Serunya Keliling Jogja Dengan Bus Wisata Domapan

Serunya Keliling Jogja Dengan Bus Wisata Domapan
Ada yang baru nih di Jogja, namanya Bus Domapan. Bus pariwisata ini diluncurkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, agar bisa merangsang industri pariwisata di Kota Gudeg ini. Bus unik ini juga menjadi kado istimewa ulang tahun Kota Jogja yang ke 259, pada 7 Oktober 2015 ini. Kehadirannya bakalan memberikan pemandangan baru. Sekaligus menjadi ikon baru bagi kota wisata ini. Seperti apa keunikan Bus Wisata Domapan ini?


Idola Baru Warga Jogja Dan Wisatawan

Bus pariwisata ini adalah bantuan dari Telkomsel. Gagasan ini sudah ada sejak setahun silam, dimana saat itu Jogja berusia 258. Sehingga bus itu dinamakan Domapan atau kependekan dari angka dua lima dan delapan. Kata Domapan juga memiliki kepanjangan lain, yaitu Pohdo Mapan. Kehadiran bus ini diharapkan juga bisa memacu semangat seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta dalam memajukan dunia pariwisata Jogja.

Calon Pengantin Bisa Membuat Foto Pre Wedding Di Bus Domapan

Pengelola bus wisata itu adalah Yayasan Lumbung Wisata. Rute bus mulai dari Taman Pintar dan mengelilingi kawasan Benteng Keraton Yogyakarta. Kemudian bus akan kembali lagi ke Taman Pintar. Bus wisata serupa juga sudah diberikan Telkomsel di Kota Semarang dan Bandung. Keunikan dari bis ini tidak hanya akan menjadi idola baru bagi warga dan wisatawan, tapi juga sangat unik menjadi background foto pre wedding.

Pengelola Bus Domapan Bekerjasama Dengan Berbagai Instansi

Dalam pengoperasian bus itu, Yayasan Lumbung Wisata akan menjalin kerjasama dengan stakeholder pariwisata, seperti Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta, Asosiasi Biro Perjalanan Wisata dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia.

Sebagai aplikasi nantinya, semisal hotel menawarkan tamunya untuk memakai Bus Wisata Domapan itu untuk rombongan. Hotel nantinya yang akan membayar biaya sewanya. Keunikan ini akan memberikan nilai tambah bagi hotel dan juga Jogja sebagai tujuan wisata.

Desain Bus Unik Dan Dilengkapi WiFi

Bus Domapan ini sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi dan videotron Desain bus bernuansa trem klasik dan menampilkan ciri khas Keraton Yogyakarta. Dengan sentuhan warna hijau dan warna keemasan. Pada tiang-tiangnya disematkan lampu andong, yang merupakan ciri khas kendaraan tradisional Keraton. Pemandu wisata juga akan ditugaskan, guna menjelaskan sejarah dari tempat-tempat yang dilewatinya.

Bus tingkat dua ini tanpa atap, dengan warna dominasi hijau dan merah. Dimana warna tersebut merupakan ciri khas bagi Kota Jogja. Panjang kendaraan ini adalah 7,47 meter, dengan ketinggian 3,15 meter dan lebarnya 2,1 meter. Kapasitas penumpang Bus Wisata Domapan ini adalah 30 orang.

Serunya Keliling Jogja Dengan Bus Wisata Domapan





Komentar