Jangan Tergoda Harga Murahnya Saja, Ketahui 7 Manfaat dan 10 Cara Memilih Kurma Berkualitas

cara memilih kurma
Mengawali berbuka puasa dengan menyantap buah kurma menjadi kebiasaan umat muslim. Wajar saja saat bulan Ramadan tiba, buah ini sangat laris manis. Hampir di semua toko buah, minimarket, supermarket, pasar tradisional hingga lapak online menjajakan kurma. Sayangnya, kualitas di pasaran belum tentu terjamin kualitasnya. Oleh karenanya, Anda harus memahami cara memilih kurma yang tepat. Supaya Anda bisa mendapatkan manfaat dari buah tersebut. Nah, apa sajakah tips yang bisa diterapkan?


Manfaat Kurma Sehingga Menjadi Idola Saat Bulan Ramadan

Bisa dikatakan kurma merupakan maskot bulan Ramadan. Karena menjadi salah satu buah paling dicari ketika umat Islam menunaikan ibadah puasa wajib tersebut. Biasanya buah ini lebih sering disantap sebagai hidangan pembuka ketika berbuka puasa. Kurma memiliki nama latin Phoenix Dactylifera, yang masuk dalam kategori buah paling populer di dunia.

Kurma sangat kaya nutrisi penting bagi tubuh, sekaligus memberikan manfaat kesehatan yang luar biasanya. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, air, dan mangan adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma. Setidaknya terkandung energi hingga 230 kcal di dalam 100 gram buah kurma.

Dengan  begitu, sangat tepat menjadi menu pembuka puasa. Tujuannya agar perut tidak kaget, setelah belasan jam tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman. Nah, apa sajakah manfaat kurma yang mungkin saja belum Anda ketahui?
ü  Menekan risiko serangan penyakit jantung dan kanker. Buah kurma dikonsumsi oleh kaum Arab Badui sebagai makanan pokok. Kalau Anda mengonsumsi buah ini dengan teratur, terbukti sangat efektif guna menekan risiko serangan penyakit jantung dan kanker.
ü  Mampu menyerap kolesterol jahat berlebihan di dalam usus. Buah ini kaya akan kandungan serat, menjadikannya sangat efektif dalam penyerapan kolesterol jahat, yang berada di dalam usus. Kandungan serat tersebut bekerja sebagai pelindung selaput lendir usus, dan sekaligus menekan paparan zat kimia yang berdampak buruk bagi usus besar.
ü  Membantu kelancaran BAB dan pencegahan sembelit. Sifat laksatif dimiliki oleh buah kurma. Dengan begitu, sangat bermanfaat dalam mencegah serangan sembelit, dan membantu kelancaran proses buang air besar.
ü  Sebagai anti hemoragik, anti inflamasi, dan anti infeksi. Zat tanin terkandung di dalam buah kurma yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga mampu memberikan manfaatkan sebagai anti hemoragik, anti inflamasi, dan anti infeksi.
ü  Kaya kandungan vitamin. Kurma mengandung sejumlah vitamin bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, dan vitamin C.
ü  Membantu kelancaran aliran oksigen. Kurma tinggi akan kandungan zat besi, menjadikannya mampu membantu kelancaran peredaran oksigen di dalam darah.
ü  Meningkatkan sistem metaboliseme tubuh. Kurma kaya akan kandungan vitamin B, dan juga vitamin K. Manfaatnya bagi tubuh adalah meningkatnya metabolisme di dalam tubuh. Sekaligus bermanfaat juga dalam metabolisme tulang, dan dalam pembekuan darah.

Tips Memilih Kurma Berkualitas Bagus

Penampilan kurma bisa saja masih nampak bagus, tetapi saat dicium aromanya aneh, dan ketika dikonsumsi rasanya tidak enak. Kondisi itu sebagai pertanda kalau kurma sudah tidak segar lagi. Dengan kata lain tidak berkualitas, dan tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Nah, supaya Anda tak keliru, sangat tepat bila menerapkan cara berikut ini ketika membeli kurma.


  1. Masih terdapat batang di bagian bawah kurma. Kondisi tersebut sebagai pertanda kalau kurma masih segar dan layak konsumsi. Fungsi dari batang kurma tersebut adalah menjaga rasa manis alaminya.
  2. Pilih guratan kurma yang kecil. Kurma berkualitas ditandai dengan adanya guratan kecil, seperti yang terlihat pada kurma nabi. Jenis kurma tersebut harganya paling mahal, dengan kualitas paling tinggi.
  3. Pilih kulit kurma yang masih bagus kondisinya. Kulit luar kurma yang kondisinya tidak rusak, sebagai pertanda kalau buah tersebut masih layak dikonsumsi. Kalau terdapat lubang karena serangan serangga, atau bahkan terdapat sarang laba-labanya, sudah pasti tidak layak Anda pilih.
  4. Pilih yang padat dan berisi. Walaupun kurmanya termasuk kategori kurma kering, tetapi bentuknya tetap berisi.
  5. Cermati warna buah kurma. Warna merah dan kuning adalah ciri khas buah kurma asli. Sedangkan kurma yang sudah melalui proses fermentasi, maka warnanya akan berubah menjadi hitam dan cokelat. Kualitas kurma terlihat dari warnanya yang cerah, tetapi tanpa adanya tambahan zat pewarna apapun.
  6. Sangat memikat serangga. Lalat dan semut sangat tertarik dengan buah ini, karena rasanya yang sangat manis. Kalau serangga tersebut terpancing untuk mendekati kurma tersebut, maka sebagai pertanda kalau kurmanya berkualitas. Jadi, justru kalau tidak ada semut dan lalat yang mendekati, sebagai tanda kalau kurmanya berkualitas rendah. Bisa jadi kurma tersebut sudah diberikan tambahan bahan kimia tertentu.
  7. Tekstur permukaan kurma tidak lengket. Sebagian kurma dimasak dengan gula terlebih dahulu sebelum dipasarkan. Padahal cara tersebut sangatlah salah dan tidak sehat. Jadi, pastikan Anda memilih kurma yang tidak lengket atau berair, akibat penambahan gula.
  8. Cermati kemasan sebelum membelinya. Biasanya kurma dijual secara per kilo, atau sudah dikemas dalam packaging tertentu, seperti plastik mika, toples plastik, dan sebagainya. Sangat penting untuk mencermati kemasannya, kalau sudah rusak kemasannya membuat unsur higienis, kesehatan, dan kebersihannya tidak lagi terjaga. Kurma bisa saja sudah terpapar bakteri, sehingga sudah tak layak konsumsi lagi.
  9. Selalu mengecek legalitas produk. Sangat banyak produk kurma kemasan, baik yang sudah bermerek maupun yang tanpa merek. Agar bisa mendapatkan kurma yang berkualitas, pastikan Anda hanya membeli produk kurma yang sudah mengantongi sejumlah izin resmi dari pemerintah. Jadi, harus sudah ada atau mencantumkan nomor sertifikasi halal dari MUI, dan juga registrasi di Departemen Kesehatan.   
  10. Selektif memilih penjual kurma. Tidak semua kurma yang ada di pasaran berkualitas bagus, dan layak Anda konsumsi. Karena itu, harus ekstra selektif ketika akan membelinya, apalagi dalam jumlah banyak. Anda harus membeli buah ini di tempat yang terbukti menyajikan buah kurma berkualitas. Faktor cara penyimpanan, dan kebersihan tempat untuk menjajakannya sangat berpengaruh terhadap higienitas kurma. Kalau tidak, paparan berbagai bakteri akan terjadi, dan tentunya sangat merugikan kesehatan orang yang menyantapnya.

Nah, itulah beberapa manfaat atau khasiat dari buah kurma, yang tentunya sangat bagus bagi kesehatan manusia. Beragam cara memilih kurma tersebut semoga bisa menjadi panduan tepat bagi Anda ketika akan membelinya. Sembarangan dalam membelinya, apalagi hanya terpikat dengan harga murahnya saja, ditakutkan justru hanya mendapatkan produk kurma berkualitas rendah. Dengan begitu, Anda membuang uang secara mubazir, dan tidak merasakan manfaat besar dari buah kurma.


Komentar