Strategi Jogja Populerkan Potensi Wisata

Strategi Jogja Populerkan Potensi Wisata
Selain dikenal sebagai tujuan belajar, Jogja juga populer sebagai destinasi wisata memikat. Keunikan budaya, sejarah, pemandangan alam yang menakjubkan dan keramahan masyarakat lokal menjadi kelebihannya. Tak hanya turis domestik saja yang selalu membanjiri, turis asing juga tak henti berdatangan dari berbagai negara. Kondisi ini tidak menjadikan pemerintah setempat berhenti berusaha, untuk terus meningkatkan potensi pariwisatanya. Apa strategi Jogja populerkan potensi wisata?


Terus Berupaya Agar Jogja Semakin Mendunia

Strategi Jogja Populerkan Potensi Wisata
Besarnya kunjungan wisatawan sebagai bukti kalau Jogja sangat menarik untuk dikunjungi. Dinas Pariwisata DIY memiliki rencana unggulan, agar bisa terus mengembangkan potensi pariwisata di tahun ini. Gubernur DIY mempunyai konsep “Bringing Yogyakarta to The World and Bringing The World to Yogyakarta. Jadi dengan kebijakan itu, diharapkan Yogyakarta akan semakin mendunia.

Wilayah pronvinsi DIY memang tidak besar, tapi menyimpan keanekaragaman wisata yang menarik dan melimpah. Seperti wisata budaya, wisata minat khusus, wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah dan lain sebagainya. Agar tujuan wisata tidak monoton, maka pemerintah dengan menggandeng masyarakat berupaya mengembangkan berbagai destinasi wisata menarik. Sehingga semakin banyak tujuan wisata, saat wisatawan berada di kawasan Yogyakarta.

Mengembangkan Destinasi Wisata Baru

Strategi Jogja Populerkan Potensi Wisata
Untuk itu Dinas Pariwisata setempat menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar, agar bisa mengembangkan objek wisata yang belum dikenal. Kemudian mempromosikannya sebagai tujuan wisata alternatif yang tak kalah unik dan cantik. Pemberdayaan masyarakat sekitar, dengan membuat Kelompok Sadar Wisata. Sehingga bisa mengelola objek wisata dengan baik di wilayahnya. Seperti yang dilakukan di Kawasan Ekowisata Gunung Purba Nglanggeran.

Sejumlah kawasan wisata lain yang tengah dalam tahap pengembangan lainnya adalah Banjar Oyo, Puncak Suroloyo dan kebun teh Nglinggo di kawasan Kabupaten Kulonprogo. Biasanya untuk menuju kawasan wisata baru terkendala oleh akses jalan yang kurang memadai. Seperti berkelok-kelok dan sempit. Sedangkan kanan kiri jalan adalah jurang dalam yang sangat berbahaya.

Membina Masyarakat Dan Bekerjasama Dengan Investor

Strategi Jogja Populerkan Potensi Wisata
Bersama masyarakat dan pihak lain, pemerintah semakin optimal dalam mengembangkan potensi pariwisata. Dinas Pariwisata DIY juga turut meningkatkan fasilitas wisata, seperti membangun tempat parkir yang aman dan nyaman, serta membangun toilet. Dengan begitu, akan menarik semakin banyak investor untuk membangun restoran, homestay dan sebagainya. Sebagai penunjang fasilitas kawasan wisata. Itulah setidaknya strategi Jogja populerkan potensi wisata.




Komentar