Inilah Tempat Terbaik Dan Terlama Menikmati Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total atau GMT diprediksikan akan terjadi pada hari Rabu, 9 Maret 2016. Pada hari tersebut juga merupakan hari raya Nyepi bagi umat Hindu. Beberapa wilayah di Indonesia tercatat sebagai kawasan yang akan menikmati fenomena alam langka tersebut. Dimanakah daerah yang terbaik dan terlama untuk menyaksikan fenomena langka tersebut?


Keistimewaan Gerhana Matahari

Bagi yang belum memahaminya, apa sebenarnya gerhana matahari itu? Fenomena alam ini dikarenakan bulan melintasi bagian tengah, perlintasan antara matahari dan bulan. Dengan begitu, posisi bumi, bulan, dan matahari, berada di satu garis lurus. Peristiwa ini mengakibatkan sinar matahari ke bumi dihalangi oleh bulan. Sehingga meskipun fenomena ini terjadi pada siang hari, kondisi bumi akan terlihat gelap.

Kalau dilihat dari bentuknya, setidaknya ada tiga jenis gerhana matahari. Pertama, gerhana matahari parsial atau sebagian. Karena memang bulan hanya menutupi sebagian permukaan matahari. Bulan mempunyai dua macam bayangan, yaitu penumbra dan umbra.

Ketika gerhana matahari parsial terjadi, bumi akan tertutup oleh penumbra, sedangkan sebagian permukaan matahari akan ditutupi bulan. Bayangan yang dihasilkan satelit bumi ini relatif kecil, karena memang ukuran bulan yang kecil. Dengan begitu, bagian bumi yang tertutup oleh penumbra, biasanya hanya memiliki diameter tidak lebih dari 3000 kilometer. Sedangkan bagian bumi yang ditutupi umbra, ukurannya berkisar 269 kilometer saja.

Kedua, gerhana matahari cincin. Fenomena alam ini terjadi, kalau bagian tengah permukaan matahari tertutup bulan. Sedangkan untuk bagian tepinya tidak ditutupi bulan. Saat terjadinya peristiwa ini, bayangan inti bulan tak terlihat hingga ke bumi. Dengan begitu, permukaan matahari nampak seperti bentuk cincin.

Ketiga, gerhana matahari total. Fenomena langka ini hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Dikarenakan gerakan bayangan bulan bergulir sangat cepat. Sepanjang sejarah untuk rekor GMT terlama, terjadi pada 30 Juni 1973 di Samudera Atlantik dan benua Afrika. Peristiwa langka itu berlangsung sampai dengan 7,2 menit. Khususnya di Indonesia, rekornya terlama terjadi pada 11 Juni 1983. Kala itu, GMT terjadi selama 5,4 menit.

GMT terjadi karena permukaan matahari ditutupi bulan, dengan proses perlahan. Karenanya mengakibatkan ukuran dari permukaan matahari nampak lebih kecil. Lalu, umbra menutupi kawasan itu, sehingga semua permukaan matahari ditutupi oleh umbra dan bulan. Setelah bergulir selama beberapa menit, kemudian umbra bergeser sampai terbentuk gerhana matahari sebagian. Ketika penumbra meninggalkan tempat itu, maka gerhana matahari akan berakhir.

12 Provinsi di Indonesia Akan Dilalui GMT

Fenomena alam tersebut sangat memikat, bahkan meningkatkan kunjungan turis. Hotel-hotel di kawasan tertentu bahkan sudah dibooking sejak tahun 2014. Terutama hotel di Kota Palu dan Ternate. Setidaknya ada 12 provinsi yang akan dilalui GMT.

Provinsi tersebut adalah Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Barat. Data tersebut disampaikan oleh LAPAN (Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional).

Seluruh provinsi tersebut akan mengalami kegelapan sampai dengan 90 persen. Tetapi di wilayah Pulau Jawa dan kawasan lain di Indonesia, hanya bisa mengalami gerhana matahari sebagian. Dengan tingkat kegelapan antara 50-60 persen saja.

GMT Terlama di Indonesia

Kalau Anda ingin menyaksikan peristiwa gerhana matahari total terlama di Indonesia, bisa mengunjungi Maba. Kecamatan ini berada di Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara. Peneliti dari dalam dan luar negeri memastikan akan menjadikan Maba, sebagai tempat pengamatan GMT. Tak heran, bila sangat banyak wisatawan domestik dan asing, yang antusias untuk mengunjungi kawasan Maba. Sebagai tempat terbaiknya untuk menikmati keunikan gerhana matahari.

GMT di Maba akan berlangsung selama 3 menit 17 detik. Karena memang menurut penjelasan pihak LAPAN, semakin mengarah ke bagian timur, maka durasi gerhana matahari akan semakin lama. Untuk kawasan barat, puncak dari GMT akan terjadi pada pukul 7.20 WIB. Dengan durasi selama 1,5 menit.

Untuk daerah bagian tengah, puncak gerhana akan berlangsung pada pukul 8.35 WITA. Dengan durasi selama 2 menit. Sedangkan untuk bagian timur, akan berlangsung pada pukul 9.50 WIT. GMT di kawasan ini akan berlangsung selama 2 hingga 3 menit.

Anda bisa menjangkau Maba dari Ternate. Bisa naik pesawat terbang atau moda transportasi darat. Kalau memanfaatkan pesawat, hanya diperlukan waktu selama 28 menit saja. Tapi kalau menempuh perjalanan melalui jalur darat, setidaknya dibutuhkan waktu 2 hingga 3 jam.


Komentar

Posting Komentar