Dan Wisata Menarik Di Gunung Merapi
Pasca erupsi Merapi di tahun 2010, gunung ini mempunyai berbagai keunikan baru, yang tidak terlihat seperti letusan di tahun-tahun sebelumnya. Karena letusan itu mengakibatkan kandungan gas di dalam magma Gunung Merapi semakin tinggi. 

Magma tersebut sangat dinamis dan setiap saat bisa melepaskan gas yang terdapat di dalamnya. Fenomena hujan abu yang pernah terjadi di kawasan Magelang pada 15 Juli 2012 dikarenakan pelepasan gas di dalam magma itu. Fenomena alam itu termasuk jarang terjadi.

Peristiwa itu terjadi spontan dan tidak terjadi gejala sama sekali, seperti kegempaan dan deformasi. Sehingga kondisi itu dikenal sebagai akumulasi gas spontan. Walaupun terjadi aktivitas yang diakibatkan gas dari magma, Gunung Merapi tetap dalam kondisi normal. Karena peristiwa itu tidak mengarah pada kondisi erupsi, dikarenakan belum terlihat gejala awalnya.

Tak hanya kandungan gasnya yang semakin tinggi, tapi juga memunculkan berbagai keunikan baru. Pada umumnya letusan Merapi seringkali memunculkan kubah lava baru berukuran sangat besar. Tapi pasca letusan 2010, ternyata kubah lava itu tidak lagi terbentuk. Guguran lava juga jarang terjadi lagi di Merapi. Padahal pasca meletus di tahun 2006, guguran lava kerapkali terjadi.

Pasca 2010, Merapi hanya mengalami gempa LHF atau Low High Frequency event. Berbeda dengan sebelumnya, gempa di gunung ini memiliki frekuensi tinggi atau rendah saja. Gempa LHF tersebut merupakan kolaborasi antara gempa dengan frekuensi tinggi dan frekuensi rendah. Anda bisa menikmati keunikan Merapi dan wisata Merapi, dengan mengunjungi kawasan lereng yang menjadi korban keganasan erupsi 2010.

Wisata Unik Gunung Merapi

Keunikan Dan Wisata Menarik Di Gunung Merapi
Erupsi dahsyat yang terjadi pada tahun 2010 silam, mampu menghancurkan Desa Kinah Rejo tempat bermukim juru kunci Merapi yaitu Mbah Marijan. Muntahan material dan serangan awan panas juga menyerang 24 desa lainnya, sehingga desa mengalami kerusakan parah. 

Tapi pasca letusan itu, justru hadir pemandangan indah karena amukan erupsi Merapi. Pemandangan cantik terlihat mulai dari puncak Merapi, sampai bekas jalur aliran lava dingin yang terbentuk lautan pasir. Pemandangan batu bekas muntahan dari perut Merapi juga melengkapi keindahan alamnya.

Anda bisa menikmati wisata Merapi Kaliurang dengan suguhan pemandangan yang sangat menawan. Seperti lautan pasir dan reruntuhan rumah. pemandangan langka itu menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan juga turis asing. Di pintu masuk pengunjung akan melihat berbagai foto sebelum dan sesudah erupsi Merapi. Masjid Al Amin masih terlihat kokoh berdiri, karena selamat dari amukan awan panas.

Wisata Merapi dengan mengendarai mobil Jeep juga bisa dilakukan. Agar bisa mencapai kawasan wisata Merapi bisa menggunakan berbagai alternatif. Bisa dengan mengendarai kendaraan pribadi dan juga bisa dengan mengendarai mobil Jeep yang telah disediakan komunitas Jeep setempat.

Sehingga sangat membantu wisatawan yang ingin menikmati Merapi dengan lebih seru dan menyenangkan. Karena medan yang relatif sulit, maka pengunjung biasanya lebih memilih menggunakan jasa transportasi Jeep. Biaya sewanya kendaraan Jeep tersebut sekitar 150 ribuan. Dengan biaya ini Anda sudah bisa menikmati pemandangan selama satu jam.

Keunikan Dan Wisata Menarik Di Gunung Merapi
Selain memanfaatkan mobil Jeep, Anda juga bisa menggunakan motor trail. Tarif sewanya sekitar 200 ribuan dengan durasi sewa dua jam. Dengan menyewa motor trail, Anda bisa mengunjungi Desa Gumuk Petung, lalu makam Mbah Marijan, kemudian menuju Glagah Sari dan berakhir di Kali Gendol. 

Sedangkan kalau menggunakan Jeep, Anda bisa mendatangi bekas rumah dari Mbah Marijan, lalu ke Desa Gumuk Duwur dan berakhir di Kali Adem. Inilah sebagian keunikan Merapi dan wisata Merapi yang sangat sayang dilewatkan.



Komentar