Rasakan Serunya Petualanganmu di Tebing Breksi

Kamu ingin menikmati petualangan baru di Jogja? Datanglah ke destinasi wisata minat khusus di Tebing Breksi. Sejak dibuka untuk umum, kawasan tersebut tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, yang didominasi oleh kawula muda. Nah, seperti apa keunikan dan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini?


Lokasi Tebing Breksi

Tebing Breksi
Tebing eksotis ini berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi D.I Yogyakarta. Objek wisata minat khusus ini masih termasuk dalam kawasan wisata herritage Candi Ijo. Jarak tebing dari candi ini sekitar 1 kilometer.

Kawasan wisata ini merupakan bekas penambangan batu warga sekitar. Ketinggian bukit batu tersebut mencapai 20 meter. Pahatan bukit batu yang terjadi karena aktivitas penambangan tersebut, ternyata menciptakan pemandangan yang unik dan menawan. Sehingga memancing minat masyarakat untuk mengunjunginya. Ada beragam keseruan yang bisa dilakukan di kawasan ini.

Lokasi tebing batu tersebut tidak jauh dari Candi Ijo, yang lebih dulu dikenal sebagai tempat wisata. Biasanya wisatawan yang mendatangi candi tersebut, menyempatkan diri singgah ke kawasan tebing eksotis tersebut. Tapi semakin banyak juga pengunjung, yang memang menjadikannya sebagai tujuan utama.

Pemandangan lanskapya sangat luar biasanya. Saat berada di atas tebing, kamu bisa menyaksikan keindahan Candi barong, Candi Sojiwan, dan Candi Prambanan dengan latar belakang kegagahan Gunung Merapi. Sekilas tebing tersebut serupa dengan Brown Canyon yang berada di Semarang. Panorama sunset yang menakjubkan bisa kamu nikmati juga di Tebing Breksi.

Menyaksikan Hiburan di Tlatar Seneng

Tebing Breksi
Tlatar Seneng difungsikan sebagai tempat pertunjukan beragam seni dan budaya. Sebuah taman berbentuk lingkaran dan dihiasi rerumputan, terlihat sangat menawan. Di depannya disediakan pula bangku untuk tempat penonton menyaksikan pertunjukannya. Tlatar Senang ini diresmikan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tempat ini menjadikan tebing sebagai latar belakangnya. Sehingga menjadikan pemandangan tlatar tersebut semakin mempesona.

Taman Wisata Minat Khusus

Tebing Breksi
Sebagai destinasi wisata minat khusus, ada banyak petualangan yang bisa dilakukan di kawasan tebing tersebut. Kamu bisa menikmati sensasi mengendarai motor trail di medan bebatuan, meluncur dengan sepeda gunung, panjat tebing, latihan beladiri, dan sebagainya. Kalau tak tertarik melakukan aktivitas tersebut, pengunjung biasanya memanfaatkannya dengan berfoto selfie.

Keindahan dan keunikannya, mulai banyak juga yang memanfaatkan tempat wisata ini sebagai tempat pengambilan foto pre wedding. Jadi bagi kamu yang mau menikah, bisa mencari spot foto menawan, yang akan mengabadikan kenangan bersama sang kekasih.

Nah, itulah sekilas mengenai keindahan dan beragam aktivitas seru selama berada di Tebing Breksi. Cara mencapai kawasan wisata ini sangat mudah. Sesampainya di pertigaan traffic light dekat Pasar Prambanan, yang terletak di Jalan Raya Solo – Jogja, kemudian ambil arah ke kiri dan mengikuti petunjuk arah menuju Candi Ijo.  

Komentar