Kelebihan Homestay Daripada Hotel

Kelebihan Homestay Daripada Hotel
Berada di kawasan wisata lebih lama tentunya sangat menyenangkan. Untuk itu, keberadaan penginapan sangatlah penting. Hotel, homestay dan sebagainya bisa dipilih dengan pertimbangan tertentu. Hotel biasanya menjadi pilihan, dengan alasan fasilitas, kenyamanan dan keamanan. Tetapi tidak semua destinasi wisata terdapat hotel. Homestay bisa menjadi alternatifnya. Apa saja kelebihan homestay dibandingkan dengan hotel?


Harga Relatif Lebih Terjangkau Dibandingkan Hotel

Kelebihan Homestay Daripada Hotel
Homestay ditawarkan dengan harga yang relatif lebih terjangkau daripada hotel. Tipe penginapan ini bisa saja memberikan pengalaman baru dan menarik, dibandingkan ketika menginap di hotel. Biasanya wisatawan keluarga atau rombongan sangat menyukai jenis penginapan tersebut. Suasana nyamannya menjadikan wisatawan serasa di rumahnya sendiri. Keunikan lainnya adalah tamu bisa berinteraksi dengan pemilik rumah atau homestay. Nilai lebih ini tidak dirasakan saat bermalam di hotel.

Tak Hanya Menginap, Tapi Bisa Berinteraksi Dengan Lingkungan Sekitar

Kelebihan Homestay Daripada Hotel
Menginap di homestay bisa memberikan tambahan pengalaman dan informasi berhubungan dengan kebiasaan penduduk lokal di daerah wisata. Wisatawan bisa sekaligus belajar mengenai living culture warga sekitar. Pengalaman baru ini pastinya membuat liburan semakin berkesan. Anda bisa mengetahui budaya, kuliner, mata pencaharian masyarakat sekitar dan sebagainya. Jadi keberadaan homestay tidak sekedar untuk menginap saja. Namun memberikan nilai plus bagi wisatawan.

Keuntungan atau kelebihan lainnya bisa saja dirasakan wisatawan. Saat ini semakin banyak daerah yang berbenah untuk memaksimalkan potensi wisatanya. Salah satunya menggiatkan warga sekitar untuk mengelola homestay dengan profesional. Mereka terus meningkatkan fasilitas dan pelayanannya. Supaya tamu merasa sangat nyaman dan meningkatkan tingkat hunian atau okupasinya.

Homestay Mudah Ditemukan Di Kawasan Wisata

Kelebihan Homestay Daripada Hotel
Homestay tidak hanya diminati wisatawan domestik saja, tapi juga oleh wisatawan mancanegara. Sebagai contoh yang terjadi di daerah Yogyakarta. Turis backpacker sangat menyukai jenis penginapan tersebut. Pemerintah sangat memahami kondisi tersebut. Sehingga melakukan pembinaan kepada masyarakat sekitar yang mempunyai bisnis homestay. Agar selalu meningkatkan kenyamanan dan fasilitasnya. Sehingga wisatawan merasakan kelebihan homestay.

Sebagai aksi nyatanya, pemerintah yang diwakili Dinas Pariwisata memberikan bantuan, seperti shower, kloset duduk agar bisa dipasang di homestay yang dikelola masyarakat di sekitar objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Alasan pemberian bantuan tersebut adalah karena tidak semua wisatawan bisa mandi memakai gayung. Dengan fasilitas itu akan menambah kenyamanan tamu. Pembinaan juga dilakukan pemerintah, untuk pengembangan diri pebisnis homestay tersebut.

Pelatihan juga diberikan seperti cara membuat paket wisata, cara penyajian makanan supaya nampak berkelas dan sebagainya. Pemerintah DIY memang sangat konsen dalam meningkatkan potensi pariwisata. Seperti pengembangan objek wisata Candi Ijo, dengan cara membangun amphitheater. Tujuannya supaya masyarakat sekitar yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai penambang batu bisa beralih sebagai pegiat wisata.

Itulah beberapa kelebihan homestay. Di sejumlah daerah  bahkan harus memesan homestay jauh-jauh hari, agar tidak kehabisan tempat karena ramainya pengunjung, terutama di waktu-waktu tertentu. Seperti saat liburan sekolah atau akhir pekan. Setiap tepat menawarkan sensasi dan suasana berbeda. Manakah tempat menginap yang akan Anda pilih? Hotel atau homestay? Semuanya tergantung dari kenyamanan dan budget liburan Anda.







Komentar