Merasakan Khasiat Madu Lebah Ruang Dan Nikmatnya Kopi Khas Kampung Waerebo

 Kampung Waerebo
Kampung Adat Waerebo semakin mendunia. Turis domestik dan asing semakin banyak yang berkunjung. Lokasi desa ini berada di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Desa ini juga memiliki tujuh Niang atau rumah adat. Arsitekturnya sangat unik, tak heran kalau UNESCO mengakui keindahannya. Desa ini juga menghasilkan Madu Lebah Ruang Waerebo yang unik dan berkhasiat.


Madu Lebah Ruang Waerebo Berkhasiat Untuk Kesehatan

Kampung Waerebo
Penamaan madu dikarenakan madu tersebut diambil dari dalam tanah. Sehingga dikenal dengan madu ruang. Jadi berbeda dengan madu yang ditemukan di pohon. Indukan madu ruang membuat sarangnya di bawah tanah. Biasanya lebah membuat sarang di hutan atau di lahan warga. Sebelumnya madu ini hanya dikonsumsi warga setempat. Tetapi kini sangat populer sebagai buah tangan saudara atau wisatawan yang mengunjungi desa tersebut.

Khasiat Madu Lebah Ruang Waerebo sangat luar biasa bagi kesehatan. Sehingga mengkonsumsinya secara rutin sangat mendukung kebugaran dan kesehatan tubuh. Bagi warga desa ini, madu ruang juga memberikan ruang penghasilan baru. Sehingga geliat ekonomi sangat terasa.

Ekonomi Kampung Waerebo Semakin Bergeliat

Kampung Waerebo
Kehadiran Yayasan Indecon atau Indonesian Ecotourism Network memang memberikan perubahan signifikan bagi Kampung Waerebo. Melalui programnya Innovative Indigenous Flores Ecotourism for Sustainable Trade (INFEST) dengan dukungan Uni Eropa, sangat gencar dalam mengenalkan dan mempromosikan produk kampung tersebut baik di Indonesia maupun luar negeri.

Yayasan tersebut memberikan edukasi pariwisata, menggelar promosi, mengembangkan berbagai produk lokal, branding, pembuatan kaos Waerebo dan membangun jaringan antar kampung adat yang berada di kawasan Flores bagian tengah dan barat. Dengan segala upaya tersebut, terbukti berhasil mendongkrak ekonomi warga. Sejak tahun 2003, nama Kampung Waerebo mulai terdengar ke mancanegara. Berbagai produk yang dihasilkan semakin bernilai jual tinggi.

Trekking Ke Kampung Waerebo Sangat Menantang

Kampung Waerebo
Kampung Waerebo terletak di lembah, yang bisa ditempuh dari Denge selama empat jam perjalanan. Tujuh gunung kecil mengapit kampung ini. Gunung tersebut adalah Poco Tonggor Kiria, Polo, Hembel, Golo Ponto, Ulu Waerebo, Rega dan Ponto Nao. Keunikan dari wisata di kampung ini adalah trekkingnya yang menantang. Wisatawan akan menyusuri hutan dan sungai besar.

Sesampainya di Kampung Waerebo, Anda akan disuguhi keunikan arsitektur rumah adatnya. Rumah tradisional yang langka ini adalah warisan leluhur orang Manggarai Raya. Selain Madu Lebah Ruang Waerebo, produk lain juga dihasilkan oleh kampung ini. Seperti kain Songke yang merupakan kain tenun khas Manggarai Raya, kopi Kolumbia Waerebo dan kopi Arabika Waerebo.






Komentar