7 Summit Di Jawa Barat

7 Summit Di Jawa Barat
Bisa berada di puncak tertinggi adalah kebanggaan. Sekaligus bisa menikmati panorama alam yang disuguhkan.  Bagi pendaki gunung, pastinya akan tergoda untuk mendaki titik tertinggi tersebut. Kalau tujuan Anda adalah gunung-gunung di kawasan Jawa Barat, inilah 7 summit atau puncak gunung tertinggi di Jawa Barat yang menantang untuk ditaklukkan.


Gunung Ciremai 3.078 Mdpl (Majalengka, Cirebon dan Kuningan)

7 Summit Di Jawa Barat
Gunung tertinggi di Jawa Barat ini berada di tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Majalengka, Kuningan dan Cirebon. Selain paling tinggi, gunung ini memiliki keunikan lain berupa kawah ganda. Kawah Barat dengan radius 400 meter terpotong Kawah timur dengan radius 600 meter.

Bekas titik letusan bernama Gowa Walet berada di lereng selatan, dengan ketinggian mencapai 1.900 mdpl. Luas areal gunung ini mencapai 15 ribu hektar. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai atau TNGC. Untuk mendakinya bisa melintasi Jalur Apuy di Majalengka, Jalur Palutungan di Kuningan dan Jalur Linggarjati di Kuningan.

Gunung Pangrango 3.019 Mdpl (Bogor, Sukabumi dan Cianjur)

7 Summit Di Jawa Barat
Gunung dengan ketinggian 3.019 mdpl ini berada di tiga kabupaten, yakni Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Keberadaannya tidak begitu jauh dari Gunung Gede. Untuk mendakinya bisa melalui jalur pendakian di Cianjur dan Cibodas. Tapi Anda juga bisa melalui Jalur Selabintana di Sukabumi dan Jalur Desa Gunung Putri di Cianjur. Sayngnya waktu tempuhnya sangat lama, karena harus melintasi Gunung Gede dulu.

Gunung Gede 2.958 Mdpl (Bogor)

7 Summit Di Jawa Barat
Gunung Gede berada dalam kompleks Taman Nasional, bersama dengan Gunung Pangrango. Bisa dikatakan, gunung ini adalah favorit pendaki. Karena lokasinya sangat strategis, terletak diantara Kota Bandung dan Kota Jakarta. Untuk mendakinya bisa melalui sejumlah pintu masuk ke Taman Nasional. Beberapa diantaranya adalah Jalur Selabintana di Sukabumi, Jalur Cipanas Gunung Putri di Cianjur dan Jalur Cibodas juga di Cianjur.

Gunung Cikuray 2.818 Mdpl (Garut)

7 Summit Di Jawa Barat
Masih berada di Kabupaten Garut, Anda bisa mendaki Gunung Cikuray dengan ketinggian mencapai 2.818 mdpl. Lokainya berada di Kecamatan Bayongbong, Kecamatan Cikajang dan Kecamatan Dayeuh Manggung. Anda bisa menempuh jalur pendakian di ketiga kawasan tersebut.

Ketiganya mempunyai karakteristik tersendiri. Jalur Bayongbong merupakan yang paling terjal. Tetapi pendakian melalui jalur ini akan memakan waktu lebih singkat. Hingga Anda berada di puncak tertingginya. Inilah puncak gunung tertinggi keempat di Jawa Barat, yang sangat menantang untuk ditaklukkan.

Gunung Papandayan 2.665 Mdpl (Garut)

7 Summit Di Jawa Barat
Gunung api ini berada di kawasan Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Gunung dengan ketinggian 2.665 mdpl ini bisa didaki, dengan menempuh jalur pendakian di daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung dan melalui daerah Cisurupan, Garut. Bisa dikatakan keindahan dari gunung ini tidak terletak pada puncak gunungnya. Tetapi nampak pada Tegal Alun, Pondok Seladah, Hutan Mati dan Kawahnya.

Gunung Patuha 2.386 Mdpl (Bandung)

7 Summit Di Jawa Barat
Gunung Patuha juga berada di Bandung Selatan, dengan ketinggian mencapai 2.386 mdpl.  Kawah putih yang sangat populer berada di kawasan gunung ini. Suguhan pemandangannya sangat cantik. Kawah itu adalah bentukan setelah gunung ini meletus. Keunikan dari kawah ini adalah dinding dan airnya berwarna putih. Kawasan hutan gunung atau hutan Ericaceous, hutan Montana, hutan Dipterokarp Atas dan hutan Dipterokarp Bukit juga dimiliki oleh Gununga Patuha.

Gunung Malabar 2.343 Mdpl (Bandung)

7 Summit Di Jawa Barat
Gunung api ini berada di selatan Kabupaten Bandung. Titik puncaknya mencapai 2.343 mdpl yang dinamakan Malabar. Puncak lainnya di gunung ini adalah Puncak Haruman, Puncak Puntang dan Puncak Mega. Keunikan gunung ini adalah adanya perkebunan teh yang dimiliki oleh Bosscha.

Gunung Malabar juga memiliki hutan gunung atau hutan Ericaceous, hutan Montana, hutan Dipterokarp Atas dan hutan Dipterokarp Bukit. Sebagai permulaan, Anda bisa mendaki  puncak gunung tertinggi ketujuh ini.


Komentar