5 Destinasi Wisata Menarik Di Jepara

5 Destinasi Wisata Menarik Di Jepara
Jepara terkenal dengan keahlian masyarakatnya dalam membuat ukiran kayu. Berbagai produk meubelnya mampu menembus pasaran luar negeri. Kota ini juga merupakan kelahiran pahlawan emansipasi wanita, R.A Kartini. Tak hanya itu, Jepara juga menyuguhkan pesona alam yang menggoda untuk dikunjungi. Seperti Karimunjawa yang populer hingga ke mancanegara. Apa saja destinasi wisata menarik di Jepara?


Taman Nasional Karimunjawa

5 Destinasi Wisata Menarik Di Jepara
Sebanyak 27 pulau berkumpul menjadi gugusan kepulauan yang cantik. Berada di Laut Jawa, sekitar 83 kilometer Barat Laut Kota Jepara. Luas wilayahnya sekitar 107.225 hektar. Keberadaan cagar alam laut ini sangat dilindungi oleh pemerintah. Menjadikan Taman Nasional Karimunjawa semakin terawat dan menjadi destinasi wisata yang menarik.

Keindahan Taman Nasional ini didukung adanya 242 jenis ikan hias, 90 jenis karang keras dan sebagainya. sejumlah biota lautnya dilindungi oleh pemerintah. Seluruh pantai di Kepulauan Karimunjawa mempunyai karakteristik, berupa pasir putih yang eksotis dan garis pantai yang panjang. Wisatawan biasanya sangat gemar berjemur di pantainya.

Berbagai aktivitas seru lainnya bisa Anda lakukan, seperti berenang, memancing, snorkeling dan diving. Budaya dan tradisi masyarakat setempat juga unik. Sehingga sangat memikat wisatawan untuk ikut berinteraksi pada kehidupan sosial masyarakat lokalnya. Destinasi wisata menarik di Jepara menyuguhkan keindahan yang luar biasa.


Museum R.A Kartini

5 Destinasi Wisata Menarik Di Jepara
Sebagai kota kelahiran pahlawan emansipasi wanita, R.A Kartini, Jepara tidak ingin melupakan sejarah dan perjuangannya. Karenanya dibangunlah Museum R.A Kartini untuk mengenangnya, sekaligus menjadi destinasi wisata sejarah yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Lokasinya mudah dijangkau, karena tidak jauh dari alun-alun Kota Jepara.

Museum ini menyimpan beragam koleksi peninggalan dari Kartini. Ada juga rangkaian foto dan benda dari Drs. RMP. Sosrokartono, kakak kandungnya. Anda juga bisa melihat beragam benda purbakala sekitar abad ke 7 di masa Ratu Shima. Ratu ini merupakan penguasa Kerajaan Kalingga. Kerajaan ini menempati kawasan Keling, Kabupaten Jepara.

Penampilan lain dari museum ini adalah terdapatnya kerangkan ikan raksasa, yang dikenal sebagai Joko Tuo. Panjang kerangka ikan ini mencapai 16 meter, lebar 2 meter dan beratnya hingga 6 ton. Ikan raksasa ini ditemukan di Pulau Karimunjawa dalam kondisi mati. Tetapi masih terdapat sisa-sisa dagingnya. Peristiwa penemuan ini terjadi pada tahun 1989.

Pantai Kartini

5 Destinasi Wisata Menarik Di Jepara
Kalau Anda datang bersama anak-anak, tempat wisata Pantai kartini sangat cocok dikunjungi. Beragam wahana permainan anak, seperti perahu arus, mandi bola, komedi putar dan sebagainya bisa membuat buah hati semakin gembira. Anda juga bisa menemukan dermaga dan aquarium kura-kura. Lokasi pantai ini berada diantara jalur menuju Pulau Panjang dan Taman Nasional Karimunjawa.

Konon, pantai ini merupakan tempat bermain R.A Kartini bersama saudaranya semasa kecil. Untuk mengenang jasa pahlawan nasional tersebut, maka pantai itu dinamakan Pantai Kartini. Dengan akses jalan yang mudah dan bagus, wisatawan bisa cepat menjangkau kawasan pantai. Dengan air laut yang tenang, terasa betah menikmati keindahan alamnya.

Pulau Panjang

5 Destinasi Wisata Menarik Di Jepara
Lautan dangkal, terumbu karang dan pasir putih mengelilingi kawasan Pulau Panjang. Air lautnya yang berada di sisi barat dan selatan tidak berarus dan sangat jernih. Membuat pengunjung suka berlama-lama untuk bermain kano, snorkeling dan berenang. Pulau ini mempunyai luas mencapai 19 hektar. Anda bisa menempuhnya dari dermaga di Pantai Kartini. Jaraknya hanya berkisar 2,5 kilometer saja.

Berkeliling pula dengan menyusuri jalan dan pantainya, sembari menikmati pesona alamnya adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Hutan tropis yang ditumbuhi pepohonan tinggi dan besar merupakan pemandangan di tengah pulau ini. Semak dan perdu di dalam hutan menjadi tempat ideal bagi burung laut untuk bermalam dan juga berkembang biak.

Benteng Portugis

5 Destinasi Wisata Menarik Di Jepara
Cagar budaya berupa Benteng Portugis ini sangat dilindungi. Berada di benteng ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang mempesona. Seperti hamparan batuan sedimen yang menarik, keindahan pantai dan pemandangan perbukitan. Benteng ini memang didirikan di atas bukit batu yang berada di pinggir laut. Sisi utara bentengnya menghadap Pulau Mondoliko.

Fungsi benteng ini sangat strategis dalam mengatur jalur pelayaran kapal, yang berangkat dari Jepara ke kawasan bagian timur Indonesia atau sebaliknya. Benteng megah ini berada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo. Menyempatkan untuk mengunjunginya, akan memberikan suguhan pemandangan yang memikat.Jadi jangan lewatkan untuk menikmati destinasi wisata menarik di Jepara ini.







Komentar

Posting Komentar