Senangnya Bulan Madu Di Pulau Maratua

Senangnya Bulan Madu Di Pulau Maratua
Pulau Maratua adalah salah satu pulau terluar Indonesia. Bisa menjejakkan kaki di pulau ini merupakan kebanggaan dan pengalaman istimewa. Pulau ini berada di Berau, Kalimantan Timur. Gerombolan ikan hias akan memikat Anda sesampainya di dermaga. Sambutan ini membuat siapa saja, semakin tertarik untuk menelusuri keindahan pulau ini. Seperti apa pesona yang disuguhkan?


Wisatawan Akan Disambut Ikan Hias Cantik

Senangnya Bulan Madu Di Pulau Maratua
Air lautnya sangat jernih, sehingga wisatawan bisa sepuasnya menikmati  cantiknya ikan julung-julung, ikan badut dan beragam jenis ikan hias lainnya. Kalau sedang beruntung bisa sekalian melihat penyu langka yakni penyu hijau. Kedalaman laut di tepian pantai hanya berkisar satu meteran saja. Jadi sangat nyaman dan aman bermain di tepian pantainya.

Terdapat dermaga dengan panjang sekitar 20 meter yang terhubung dengan sejumlah restoran dan penginapan. Uniknya semua bangunannya terbuat dari kayu. Sangat banyak dermaga di pulau ini, tapi sebagian besar orang paling suka melintasi dermaga bernama Maratua Paradise. Karena keindahan yang ditawarkan lebih memikat. Tak heran lebih dipilih sebagai akses memasuki pulau cantik ini.

Setidaknya ada 13 pulau kecil yang terletak di Kabupaten Berau, Pulau Maratua dan Pulau Sambit adalah dua diantaranya. Secara keseluruhan di wilayah NKRI terdapat 92 pulau kecil. Sebanyak 31 pulau kecil itu sudah berpenghuni. Maratua semakin populer sebagai destinasi wisata yang mempesona.

Luas daratannya mencapai 384,36 Kilometer persegi. Sedangkan luas perairannya 3.735,18 kilometer persegi. Maratua juga berbatasan langsung dengan negara Filipina dan Malaysia. Suku Bajau yang menganut agama Islam merupakan penduduk asli pulau ini. Warga pendatang kebanyakan berasal dari Kutai, Jawa dan Makassar. Sebagian besar mata pencaharian penduduknya sebagai nelayan.

Pulau Maratua Ibarat Surga Yang Jatuh Ke Bumi

Senangnya Bulan Madu Di Pulau Maratua
Maratua ibarat surga yang jatuh ke bumi. Berdasarkan survei yang digelar tahun 2003 silam, pulau ini menyimpan 206 spesies terumbu karang. Sehingga perairan Maratua menjadi ekosistem sebanyak 257 spesies ikan karang. Terumbu karangnya tumbuh tidak lebih dari kedalaman 17 meter di bawah permukaan air laut. Ikan hias dengan corak dan warna memikat adalah penghuni terbanyak di perairannya. Seperti ikan badut, ikan betok, ikan layaran, ikan kakaktua dan ikan hias lainnya.

Dengan populasi ikan hias tersebut, menjadikannya sebagai spot diving dan snorkeling favorit para wisatawan lokal dan mancanegara. Tak hanya bisa dijumpai beragam ikan hias, Anda juga bisa menemukan ikan yang bisa menjadi santapan lezat. Ikan itu seperti ikan ekor kuning, ikan baronang, ikan kakap, ikan kerapu dan ikan lainnya.

Sistem pertahanan alamiah dimiliki oleh pulai ini, dengan adanya tumbuhan mangrove. Ekosistem mangrove dan vegetasi pantainya luasnya mencapai 369 hektar. Sehingga masuk dalam kategori bagus. Dengan luas ekosistem itu, tumbuh sebanyak 16 spesies mangrove yang bisa bertahan hidup di segala jenis tanah.

Sayangnya di tahun 2013, wilayah konservasi menyusut menjadi sekitar 285 hektar saja. Karenanya pemerintah sangat menganjurkan warga Maratua untuk menangkap ikan dengan cara tradisional saja. Karena penggunaan racun ikan, bom ikan dan pukat raksasa, terbukti sangat merusak kelestarian biota lautnya. Kembali ke cara tradisional diyakini bisa memelihara alam lebih baik.

Cocok Untuk Berbulan Madu

Senangnya Bulan Madu Di Pulau Maratua
Keindahan laut dan alamnya, serta suasana nyaman membuat pulau ini sangat cocok menjadi tempat istimewa untuk berbulan madu. Lokasinya tidak berjauhan dengan Derawan. Dengan naik speed boat hanya diperlukan waktu satu jam saja. Kalau Anda datang dari Jakarta, bisa singgah di Tarakan atau Pelabuhan Tanjung  Redep, sesudah Anda berada di Bandara Kalimarau, Berau.

Karena terletak di pulau terluar, memang untuk mengaksesnya tidak mudah. Tapi semua kendala akan terbayar setibanya di pulau cantik ini. Anda mungkin ingin langsung menyelami keindahan alam bawah lautnya, befoto-foto dan sebagainya. Hamparan lautnya yang biru semakin membuat siapa saja betah berada di pulau ini. Pilihan resort yang nyaman di Pulau Maratua, semakin memanjakan pasangan Anda.


Komentar