Kolam Alami Eksotis Di Pantai Kedung Tumpang

Kolam Alami Eksotis Di Pantai Kedung Tumpang
Ingin berlibur ke Tulungagung, Jawa Timur? Pastikan mampir ke Pantai Kedung Tumpang. Keindahannya mulai memikat banyak orang. Kolam alami menghiasi kawasan pantainya, dengan deburan ombak yang besar, terlihat sangat unik dan eksotis. Pantai ini berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban. Ayo kita intip keindahannya!


Bentuk Kolam Sangat Eksotis

Kolam Alami Eksotis Di Pantai Kedung Tumpang
Kolam alami tersebut terbentuk dari ceruk-ceruk di permukaan karangnya. Kolam terlihat berwarna hijau kebiruan dan gradasi kuning, kalau dilihat dari atas tebing. Letak kolam terbilang rendah dan terus diguyur air laut secara periodik. Buih putih nampak pada momen itu, sampai airnya surut. Ketika air laut sudah surut, air kolamnya terlihat tenang.

Anda bisa berenang di dalam kolam alami tersebut. Tetapi tetap waspada dengan ombak yang menghantam karang. Karena bentukan alami, bentuk kolam tak beraturan. Lebar dan tingginya juga berbeda-beda. Dengan keunikan bentuknya, warga setempat memberikannya nama kedung dan tumbang. Karena memang lokasinya yang bersusun-susun.

Pemandangan Sangat Asri

Kolam Alami Eksotis Di Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang memang belum begitu populer. Sehingga masih nampak bersih dan asri. Karena memang belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Bila Anda sedang berada di Surabaya, harus menempuh jarak sekitar 150 kilometer untuk sampai di pantai menawan itu.

Dengan popularitasnya yang semakin menanjak, geliat ekonomi juga semakin terlihat. Seperti adanya kios pedagang sederhana, tempat parkir kendaraan dan sebagainya. Agar bisa sampai di bibir pantai, Anda harus meniti jalan yang curam. Trek di perbukitan sangat bervariatif hingga sampai 45 derajat. Jalan setapak akan mengantarkan traveler di pantai. Jalanan bekas lahan jagung, pisang dan singkong juga akan dilewati.

Pemandangan salah satu pantai di Tulungagung ini memang sangat bagus. Medan yang sulit seperti tidak dihiraukan oleh traveler yang sebagian besar dari kalangan muda. Mereka banyak yang penasaran dengan keindahannya. Biasanya mereka mengetahui informasi pantai ini dari sosial media. Mahasiswa di kawasan Jawa Timur, banyak yang berdatangan, seperti dari Malang, Surabaya dan daerah lainnya.

Pantai Lumbung dan Pantai Molang mengapit Pantai Kedung Tumpang di sebelah kirinya.  Sedangkan di bagian baratnya diapit oleh Pantai Glogok. Kedung Tumpang memiliki medan yang terjal, tapi Pantai Lumbung dan Pantai Molang medannya cenderung landai. Pantainya panjang dengan hamparan pasir yang cantik. Bagi yang suka selancar air, sangat tepat mengunjungi Pantai Molang karena ombaknya relatif tinggi.

Medan Terjal Dan Menantang

Kolam Alami Eksotis Di Pantai Kedung Tumpang
Fasilitas memang masih terbilang minim. Agar bisa turun ke kawasan pantai, belum tersedia alat pengaman memadai. Anda hanya bisa mengandalkan akar pohon dan tali tampar atau tali nilon sebanyak tiga utas. Panjang masing-masing tali kurang lebih enam meter. Keberadaan alat sederhana itu sangat membantu pengunjung. Apalagi yang tidak terbiasa dengan aktivitas outdoor.

Pemasangan tali tersebut memang merupakan inisiatif dari warga setempat. Untuk bisa naik dan turun, sebenarnya Anda bisa menempuh dua jalur. Sayangnya, jalur naik sangat curang. Dengan kondisi itu, lebih banyak orang yang menghindarinya. Jalur landai lebih dipilih, walaupun harus memutar hingga 400 meter.

Akses Menuju Pantai Kedung Tumpang

Kolam Alami Eksotis Di Pantai Kedung Tumpang
Sebelum mulai dikenal masyarakat, biasanya warga setempat memanfaatkan Kedung Tumpang sebagai areal memancing dan juga menjaring udang. Jadi hanya nelayan yang baru meramaikan kawasan tersebut. Namun lebaran Idul Fitri tahun 2014 silam, sudah banyak wisatawan yang berkunjung.

Pengunjung tidak hanya wisatawan domestik saja, turis asing juga mulai berdatangan seperti dari Ceko dan Korea Selatan. Saat akhir pekan kunjungan mencapai puncaknya. Kurang lebih seribu orang memadai kawasan pantai cantik di Tulungagung ini.

Agar bisa sampai di Pantai Kedung Tumpang, Anda bisa menempuh dua jalur. Bisa dari Blitar atau dari Tulungagung. Kendaraan roda empat tidak bisa diparkir dekat bibir pantai. Tapi kalau membawa mobil khusus off road bisa saja dilakukan. Jadi Anda harus memarkir kendaraan di kawasan perkampungan Pucanglaban. Perjalanan ke pantai masih sekitar 4 kilometer. Anda bisa naik ojek agar bisa sampai di bibir pantai.




Komentar