7 Destinasi Wisata Populer Di Solo

7 Destinasi Wisata Populer Di Solo
Surakarta atau familiar dengan sebutan Solo ini, menyimpan tempat-tempat menawan untuk dikunjungi. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini memang menghadirkan ragam kuliner khas, budaya Jawa dan objek wisata unik. Mulai dari bangunan  Keraton, Taman Satwa, Pasar Tradisional, Museum dan sebagainya. Apa saja destinasi wisata Solo, yang menarik untuk dikunjungi?


Keraton Kasunanan Surakarta

7 Destinasi Wisata Populer Di Solo
Dulunya Keraton ini masuk dalam wilayah Kerajaan Mataram, yang juga membawahi kawasan Yogyakarta. Namun, dua daerah ini terpecah saat era kolonial Belanda. Kasunan Surakarta Hadiningrat dipimpin oleh Pakubuwono III. Sedangkan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dipimpin Pangeran Mangkubumi dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono I.

Bangunan Keraton Surakarta sangat cantik dan megah. Masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Mengunjungi Keraton ini, Anda bisa menyaksikan beragam koleksi peninggalan dari para rajanya. Pada momen tertentu, wisatawan bisa sekaligus menyaksikan upacara adat tertentu. Seperti acara Sekaten saat malam Maulid Nabi dan juga arak Kebo Kyai Slamet yang digelar di malam 1 Suro dalam penanggalan Jawa.

Pura Mangkunegaran

7 Destinasi Wisata Populer Di Solo
Belanda memang tak pernah puas memecah belah bangsa Indonesia. Setelah Surakarta dan Yogyakarta dipisahkan. Kasunanan Surakarta juga dipecah lagi menjadi dua kawasan pemerintahan. Peristitiwa ini berlangsung setelah Perjanjian Giyanti, yang mencerai beraikan Kerajaan Mataram. Kasunanan ini dipecah menjadi Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran.

Perjanjian Salatiga di tahun 1755, menjadi legalitas atas pemisahan wilayah tersebut. Raden Mas Said kemudian menjadi Raja Mangkunegaran, dengan gelar Mangkunegoro I. Saat ini, Istana Mangkunegaran tersebut bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Anda bisa menyaksikan berbagai peninggalan para raja Mangkunegaran. Bisa juga menyaksikan Tarian Beksan dan upacara adat lainnya di kesempatan tertentu.

Taman Satwa Taru Jurug

7 Destinasi Wisata Populer Di Solo
Kebun binatang ini boleh dibilang sebagai tempat wisata kebanggaan dan favorit warga Solo. Lokasinya berada di tepian sungai Bengawan Solo dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar. Saat akhir pekan, libur nasional dan liburan sekolah, sudah bisa dipastikan akan selalu diramaikan oleh para pengunjung. Mereka tidak hanya warga Solo saja, tapi datang dari berbagai daerah di Nusantara.

Museum Radya Pustaka

7 Destinasi Wisata Populer Di Solo
Museum ini lokasinya berdekatan dengan Kompleks Taman Sriwedari Solo. Radya Pustaka ini adalah museum tertua yang ada di Indonesia. Di dalamnya menyimpan beragam benda yang berkaitan dengan Kota Solo. Termasuk juga beragam peninggalan Keraton Mataram. Porselen pemberian Napoleon Bonaparte untuk Sri Susuhunan Paku Buwono IV adalah koleksi yang paling ternama. Mengunjungi museum ini, Anda bisa mengenal lebih dekat Kota Solo dan sejarahnya di masa lampau.

Museum Batik Danar Hadi

7 Destinasi Wisata Populer Di Solo
Solo dikenal sebagai salah satu penghasil ragam batik cantik. Mengunjungi Museum Batik Danar Hadi, Anda akan menyaksikan beragam koleksi batik yang ada di seluruh Indonesia. Danar Hadi adalah brand batik ternama asal Solo. Bagi penggemar batik, tentunya tempat ini tidak akan terlewatkan untuk dikunjungi.

Kampung Batik Laweyan

7 Destinasi Wisata Populer Di Solo
Kampung Batik Laweyan mengukuhkan Solo  sebagai penghasil batik berkualitas. Sebenarnya ada kampung sejenis bernama Kampung Batik Kauman. Para perajin Batik tradisional sangat banyak terdapat di kedua kampung tersebut. Uniknya, kedua kampung bisa menciptakan corak Batik yang berbeda. Di Kampung Kauman, corak batiknya cenderung agak berwarna gelap. Sedangkan di Laweyan, coraknya cenderung gelap.

Pasar Klewer

7 Destinasi Wisata Populer Di Solo
Puas mengelilingi Kota Solo, saat berbelanja aneka buah tangan untuk orang tercinta. Pasar Klewer bisa menjadi target utama. Pasar ini menghadirkan beragam kreasi busana batik, kain dan sebagainya. Karena merupakan pusat grosir, maka harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Bahkan kalau Anda pantai saat menawar, harganya bisa sangat miring





Komentar