Nikmatnya Nasi Kapau Khas Minangkabau

Nikmatnya Nasi Kapau Khas Minangkabau
Tak lengkap rasanya kalau traveling tanpa mencicipi kuliner di tempat wisata. Kalau Anda sedang liburan di Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, Nasi Kapau bisa menjadi sajian yang wajib dinikmati. Bisa dibilang, menu ini adalah nasi rames khas Minangkabau. Ada beragam lauk pauk yang disajikan dengan menarik dan pastinya lezat. Seperti apa kelezatan yang ditawarkannya?


Mudah Ditemukan Di Pusat Kota Bukittinggi

Nikmatnya Nasi Kapau Khas Minangkabau
Kawasan Sumatera Barat memang tidak hanya menyuguhkan keindahan alam yang cantik saja. Tetapi aneka kulinernya sudah populer kelezatannya. Tidak hanya disukai dan terkenal di Indonesia saja, bahkan sudah mendunia sebagai kuliner lezat. Kuliner khas Minang ini memang mempunyai daya pikat tersendiri.

Anda bisa mendatangi kawasan Los Lambuang di Pasa Lereng, Kota Bukittingi. Lokasinya sekitar 300 meteran dari tugu Jam Gadang. Konon, penamaan kuliner tersebut dikarenakan asalnya dari Nagari Kapau. Kawasan ini berada di Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Daerah ini terkenal karena warganya pintar meracik makanan.

Kuliner Asal Nagara Kapau, Yang Ternama Pandai Meracik Kuliner Lezat

Nikmatnya Nasi Kapau Khas Minangkabau
Berdasarkan cerita masyarakat lokal, tidak sembarangan orang bisa menyajikan kuliner Nasi Kapau dengan sangat nikmat. Hanya orang dari Nagari Kapau yang mampu melakukannya. Racikan bumbunya memang sangat khas dari Kapau. Setiap keluarga biasanya mempunyai komposisi tersendiri. Agar bisa menghasilkan rasa yang benar-benar lezat.

Resep makanan ini sangat rahasia dan hanya disebarkan melalui keturunannya. Untuk menikmati Tambusu yang nikmat, bahkan hanya warga Nagari Kapau yang bisa mengolahnya. Kuliner ini sangat berbeda dengan Nasi Ampera atau Nasi Padang. Karena mempunyai keunikan lain, seperti rumah makannya, cara menyajikannya dengan menggunakan panci besar dan disusun bertingkat.

Cara Penyajian Nasi Kapau Yang Unik

Nikmatnya Nasi Kapau Khas Minangkabau
Saat mengambil makanan untuk pembeli, akan menggunakan sendok terbuat dari tempurung kelapa dan bertangkai panjang. Uniknya lagi, menu  makanan yang disajikan sangat banyak. Anda bisa memilih 15 hingga 20 jenis makanannya. Seperti gulai sayur yang merupakan ciri khas nasi ini.

Gulai tersebut berisi potongan besar nangka atau cubadak, kacang panjang, pakis, kol dan rebung. Anda juga yang menambahkan jengkol untuk salah satu pilihannya. Untuk lauk khasnya adalah tambusu. Makanan ini berupa campuran tahu dan telur ayam yang dimasukkan ke dalam usus 12 jari sapi. Sudah kebayang kan nikmatnya?

Kuliner Lezat Dengan Harga Bersahabat

Nikmatnya Nasi Kapau Khas Minangkabau
Penjual Nasi Kapau, akan menyajikan nasi berkualitas yang berasal dari beras terbaik di kawasan Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi. Sebagai pilihan laut, Anda bebas memilih sesuai selera. Ada gulai kulit, kalio, ayam rendang, tambusu, dendeng, gulai ikan dan menu lezat lainnya. Nasi dan lauknya akan disiram kuah gulai, gulai sayur, samba lado hijau teri, samba lado merah dan potongan dendeng. Harga per porsinya biasanya sekitar 25 ribu rupiah.


Komentar