Melihat Keunikan Pantai Ngobaran Sambil Menyantap Landak Laut

Melihat Keunikan Pantai Ngobaran Sambil Menyantap Landak Laut
Pantai Ngobaran hadir dengan pesona eksotis dan keunikan tersendiri. Wisatawan bisa menemukan Pura cantik berada di tepian pantai. Masjid unik menghadap ke laut selatan. Ada juga kuliner khas yang mungkin belum Anda jumpai sebelumnya, landak laut goreng. Perpaduan pesona alam, budaya dan kulinernya, menjadikan pantai ini sangat sayang dilewatkan saat berkunjung ke Gunungkidul, Yogyakarta.


Seakan Sedang Berada Di Pulau Dewata

Melihat Keunikan Pantai Ngobaran Sambil Menyantap Landak Laut
Keberadaan Pura di pantai mirip seperti pemandangan pantai di Bali. Upacara keagamaan penganut Hindu juga selalu digelar di pantai ini. Seperti upacara Melasti menjelang perayaan Hari Raya Nyepi dan upacara Galungan yang digelar setiap bulan purnama. Ratusan umat Hindu dengan busana khas, akan memenuhi bibir pantai. Penganut Kejawen biasanya akan melakukan ritual khusus, setiap malam Selasa dan Jumat.

Pantai Ngobaran terbilang pantai unik, karena tidak hanya terdapat Pura saja. Anda bisa menemukan Masjid, tempat pemujaan bagi penganut ajaran Kejawen dan petilasan Prabu Brawijaya V. Berbagai patung tokoh pewayangan menghiasi kawasan pantai. Menambah keunikan pantai ini semakin terlihat.

Garis pantainya terbilang pendek, dikarenakan tepian pantainya dipenuhi dengan karang besar. Pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Nguyahan. Dengan berjalan kaki sekitar lima menit saja, wisatawan sudah bisa mencapai Nguyahan. Kedua pantai ini hanya dibatasi dengan tebing saja. Tapi mempunyai karakter pesona alam yang sangat berbeda. Hamparan pasirnya sangat luas dan wisatawan bisa bermain air sepuasnya.

Menikmati Landak Laut Goreng

Melihat Keunikan Pantai Ngobaran Sambil Menyantap Landak Laut
Ketika senja tiba dan air lautnya sedang surut, biasanya warga setempat melakukan aktivitas memancing ika dan mencari rumput laut. Biasanya mereka juga berburu landak laut yang bersembunyi di sela-sela batu karang. Tubuh hewan laut ini dipenuhi duri tajam. Tapi oleh masyarakat sekitar bisa diubah menjadi santapan yang lezat.

Landak laut goreng adalah kuliner khas warga di sekitar pantai. Warung makan di sekitar pantai banyak yang menyajikan kuliner unik tersebut. Dagingnya terasa kenyal dan nikmat rasanya. Cara penyajiannya terbilang unik. Durinya yang tajam akan dipotong sampai rata, lalu tubuhnya dibelah agar terlihat dagingnya. Kemudian daging dicongkel. Bagi Anda traveler sejati, pasti tak akan melewatkan untuk menyantap hidangan unik ini.

Akses Jalan Menuju Pantai Ngobaran

Melihat Keunikan Pantai Ngobaran Sambil Menyantap Landak Laut
Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi D.I Yogyakarta. Agar bisa sampai di pantai ini Anda bisa menempuh dua jalur. Yang pertama bisa mulai dari Jogja – Lapangan Udara Gading – Pertigaan Gading ke kanan – Playen – Paliyan – Trowono – Saptosari – Pantai Ngobaran. Jalur kedua, dari Jogja – Kota Wonosari – Paliyan - Trowono  - Pantai Ngobaran. Kalau ingin bermalam, Anda bisa cek berbagai hotel nyaman dan hemat DISINI.




Komentar