Sudah Pernah Ke Rammang-rammang? Yuk Intip Apa Saja Keunikannya

Pegunungan karst yang dikenal dengan nama Rammang-rammang ini memiliki areal yang sangat luas. Keindahan dan keunikannya menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu andalan wisata alam di kawasan Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Penasaran dengan segala pesonanya, inilah beberapa keunikan yang bisa Anda nikmati.


Didaulat Sebagai Pegunungan Karst Terbesar di Jagat Raya

Rammang-rammang
Memang predikat tersebut bukan yang nomor pertama, tetapi merupakan terbesar kedua di dunia. Namun, merupakan yang terbesar di Indonesia. Kawasan tersebut mempunyai luas sampai dengan 45 ribu hektar. Setiap sudutnya menawarkan pesona yang menakjubkan, sehingga pegunungan karts tersebut sangat layak dikunjugi siapa saja. Pemandangan yang disuguhkan tidak kalah menariknya dengan Tsingy Stone Forest, sebagai pegunungan karst paling besar di dunia.

Mudah Dijangkau dari Jantung Kota Makassar

Rammang-rammang
Agar bisa sampai di pegunungan karst tersebut, jalurnya relatif mudah dijangkau dari jantung Kota Makassar. Anda hanya akan menempuh jarak berkisar 40 kilometer saja, dari ibukota Provinsi Sulawesi Selatan tersebut. Jarak tersebut bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar satu jam, menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi.

Menyusuri Sungai dan Menikmati Keindahan Pegungan Karst

Rammang-rammang
Anda bisa menuju Kampung Berua, dengan cara menyusuri Sungai Pute. Dengan naik perahu hanya diperlukan waktu tempuh sekitar 15 menitan saja. Arus sungainya terbilang tenang, sehingga sangat nyaman saat mengarunginya. Pengalaman seru dan menyenangkan tersebut, bisa menjadi kenangan terindah selama berada di kawasan tersebut.

Selama di dalam perahu, Anda juga bisa menikmati keindahan pegunungan karst yang menjulang tinggi. Melihat kegagahan pegunungan karst tersebut dari jarak dekat, tentunya lebih menawan. Setiap pengunjung terasa sangat dekat dan menyatu dengan alam.

Menciptakan Karya Fotogenik

Rammang-rammang
Setiap sudut Rammang-rammang nampak sangat fotogenik. Warna hitam keabu-abuan, dan warna kehijauan dari tumbuhan yang tumbuh di pegunungan karst tersebut mendominasi pemandangannya. Ketika Anda melakukan trekking, maka akan melewati jalur yang terapit oleh persawahan yang terlihat sangat subur.

Keindahan yang menakjubkan tersebut, sangat sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa mengabadikannya melalui jebretan kamera. Memotret segala pesona di kawasan wisata ini tidak terlarang. Tetapi tetap selalu diperhatikan, untuk selalu menjaga kelestarian alamnya.

Bertemu Gua dan Batu Unik

Rammang-rammang
Ketika Anda sedang trekking, Anda bisa menemukan gua yang dihiasi dengan lukisan telapak tangan. Konon, menurut cerita masyarakat sekitar lukisan tersebut merupakan karya manusia purba. Anda juga bisa mengunjungi Telaga Bidadari dan menjumpai Batu Kingkong yang sangat unik. Batu Kingkong adalah tonjolan karst, yang bentuknya mirip dengan wajah Kingkong.


Nah,itulah sejumlah keunikan yang menjadikan pegunungan karst Rammang-rammang, sangat tepat menjadi tujuan wisata Anda selanjutnya. Jangan lupa membawa kamera terbaik, agar setiap keceriaan dan keindahan alamnya bisa terekam dengan lebih sempurna.


Komentar