Aktivitas Wisata Dan Cara Menuju Pulau Derawan

Aktivitas Wisata Dan Cara Menuju Pulau Derawan
Singgah di Derawan, Anda akan menyaksikan pasir pantai putih yang eksotis, terumbu karang cantik dan air laut yang membiru. Berlama-lama di pulau ini sangatlah menyenangkan. Keindahannya tidak hanya terdengar di Nusantara saja. Tapi sudah lama didengar oleh turis mancanegara. Bagaimana cara ke Pulau Derawan dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan wisatawan?


Snorkeling, Diving Dan Melihat Penyu Bertelur

Aktivitas Wisata Dan Cara Menuju Pulau Derawan
Derawan memang sangat mempesona dengan menghadirkan spot cantik, yang sangat jarang bisa dijumpai di daerah lainnya. Panorama pantai dan alam bawah lautnya dipastikan akan membuat semua wisatawan terpesona dan ketagihan untuk mengunjunginya lagi.

Sebanyak 1.051 spesies ikan menghuni perairan lautnya. Jenis Damselfishes(Pomacentridae), Wrasses (Labridae), Gobes (Gobiidae) dan beragam jenis terumbu karang mendominasi kehidupan laut Derawan. Aktivitas snorkeling dan diving sangat cocok dilakukan disini. Adanya Drive Centre dengan peralatan lengkap, akan membantu Anda yang gemar menyelam.

Aneka ragam spesies ikan karang, lumba-lumba, ikan paus dan ikan pari biru yang lebarnya hingga enam meter terkadang bisa disaksikan di perairannya. Berada di Pulau Derawan, Anda juga bisa menemukan penyu yang singgah untuk bertelur di pantainya. Mengelilingi pulau ini bisa dengan berjalan kaki saja. Senyuman warga setempat, memikat wisatawan untuk berinteraksi dengannya juga.

Perjalanan menuju Derawan terbilang lama dan akan berganti-ganti alat transportasi. Kalau tidak terbiasa dengan perjalanan laut, sebaiknya meminum obat anti mabuk. Karena gelombang lautnya relatif besar. Saat akan menyewa speed boat, lakukan negosiasi atau tawar-menawar. Jadi bisa mengemat budget wisata Anda.

Kalau berniat snorkeling, sebaiknya lakukan di saat pagi atau sore hari. Waktu itu dianggap cocok, karena airnya sedang surut. Sinar matahari juga tidak terasa begitu panas. Kalau ingin menyaksikan penyu bertelur, dini hari atau malam hari adalah waktu yang tepat.

Jalur Menuju Pulau Derawan

Aktivitas Wisata Dan Cara Menuju Pulau Derawan
Bisa dikatakan seluruh jalur bisa dimanfaatkan untuk menuju Derawan. Kelebihan dan kekurangan tertentu bisa ditemui di setiap jalur. Anda bisa menentukannya sesuai dengan keinginan. Kalau memilih jalur udara, pastikan singgah di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Kawasan ini merupakan gerbang utama, agar bisa meneruskan perjalanan menuju Derawan.

Setibanya di Balikpapan, Anda mempunyai dua pilihan untuk melanjutkan perjalanan. Yang pertama, bisa melalui Tarakan. Kelebihan dari jalur ini adalah banyaknya pilihan penerbangan dan biayanya relatif murah. Sayangnya waktu yang diperlukan lebih lama dan untuk menyeberang ke Derawan, wisatawan harus menyewa speed boat. Bagi yang pergi rombongan, jalur ini lebih cocok.

Yang kedua, Anda bisa melalui Berau. Di kawasan tersebut ditemukan banyak mobil travel. Mereka akan membawa Anda menuju Tanjung Batu dan juga speed boat untuk menyeberang ke Derawan. Kalau Anda seorang solo traveler, sangat cocok untuk memanfaatkan jalur ini.

Bagi Anda yang berada di Pulau Kalimantan bisa menggunakan jalur darat untuk singgah di Derawan. Anda bisa memanfaatkan mobil travel atau bus umum. Rute yang akan ditempuh dari Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Tanjung Redep, Tanjung Batu dan Pulau Derawan. Jika ingin bermalam di pulau ini tak perlu khawatir. Karena sudah terdapat banyak penginapan, seperti homestay, resort dan hotel. Fasilitas dan layanannya bisa membuat wisatawan merasa betah.

Baca Juga




Komentar