Tak Perlu Ragu Beli Sepatu Secara Online, Begini Tips Mengukur Sepatu Agar Tetap Pas Saat Dikenakan

tips mengukur sepatu
Sebagian orang terkadang enggan beli sepatu secara online, karena takut ukurannya tidak sesuai dengan kakinya. Ukuran yang pas adalah unsur penting dalam memilih sepatu, sehingga rasa nyaman bisa dirasakan saat dikenakan. Sebenarnya ketakutan tersebut bisa diatasi, kalau Anda sudah mengetahui spesifikasi produknya, dan sekaligus cara mengukur kaki secara benar. Nah, supaya mendukung kebutuhan tersebut, apakah tips yang bisa diterapkan?

Ukur Kaki di Bidang yang Datar

Supaya hasil mengukur kaki lebih tinggi akurasinya, maka jangan melakukannya di atas permukaan yang tidak rata, seperti karpet, kasur dan sebagainya. Sangat tepat kalau Anda mengukur panjang dan lebar kaki di atas lantai. Karena permukaannya datar, sehingga hasil pengukurannya lebih akurat. Sebagai alat bantunya, Anda bisa menyiapkan kertas, penggaris, dan pulpen.

Ukur Kaki Tanpa Kaus Kaki dan Alas Kaki

Penting untuk memastikan Anda mengukur kaki dalam kondisi telanjang. Dalam artian tidak mengenakan kaus kaki atau alas kaki. Karena sudah pasti hasil pengukurannya akan lebih besar, dengan kondisi asli kakinya. Kondisi itu bisa saja tidak memberikan kenyamanan ketika memilih sepatu yang kebesaran.

Buat Sketsa Kaki Anda

Supaya hasil pengukuran lebih akurat, maka sangat dianjurkan untuk membuat sketsa kakinya. Caranya sangat mudah, dengan menyiapkan kertas dan alat tulisnya. Lalu tempatkan kaki di atas kertas, kemudian Anda bisa menggambarnya dengan menggunakan kaki sebagai pencetaknya. Atau mengikuti bagian terluar dari kaki. Setelah itu barulah mengukur panjang dan lebar kakinya.

Ada baiknya untuk mengukur kedua kaki Anda, jangan hanya satu bagian saja. Karena bisa saja ukuran kaki kanan berbeda dengan kaki kiri. Kalau sudah diukur semuanya, sebaiknya gunakan ukuran kaki terbesar sebagai ukuran sepatunya. Dengan cara tersebut, maka Anda bisa mendapatkan sepatu dengan ukuran yang pas.

Cocokkan Ukuran Kaki dengan Sepatu yang Akan Dibeli

Pada dasarnya produsen sepatu atau sandal mempunyai patokan ukuran yang sama. Ukuran sepatu prima biasanya berbeda dengan ukuran sepatu wanita. Sehingga Anda harus mengetahuinya agar tidak salah saat membelinya. Pada umumnya ukuran tersebut hanya berpatokan pada panjang kaki, sedangkan lebar kaki kurang diperhatikan.

Tetapi kalau Anda memesan sepatu secara custom, maka pengrajinnya biasanya memberikan sejumlah pilihan ukuran berdasarkan lebar kakinya. Ukurannya memang tidak bagi antara produsen satu dengan lainnya, karena memang belum menjadi ketentuan yang baku. Tetapi pada dasarnya tidak begitu berbeda jauh. Istilah ukuran lebarnya adalah sangat lebar, lebar, normal dan langsing.

Nah, ukuran sepatu pria berdasarkan panjang kakinya adalah 23,5 cm (38), 24,5 cm (39), 25 cm (41), 26,5 cm (42), 27,5 cm (43), 28 cm (44), 29 cm (45), 29,5 cm (46), dan 30,5 cm (47). Sedangkan untuk ukuran sepatu wanita adalah 21,5 cm (34), 22 cm (35), 22,5 cm (36), 23 cm (37), 23,5 cm (38), 24 cm (39), 25 cm (40), 26 cm (41), dan 26,5 cm (42).

Dimana Beli Sepatu Berkualitas Harga Bersahabat?

Qlapa merupakan marketplace bagi para produsen produk kerajinan unik dan handmade. Pengrajinnya datang dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya harganya yang relatif terjangkau, tetapi kualitas dan modelnya sangat unggul. Berbagai produk bisa ditemukan, dengan kreatifitas yang sangat tinggi. Salah satu yang bisa Anda koleksi adalah sepatu pria dan wanita.

Berbagai bahan atau material sepatu bisa dipilih, sesuai keinginan Anda. Ada yang menggunakan material kulit asli, kulit sintetis, suede, dan sebagainya. Supaya tidak salah membeli, pastikan Anda membaca penjelasan spesifikasi yang diberikan oleh pengrajinnya. Nah, keunggulannya adalah setiap produk sepatunya sudah dilengkapi dengan penjelasan ukuran sepatunya. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan cara mengukur kaki di atas, untuk bisa mendapatkan produk sepatu yang tepat.

Belanja sepatu di Qlapa terjamin aman, karena dana tidak langsung dibayarkan kepada penjual. Tetapi ditampung terlebih dahulu di Qlapa sebagai pihak penyedia marketplace. Uang pembayaran baru akan diberikan kepada pelapak, kalau orderan sudah diterima oleh pembeli. Sistem jual beli ini sangat menguntungkan kedua belah pihak, antara penjual dan pembeli. Penjual lebih tenang karena uang sudah dibayarkan, sedangkan pembeli terbebas dari aksi penipuan oknum nakal, yang sangat marak di dunia maya.

Baca juga Ingin beli handycraft langsung dari pengrajin? Ini tips yang bisa Anda Andalkan

Qlapa Memberikan Garansi Pengembalian Produk

Jangan khawatir kalau produk yang dipesan tidak sesuai pesanan atau mengalami kerusakan tertentu, karena ada fitur garansi pengembalian produk. Dengan begitu, memastikan konsumen mendapatkan barang sesuai keinginannya. Untuk itu, ikuti petunjuk atau peraturan pengembalian produk dari penjualnya. Sebelum Anda nantinya mengajukan komplain atas barang yang dikirimkan. Penting juga untuk selalu membaca spesifikasi produknya, untuk nantinya dicocokkan dengan barang yang dikirim oleh penjualnya.

Karena barang pesanan dikirimkan melalui jasa ekspedisi, maka penting pula untuk mencermati harga jasa pengirimannya. Sehingga Anda bisa memilih yang pas sesuai durasi waktu pengirimannya. Semakin cepat waktu yang dibutuhkan dalam pengirimannya, sudah pasti biaya ekspedisinya akan lebih mahal. Anda hanya akan dikenai harga produk dan biaya pengiriman dalam pemesanan di Qlapa. Semakin banyak barang yang dibeli, maka akan semakin menghemat kebutuhan biaya pengirimannya.

Jangan lupa untuk memberikan ulasan atas produk yang sudah dibeli. Supaya bisa menjadi masukan bagi penjual, untuk lebih meningkatkan kreasi, kualitas, model, dan pelayanannya. Berikan testimoni  yang jujur sesuai dengan yang Anda rasakan. Dengan berbagai rekomendasi yang diberikan oleh pembeli sebelumnya, sekaligus bisa memberikan saran bagi calon pembeli yang berminat pada barang handmade tersebut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa diterapkan, agar Anda bisa mengukur panjang kaki secara tepat. Dengan begitu, bisa digunakan sebagai panduan penting saat akan membeli sepatu secara online di Qlapa. Supaya sepatu yang telah dibeli lebih awet, pastikan Anda rajin dalam mengaplikasikan cara perawatan sepatu yang tepat.





Komentar