Serunya Bermalam di Pantai Ngrumput Gunungkidul

Berkemah di pantai memang seru dan pastinya menyenangkan. Kamu bisa menikmati keseruan itu, dengan mengunjungi salah satu pantai eksotis di Gunung Kidul. Ya, Pantai Ngrumput bisa kamu jadikan pilihannya. Dengan pemandangan pasir putihnya, dan segala keindahan yang disuguhkan. Yuk, jelajahi keelokan pantainya untuk ciptakan kenangan penuh kesan.


Dimana Lokasi Pantai Ngrumput?

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten, yang berada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah tersebut menyimpan puluhan pantai cantik, yang sudah sangat dikenal masyarakat. Karena memang Gunungkidul berbatasan dengan Samudra Hindia. Wajar saja bila pesisir pantainya dihiasai pasir putih, layaknya pantai-pantai di Pulau Dewata, Bali.

Uniknya, setiap pantai di Gunungkidul memiliki keistimewaan tersendiri. Karenanya serasa tak pernah bosan untuk mengunjungi deretan pantainya. Salah satu pantai yang sangat cocok sebagai destinasi liburan kamu adalah Pantai Ngrumput.

Dimana lokasi Pantai Ngrumput? Letak pantai ini di Desa Bajarjo, yang termasuk wilayah Kecamatan Tanjungsari. Bagi kamu yang senang menikmati malam di pesisir pantai, Pantai Ngrumput sangat cocok dijadikan destinasinya. Keindahan alamnya, suasana yang tenang, dan aman, menambah keseruan bermalam di Pantai Ngrumput.

Tak perlu menyewa hotel untuk menginap. Karena kamu bisa mendirikan tenda di tepian pantai. Jadi liburan di tempat ini tidak harus mengeluarkan kocek terlalu dalam. Justru lebih memberikan kesan yang lebih mendalam. Apalagi dilakukan bersama beramai-ramai dengan keluarga atau teman.

Berkemah untuk Menikmati Pantai Semalaman

Pantai Ngrumput memang baru sekitar dua tahunan dikenal oleh masyarakat. Karena keramaian pengunjung baru terlihat sejak tahun 2015. Mulai saat ini semakin banyak wisatawan berdatangan, dan mendirikan tenda untuk camping di pantai tersebut.

Ramainya pengunjung pun dibarengi dengan munculnya sejumlah warung makan. Jadi saat perut terasa keroncongan, bisa segera menghampiri warung tersebut. Konon, karena awalnya belum dikenal dan masih sepi, maka mulai berdatangan orang untuk berkemah di pesisir pantai. Itulah awal mula kenapa kawasan pantai tersebut dikenal sebagai spot camping.

Suasana Pantai Tenang dengan Pemandangan Eksotis

Sebenarnya hinggi kini Pantai Ngrumput masih terbilang sepi pengunjung. Karenanya sangat ideal bagi kamu yang ingin menghabiskan malam di pinggir pantai, dengan suasana yang tak begitu ramai. Apalagi kalau kamu datang di hari kerja atau bukan akhir pekan.

Guna sampai di pesisir pantai ini memang akses jalannya terbilang belum begitu memadai. Setidaknya kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki, dengan jarak tempuh kurang lebih 400 meter. Jarak itu ditempuh dari tempat parkir kendaraan hingga ke pesisir pantainya.

Akses jalannya memang tidak bisa dilalui kendaraan. Karena jalanannya hanya berupa jalan setapak yang berbatu. Jalanan tersebut pun semakin licin, bila terguyur air hujan. Karenanya kamu harus ekstra waspada saat melintasinya.

Sulitnya akses jalan dan rasa lelah akan segera terbayar saat kamu sampai di bibir pantainya. Hamparan pasir putih nan cantik, yang diapit perbukitan yang hijau menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Bukit Kosakora yang berada di sisi timur juga bisa kamu jadikan tempat berkemah.

Liburan Hemat dan Puas

Jangan khawatir dengan tarif berlibur di Pantai Ngrumput. Saat ini wisatawan hanya dikenakan tarif 15 ribu rupiah saja per tenda. Sangat murah, bukan? Warga setempat mengumpulkan uang retribusi tersebut, sebagai dana pemeliharaan kebersihan Pantai Ngrumput.

Nah, di pantai ini sudah disediakan tempat sampai berukuran besar, yang terbuat dari tong. Dengan begitu, pengunjung bisa mendukung kebersihan di kawasan pantai tersebut. Selain itu, tong tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menyalakan api unggun.

Sebagai dukungan lain terhadap sektor kebersihan, di kawasan ini sedikitnya sudah ada sembilan warung makan, yang sekaligus menyiapkan toilet dan kamar mandi. Jadi, kebutuhan sanitasi para pengunjung sangat terfasilitasi. Kalau kehabisan bekal, bisa menyantap makanan di warung tersebut, dengan harga yang bersahabat.






Komentar