Menikmati Kehangatan dan Khasiat Minuman Khas Wedang Uwuh

wedang uwuh
Anda sudah pernah mengunjungi kawasan wisata Imogiri? Daerah ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Makam Raja-Raja Mataram, Kebun Buah Mangunan, dan Hutan Pinus adalah destinasi yang tak pernah sepi dari wisatawan. Selain keindahan alamnya, Anda pun bisa menikmati sajian minuman khas wedang uwuh. Seperti apa minuman tradisional ini, selain nikmat adakah manfaatnya bagi peminumnya?


Tekan Kadar Kolesterol Jahat

bahan wedang uwuh
Masyarakat Jawa mempunyai beragam minumam tradisional yang hingga kini masih digemari. Beberapa diantaranya adalah wedang secang, wedang ronde, wedang jahe, dan tak ketinggalan juga wedang uwuh. Wedang uwuh kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia. Tetapi memiliki beragam khasiat bagi tubuh manusia. Beberapa khasiatnya adalah menyehatkan dan menghangatkan tubuh. Selain itu bisa juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Minuman tradisional khas Imogiri ini mengandung sejumlah bahan alami, seperti daun pala, cengkih, serutan kayu manis, serutan wit kayu secang, dan rimpang jahe. Terkadang ditambahkan juga daun jeruk atau batang sereh. Nah, untuk pemanisnya biasanya ditambahkan gula batu atau bisa juga dengan gula merah atau gula jawa.

Kandungan berbagai bahan herbal tersebut, menjadikan wedang uwuh kaya khasiat bagi kesehatan. Sebagai contoh adanya rimpang jahe yang tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja. Tetapi juga terbukti secara ilmiah berguna mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Pada umumnya, jahe dibuat sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Karena memang jahe memiliki sifat panas.

Khasiat jahe lainnya adalah membantu kelancaran peredaran darah. Karena jahe mempunyai sifat antikoagulan atau anti pembekuan darah. Bahkan kehebatannya itu melebihi dari khasiat bawang merah dan bawang putih.

Kemampuan jahe lainnya adalah bisa menekan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal itu karena jahe bisa mengurangi penyerapan kolesterol di dalam hati dan darah. Para ahli kesehatan di Jepang sudah membuktikan melalui penelitiannya, kalau jahe bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya dengan  mengurangi laju aliran darah tepi atau aliran darah perifer.

Sedangkan kayu  manis yang terkandung di dalam wedang uwuh juga memberikan khasiat yang tak kalah penting dengan jahe. Sifat antioksidan dimiliki oleh kayu manis. Sehingga menjadikan citarasa wedang uwuh semakin nikmat. Perpaduan antara kayu manis dan jahe menjadikan  khasiat wedang uwuh semakin hebat. Karena kaya akan zat antioksidan, maka sangat membantu peningkatan daya tahan tubuh.

Wedang Uwuh Kaya Akan Antioksidan

khasiat wedang uwuh
Secara umum, wedang uwuh mampu melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penambahan cengkih dan serutan kayu manis di dalam wedang tradisional ini, menjadikannya memiliki sifat yang hangat. Sekaligus menambah aroma wedang menjadi lebih wangi, dengan citarasa yang unik.

Sedangkan daun pala terbukti kaya kandungan flavonoid, polifenol dan saponin. Berbagai zat itu mempunyai khasiat dalam mengatasi gangguan di dalam lambung, melancarkan sistem sirkulasi darah, meredakan perut yang mulas akibat masuk angin, dan menghilangkan rasa nyeri.

Tak kalah lagi dengan berbagai bahan herbal lainnya, adanya secang juga menjadikan wedang uwuh semakin berkhasiat. Caesalpinia sappan atau kayu secang memang sudah sejak dulu diketahui sebagai bahan ramuan obat herbal yang sangat mujarab.

Sejumlah penyakit yang bisa disembuhkan, antara lain adalah radang, batuk darah dan sifilis. Kayu secang juga mempunyai khasiat lainnya, seperti melegakan saluran pernafasan, melancarkan aliran darah, antikanker, dan antioksidan. Nah, untuk pemanisnya biasanya digunakan gula batu. Pemanis ini digunakan karena tidak menjadikan aroma, dan rasa berbagai bahan herbal di dalam wedang uwuh menjadi hilang.

Cara Menikmati Wedang Uwuh Nikmat dan Berkhasiat

khasiat wedang uwuh
Agar bisa menikmati kenikmatan dan khasiat ramuan wedang uwuh tersebut sangatlah mudah. Anda tinggal mengumpulkan berbagai bahan herbal yang disarankan. Seluruh bahan tersebut cukup diseduh memakai air mendidih. Kalau ingin membuat wedang uwuh dalam jumlah banyak bisa merebusnya.

Kalau sudah tercampur merata, maka minuman wedang uwuh tersebut akan terlihat coklat kemerahan. Warna merah lebih mendominasi karena adanya kayu secang. Kayu manisnya memberikan aroma minuman yang sangat harum. Sedangkan rasa manis, pedas, dan hangat dihasilkan beragam rempah lainnya.

Berbagai bahan untuk membuat wedang uwuh banyak dijual di pasar tradisional dan swalayan. Jadi Anda tak akan kesulitan untuk mendapatkannya, kalau ingin meracik wedang uwuh sendiri di rumah. Namun, bagi Anda yang tidak ingin ribet bisa membeli wedang uwuh dalam kemasan. Biasanya berbagai bahannya dibiarkan utuh guna menjaga khasiat dan kualitasnya.

Kalau Anda sedang berlibur ke kawasan Jogja, banyak sekali warung makan dan restoran yang menjadikan hidangan minuman khas wedang uwuh. Apalagi kalau Anda menyantap kuliner di sekitar kawasan wisata Makam Raja-Raja Imogiri. Harganya sangat terjangkau, tetapi bisa memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh Anda.

Dapatkan beragam kreasi tempat makan dan minum unik handmade langsung dari produsennya, hanya di Qlapa (marketplace kerajinan unik dan handmade berkualitas dengan harga bersahabat).

Komentar