Panduan Penting Saat Mengunjungi Istana Ratu Boko

Panduan Penting Saat Mengunjungi Istana Ratu Boko
Saat melancong ke Jogja ada banyak bangunan peninggalan era kerajaan yang sangat eksotis. Salah satunya adalah Istana Ratu Boko. Sekilas desainnya mirip dengan candi, layaknya Candi Prambanan. Padahal bangunan tersebut adalah bekas kompleks istana. Lokasinya juga populer sebagai tempat terfavorit untuk menikmati keindahan matahari tenggelam. Agar lebih puas dan berkesan dalam menikmati kecantikannya, apa saja yang harus diperhatikan saat mengunjunginya?


Kenali Pembagian Kompleks Istana Ratu Boko

Panduan Penting Saat Mengunjungi Istana Ratu Boko
Istana ini berada di atas perbukitan, sehingga Anda mendapatkan suguhan pemandangan sunset yang elok. Pemandangan kota Jogja dari ketinggian juga bisa dinikmati saat berada di istana ini. Suasananya juga bikin betah, karena sangat terjaga keasriannya. Sangat wajar sekali singgah di tempat ini akan ketagihan lagi untuk menikmati suasananya yang menyenangkan.

Kompleks istana ini terbilang sangat luas. Luasnya hingga 250 ribu meter persegi, dimana bangunan terbagi atas empat bagian. Bagian tersebut adalah sisi timur, tenggara, barat dan tengah. Informasi tersebut bisa didapatkan di papan informasi yang berada tidak jauh dari pintu masuk areal istana. Pada sisi tengah, Anda akan menjumpai gapura utama yang menjadi pintu masuk ke kompleks istana, candi pembakaran, paseban, kolam dan lapangan.

Berada di sisi tenggara, wisatawan akan menjumpai pendopo, sejumlah balai, kolam, tiga candi dan juga kompleks Keputren. Mengarah ke sisi timur akan ditemukan goa batu. Sedangkan di sisi barat dari kompleks Istana Ratu Boko ini hanya akan dijumpai kawasan perbukitan. Berada di bagian barat ini, Anda bisa menyaksikan kemegahan Candi Prambanan dari ketinggian.

Lindungi Diri Dari Terik Matahari

Panduan Penting Saat Mengunjungi Istana Ratu Boko
Kalau terpaksa harus menelusuri keindahan istana ini di siang hari, pastikan mengenakan pakaian yang sesuai. Sebaiknya memakai pakaian berbahan katun yang mudah menyerap keringat. Agar terhindar dari silau sinar matahari, disarankan untuk menggunakan kacamata hitam.

Untuk perlindungan kulit dari sengatan terik matahari, bisa menggunakan sandblock. Meskipun panas, tapi suasana di kompleks istana ini tetap asri. Kalau ingin melepas lelah bisa beristirahat di sejumlah gazebo yang telah disediakan pengelola.

Ketahui Tarif Tiket Masuknya

Panduan Penting Saat Mengunjungi Istana Ratu Boko
Pengelola objek wisata ini menyediakan dua kategori tiket. Kalau Anda tidak ingin menikmati sunset di Ratu Boko, cukup membayar tiket seharga 25 ribu rupiah saja. Harga tiket sudah termasuk tarif parkir kendaraan. Kategori tiket ini berlaku bagi wisatawan yang berkunjung dari pagi hingga jam 3 sore.

Sedangkan kalau Anda sengaja datang untuk menikmati sunset, bisa membeli tiket kategori kedua. Tarifnya memang lebih mahal ketimbang tiket reguler. Harganya mencapai empat kali lipat, yaitu 100 ribu rupiah. Kalau ingin bisa menyaksikan sunset dengan tarif hemat, bisa datang sebelum jam tiga sore. Tetapi Anda harus sabar berdiam di kawasan istana, sampai datangnya sunset.

Kompleks Istana Ratu Boko ini dikelola secara profesional oleh perusahaan swasta. Sejumlah fasilitas tersedia dengan memadai, dengan lingkungan yang bersih dan tertata rapi. Toilet yang rapi dan bersih menjadi buktinya. Anda juga bisa menemukan resto outdoor dan tempat pertemuan di sekitar objek wisata ini. Agar situs berharga ini tetap lestari, pastikan tidak melakukan aksi vandalisme saat mengunjunginya.


Komentar