Selain Kopi Luwak, Anda Harus Coba Jenis Kopi Nikmat Ini

jenis kopi
Penikmat kopi pastinya sangat mengenal kopi luwak. Citarasa dan kenikmatannya yang sangat khas, menjadikannya sangat populer, dan bahkan dibanderol dengan harga sangat tinggi. Tetap hal itu tidak menurunkan minat para pecinta kopi, untuk terus bisa menikmatinya. Sebenarnya masih ada lagi kopi yang merupakan hasil dari kotoran hewan. Apa sajakah itu? Varian kopi berikut ini bisa menjadi minuman favorit Anda lainnya.


Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia dengan Harga Termahal di Dunia

Sebelum mengenal jenis kopi hasil kotoran hewan lainnya, sekilas kita mengenal kopi luwak, yang merupakan hasil kopi kebanggaan bangsa Indonesia. Jenis kopi ini sudah mendunia, dan dianggap sebagai kopi paling mahal di dunia. Kopi ini berasal dari biji kopi matang yang sudah dipilih oleh musang atau luwak. Dari biji kopi berkualitas yang disantap hewan tersebut, menghasilkan kopi dengan citarasa luar biasa.

Biji kopi yang sudah melalui proses pencernaan musang tersebut, kemudian dibersihkan dan terciptalah kopi luwak. Kopi ini mempunyai rasa yang sangat nikmat dengan karakter yang sangat kuat. Menjadikannya sebagai primadona dari berbagai jenis kopi berkualitas lainnya.

Kopi Gading Hitam Khas Thailand

Thailand dikenal sebagai negeri Gajah Putih, karena memang populasi hewan tersebut sangatlah banyak. Selain itu, negara tersebut juga menghasilkan jenis kopi yang tak kalah nikmatnya dengan kopi luwak. Namun, kopi ini tidak dihasilkan dari kotoran musang melainkan gajah. Sehingga jenis kopi ini dikenal dengan sebutan kopi gajah dung atau kopi gading hitam.

Gajah akan menyantap biji kopi berkualitas, tetapi bijinya tidak dicerna secara sempurna. Dengan begitu, masih terlihat biji kopi yang utuh dan menempel di kotorannya. Biasanya kotoran gajah tersebut dikumpulkan oleh petani kopi, dengan memilah satu per satu biji kopi yang melekat di kotoran tersebut.

Akibat proses pencernaan gajah tersebut menjadikan kopinya tidak terasa begitu pahit. Hal itu karena kadar protein kopinya sudah berkurang. Harga kopi gading hitam ini pun sangat fantastis, untuk 1 kilogramnya dibanderol dengan harga berkisar 10,5 juta rupiah.

Kopi Burung Jacu Khas Brazil

Burung asal Brazil ini pun gemar menyantap kopi, dan sekaligus mampu menghasilkan kopi dengan rasa dan kualitas sangat unggul. Biji kopi yang sudah dicerna kemudian dikeluarkan berbarengan dengan kotorannya. Uniknya hasil kopinya mempunyai perpaduan rasa menggoda, yakni rasa  manis, asam dan pedas. Wangi rempah-rempah dari kopi burung jacu ini menjadikan aromanya sangat berkarakter.

Cara Lain Sajikan Minuman Kopi Tanpa Gula dan Krimer

kopi sehat
Aroma kopi yang menggoda bisa menjadi minuman penyemangat di pagi hari. Sehingga seluruh aktivitas bisa berlangsung dengan lancar dan penuh energi. Biasanya gula tak terpisahkan saat menghidangkan secangkir kopi. Terkadang krimer pun ditambahkan sebagai varian rasa lainnya. Sejumlah cara itu dilakukan untuk mengurangi rasa asli kopi yang pahit.

Sayangnya menambahkan krimer dan gula ke dalam minuman kopi semakin meningkatkan kadar kalorinya. Bagi yang ingin terhindar dari serangan penyakit diabetes, tidak mau terkena obesitas atau tengah menjalani program diet, pastinya terlalu sering mengonsumsi kopi yang dipadukan dengan krimer atau gula tidaklah tepat. Nah, sebagai solusinya Anda bisa menambahkan beberapa bahan berikut ini agar lebih ramah terhadap kesehatan Anda.
  • Garam. Mungkin bagi yang belum pernah mendengarnya terasa aneh. Padahal sejak lama garam diandalkan untuk menetralisir rasa pahit pada minuman kopi. Anda bisa menambahkan garam pada kopi bubuk sebelum diseduh dengan air panas. Kenikmatan juga terasa saat menambahkan garam pada minuman kopi dingin. Citarasa baru terasa dengan memadukan kopi dan garam.
  • Kayu manis. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman kopi lebih sehat, bisa menambahkan kayu manis di dalam minuman kopinya. Penambahan kayu manis tidak akan mengakibatkan peningkatan kalori. Justru memberikan manfaat lain berupa peningkatan sistem kekebalan tubuh.  Aroma minuman kopi pun menjadi semakin wangi dan terasa semakin nikmat. Cukup tambahkan batang kayu manis di dalam kopi bubuk, dan kemudian menyeduhnya dengan air panas. Maka sajian kopi nikmat akan menemani hari-hari Anda lebih bersemangat.
  • Mentega. Cara ini terinspirasi dari kebiasaan minum teh orang Tibet, dimana mereka biasanya menambahkan bongkahan mentega di dalamnya. Dipercaya perpaduan antara teh dan mentega tersebut mampu meningkatkan energi tubuh. Sedangkan paduan antara kopi dan mentega bisa diandalkan dalam menurunkan berat badan.
  • Kapulaga. Sebagai tambahan minum kopi, Anda bisa menambahkan rempah-rempah khusus seperti kapulaga. Kebiasaan itu sudah berlangsung lama bagi penduduk Timur Tengah. Rasa minuman kopi menjadi terasa eksotik dan unik. Tidak hanya kenikmatan yang dihadirkan, karena kapulaga terbukti efektif membantu menurunkan efek dari kafein yang terkandung di dalam kopi. Untuk menyajikannya cukup dengan menaburkan bubuk kapulaga di atas kopi yang telah diseduh air panas.  
  • Santan. Bagi penggemar kopi latte bisa mengganti tambahan susu sapinya dengan santan kelapa. Teksturnya menjadi semakin lembut dan rasanya juga semakin nikmat. Agar tercipta krimer yang lebih sehat, Anda bisa menambahkan ekstrak vanilla di dalam santan.
  • Ekstrak Vanilla. Rasa manis juga bisa dihadirkan oleh ekstrak vanilla. Tambahkan beberapa tetes saja di atas minuman kopi. Supaya minuman ini menjadi semakin nikmat dengan citarasa dan aroma yang berbeda. Sebagai alternatif lain, Anda bisa menggunakan ekstrak kacang almond, agar citarasa kopi menjadi semakin unik dan menggoda.
Nah, itulah beberapa bahan tambahan alternatif selain menggunakan gula dan krimer di dalam secangkir minuman kopi. Pastinya tidak hanya itu saja, mungkin Anda punya kebiasaan lain saat menikmati kopi dengan tambahan bahan lainnya.

Tak Hanya Nikmat, Kopi Pun Memiliki Berbagai Khasiat

khasiat kopi
Minuman kopi sebenarnya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan bagi manusia. Jadi tak hanya sekadar minuman yang nikmat dikonsumsi kapan saja. Kopi kaya kandungan kafein, yang di dalamnya terkandung zat serotonin atau dopamin. 

Dimana zat tersebut bisa memberikan pengaruh besar terhadap perasaan senang manusia. Jadi kalau sedang bad mood atau ingin lebih bersemangat menikmati secangkir kopi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kafein di dalam kopi juga membantu merangsang folikel rambut, sehingga rambut tumbuh lebih indah, dan cepat panjang. Jadi tak hanya bisa dikonsumsi, kopi juga bisa menjadikan rambut semakin cantik. Caranya dengan merebus kopi bubuk, dan setelah dingin bisa dituangkan di atas rambut. Kemudian biarkan selama 20 menitan, dan baru dibilas rambutnya.

Penampilan Anda terganggu dengan hadirnya mata panda? Tenang saja khasiat kopi bisa menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata. Caranya dengan mengompresnya dengan menggunakan bubuk kopi yang sudah dicampur dengan sedikit air. Selain itu kandungan kafein, asam klorogenik, dan  asam kafeat di dalam kopi juga secara efektif bisa mengurangi risiko serangan penyakit diabetes.

Itulah beberapa khasiat kopi yang mungkin saja belum banyak diketahui. Kenikmatan kopi memang sudah tersohor, dan semakin banyak varian kopi yang bisa dinikmati di pasaran. Supaya lebih sehat dan nikmat, Anda bisa memilih produk terbaik dan menyajikannya secara tepat.


Dapatkan koleksi cangkir atau gelas unik handmade langsung dari produsennya, untuk menemani aktivitas minum kopi. 

Komentar