3 Tempat Belanja Batik Terpopuler Di Jogja

3 Tempat Belanja Batik Terpopuler Di Jogja
Jogja dikenal juga sebagai penghasil kain batik beraneka motif. Beragam jenis busana batik bisa ditemukan, seperti kemeja, celana, gamis, baju tidur dan lain sebagainya. Tak lengkap rasanya tidak membawa pulang kreasi batik Jogja. Modelnya banyak, jadi bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Bagi yang ingin memborongnya, inilah sejumlah tempat belanja batik ternama di kota gudeg ini.


Pasar Beringharjo

3 Tempat Belanja Batik Terpopuler Di Jogja
Pasar ini sudah ada ratusan tahun silam. Letaknya berada di jalan Malioboro bagian selatan. Popularitasnya menjadikan pasar ini sebagai salah satu ikon bagi kota Jogja. Saat ini beragam produk bisa ditemukan, salah satunya adalah produk batik. Lokasinya yang strategis sangat mudah dijangkau dengan beragam kendaraan umum maupun pribadi.

Anda bisa memborong batik asli Jogja, Solo maupun batik Pekalongan. Model, warna, ukuran dan harganya sangat bervariatif. Kalau pandai menawar, Anda bisa mendapatkan harga terbaik. Apalagi kalau beli dalam jumlah partai besar. Harganya sangat miring, jadi semua orang terdekat bisa mendapatkan buah tangan menawan ini.

Pasar Beringharjo selalu sesak dipenuhi pengunjung. Apalagi kalau akhir pekan dan liburan sekolah. Anda akan berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Jadi pastikan barang bawaan dan barang berharga terlindung dari ulah nakal pencopet. Sebelum menawar, sebaiknya survey beberapa tempat dulu. Agar bisa memperoleh produk dan harga terbaik.

Mirota Batik

3 Tempat Belanja Batik Terpopuler Di Jogja
Lokasi toko ini berada di depan Pasar Beringharjo. Mengunjungi Mirota Batik, Anda tidak hanya bisa membeli produk batik saja. Karena produk lainnya juga tersedia, seperti gelang, gantungan kunci, kaos, dompet, tas, sendal, topi, lukisan, hiasan dinding dan sebagainya. Bisa dikatakan varian produknya sangat komplit. Bahkan Anda bisa membeli aneka minuman tradisional dan bakpia.

Kalau ingin berburu produk batik bisa mendapatkannya di lantai pertama. Sedangkan di lantai kedua, bisa membeli aneka souvenir, mainan anak, aksesoris dan lain sebagainya. Berbeda dengan Pasar Beringharjo yang menghadirkan banyak penjual dan harga yang bisa ditawar, di Toko Mirota Batik semua barang yang ditawarkan merupakan harga pas. Jadi pengunjung tidak bisa menawarnya lagi.

Sepanjang Jalan Malioboro

3 Tempat Belanja Batik Terpopuler Di Jogja
Selain berbelanja batik di Pasar Beringharjo, Anda juga bisa memburunya di sepanjang Jalan Malioboro. Kawasan ini merupakan jalan terpopuler di Jogja. Jalan ini tak pernah sepi dengan kesibukan warga setempat dan wisatawan domestik serta turis asing. Anda bisa memilih dua kategori tempat belanja batik di Malioboro. Bisa belanja di toko batik atau di emperan toko.

Produk, merek, harga dan kualitas bisa saja berbeda. Secara umum, harga produk batik di emperan toko lebih murah, dibandingkan yang dijajakan di toko. Kalau ke Jogja  pas saat toko batik tertentu menggelar diskon besar, tentunya menjadi keberuntungan bagi wisatawan. Karena bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga yang miring. Sejumlah tempat belanja batik ternama di Malioboro, seperti Batik Danarhadi, Batik Keris dan sebagainya.

Kalau lebih memilih produk batik di emperan toko, Anda bisa membeli beragam model, motif dan ukuran yang beragam. Harga yang sangat terjangkau, Anda bisa memborong dalam jumlah banyak. Semakin pandai dalam menawar, harganya bisa semakin murah. Berbeda dengan yang ditawarkan di toko batik, dengan banderol harga yang tidak bisa ditawar.

Itulah setidaknya tiga tempat belanja batik ternama di Kota Jogja. Manakah yang terbaik, semuanya diserahkan kepada pembeli. Kalau memilih belanja di Pasar Beringharjo, pastikan datang sebelum jam empat sore. Karena jam operasional di pasar ini memang hanya sampai sore hari saja. Tapi kalau datang setelah jam tersebut, bisa berburu batik berkualitas di Mirota Batik dan Sepanjang Jalan Malioboro yang biasanya beroperasi sampai jam 9 malam. 

Komentar