Keunikan Alam Dan Kuliner Natuna

Keunikan Alam Dan Kuliner Natuna
Indonesia memang kaya akan alam yang indah. Pulau-pulau terdepannya juga sangat menawan. Salah satu yang memikat adalah Natuna. Letak geografisnya terletak di tengah Laut China Selatan. Bandar udara bisa ditemukan di Ranai, ibukota Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Bandara tersebut digunakan bersamaan dengan TNI Angkatan Udara. Apa saja keunikan Natuna, yang menjadikannya layak menjadi destinasi wisata pilihan?


Natuna Bisa Ditempuh Melalui Jalur Laut Dan Udara

Keunikan Alam Dan Kuliner Natuna
Natuna mempunyai ratusan pulau. Terdiri atas tiga bagian pulau terbesar, yaitu Natuna Selatan dengan Pulau Serasan dan Subi, Natunga Tengah dengan Pulau Bunguran dan Natuna Utara dengan Pulau Laut. Natuna masuk dalam Gugusan Kepulauan Tudjuh. Dimana gugusan kepulauan tersebut terdiri atas Anambas, Tambelan, Badas dan Natuna.

Sebelumnya Natuna adalah sebuah kecamatan, tapi kemudian terjadi pemekaran sehingga kini sudah menjadi kabupaten. Untuk menuju Natuna, Anda bisa menggunakan pesawat komersial. Penerbangan menuju kawasan ini ditempuh dengan melintasi Batam, yang memakan waktu tempuh berkisar 1 jam 10 menit.

Tak hanya bisa mengandalkan jalur udara saja, kapal Pelni dan kapal perintis juga bisa digunakan. Kapal-kapal tersebut beroperasi dengan jalur Jakarta – Pontianak – Surabaya. Sejumlah kapal tersebut akan singgah di pulau-pulau tertentu. Dengan beberapa pilihan moda transportasi tersebut, tentunya semakin memudahkan wisatawan untuk mengakses kawasan Natuna.

Kuliner Lezat  Serba Ikan

Keunikan Alam Dan Kuliner Natuna
Sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, Natuna termasuk wilayah Kesultanan Johor Malaysia. Dengan latar belakang tersebut, tidak mengherankan kalau penduduk Natuna didominasi oleh etnis Melayu. Bahasa, kuliner, budaya dan sebagainya sangat kental bernuansa Melayu.

Salah satu keunikan Natuna adalah sangat kaya akan hasil ikannya. Sehingga sebagian besar kulinernya menggunakan bahan baku ikan. Seperti kue dari sagu, kernas dan ikan goreng yang dipadu dengan sambal. Sejumlah makanan ringan tersebut sangat nikmat, sebagai pelengkap saat minum kopi atau teh.

Pizza ala Natuna, tabel mando juga menjadi kudapan yang lezat. Bahan bakunya adalah ikan dan sagu, yang pengolahannya secara dibakar. Lempar adalah olahan ikan lainnya yang berasal dari Natuna. Makanan ini mirip dengan lemper, tapi isiannya bukan abon. Suwiran ikan digunakan sebagai isiannya. Semua ikan yang dikonsumsi masih segar dan melimpah.

Hamparan Batu Besar Yang Cantik Di Pantai

Keunikan Alam Dan Kuliner Natuna
Kalau Anda ingin menikmati pesisir pantai, Anda bisa mengunjungi Pulau Bunguran Besar. Pulau ini dikelilingi oleh tebing dan pantai. Gugusan batu granit yang berada di kawasan ini sangat mempesona. Hampir mirip dengan keindahan pantai di Belitung, yang pernah menjadi tempat shooting film Laskar Pelangi.


Bebatuan granit yang cantik ini dapat dinikmati di Alif Stone Park dan Bukit Senumbing. Di Alif Stone Park tengah dibangun penginapan terintegrasi dan juga jembatan kayu. Sehingga wisatawan semakin mudah saat akan menikmati warna-warni cantik puluhan batu besar. Itulah beberapa keunikan Natuna, yang menjadikannya destinasi wisata pilihan.

Baca Juga
Mengintip Keindahan Alif Stone Park

Komentar