Wisata Sejarah Unggulan Di Bangka Barat

Wisata Sejarah Unggulan Di Bangka Barat
Kabupaten Bangka Barat semakin giat dalam menggarap potensi wisata sejarah. Wisata edukasi sejarahnya dianggap berbeda dengan wisata lainnya yang ditawarkan Provinsi Bangka Belitung. Karena sasaran wisatawannya sangat jelas. Jangan lewatkan untuk mengajak serta buah hati tercinta, agar semakin meningkatkan pengetahuan sejarahnya. Apa saja Wisata Sejarah Unggulan di Bangka Barat?


Sangat Cocok Bagi Edukasi Pelajar Dan Mahasiswa

Wisata Sejarah Unggulan Di Bangka Barat
Pemerintah setempat sangat menyadari kalau pantai yang dimilikinya tidak seindah yang terdapat di Belitung. Karenanya pengembangan wisata dengan basis heritage sangatlah tepat. Anda bisa belajar sejarah dan menyaksikan peninggalannya mulai dari zaman kerajaan, kolonial sampai dengan Perang Dunia II.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung biasanya hanya mempunyai kedekatan emosional saja degan sejarahnya, saat berkunjung ke kawasan Bangka Barat terutama Kota Muntok. Sebagai contoh keluarga Vivian Bullwinkel yang merupakan seorang perawat dari Australia yang membantu bangsa Indonesia saat Perang Dunia II berkecamuk.

Sebenarnya masih banyak tempat bernilai sejarah tinggi di kawasan Bangka Barat. Sehingga bisa menarik minat wisatawan, jadi tidak hanya berdasarkan kedekatan emosionalnya saja. Pelajar dan mahasiswa di Indonesia sangat cocok mengunjungi tempat ini. Mereka bisa berlibur sembari belajar sejarah langsung di tempat terjadinya. Wawasan ini sangat penting bagi generasi muda.

Mengusung Konsep Oldtown Tourism

Wisata Sejarah Unggulan Di Bangka Barat
Destinasi wisata sejarah ini bisa menjadi tempat tepat untuk pembentukan karakter bangsa. Mengingat sangat banyak anak muda yang tidak mengetahui sejarah bangsanya. Sehingga konsep wisata edukasi sejarah ini sangat luar biasa, kalau berjalan dengan baik. Kota Muntok mengusung konsep Oldtown Tourism, dengan keberadaan bangunan bersejarah yang jumlahnya sangat banyak.

Bangunan itu adalah Makam Hario Pakuningprang, Mercusuar Tanjung Kalian, Klenteng Kung Fuk Miau, Rumah Mayor Cina dan Gedung Banka Tinwining Bedrif. Ada juga dua tempat yang sangat penting bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia, yaitu Pesanggrahan Menumbing dan Wisma Ranggam. Bangunan tersebut pernah dijadikan tempat pengasingan tokoh bangsa Indonesia, seperti Soekarno, Mohammad Hatta dan lainnya.

Pemerintah Giat Meningkatkan Infrastruktur

Wisata Sejarah Unggulan Di Bangka Barat
Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sangat menyadari potensi yang dimilikinya. Sehingga bergerak dengan cepat dengan membangun infrastruktur penunjang wisata. Kemudian juga memberikan pelatihan khusus untuk masyarakat, guna penunjang sektor pariwisata tersebut. Dengan begitu, diharapkan potensi wisata tersebut bisa tergarap dengan baik.

Salah satu kendala besar yang masih belum teratasi adalah keberadaan saluran listrik. Kekayaan potensi wisata sejarah ini menjadi belum tergarap maksimal. Jadi setelah memperbaiki akses, kebutuhan listrik akan menjadi fokus dalam pembenahan infrastruktur.

Memang sebagian besar objek wisata di Provinsi Bangka Belitung masih terkendala dengan listrik. Sehingga permasalahan penerangan terutama pada malam hari menjadi permasalahan besar. pemerintah setempat menargetkan satu hingga dua tahun ke depan, permasalahan listrik bisa sudah teratasi. Dengan begitu, Wisata Sejarah Unggulan bisa berkembang baik dan semakin banyak diminati wisatawan.


Komentar