Destinasi Wisata Jember Alternatif Selain Pantai

Destinasi Wisata Jember Alternatif Selain Pantai
Jember sangat ternama dengan keberadaan pantainya yang cantik. Seperti Pantai Tanjung Papuma, Pantai Parayang dan Pantai Watu Ulo. Selain pantai, sebenarnya masih ada sejumlah destinasi wisata Jember lain yang layak untuk dikunjungi. Anda akan merasakan keseruan dan pengalaman berbeda. Apa saja tujuan wisata alternatif, saat berada di Jember?


Wisata Edukasi Di Puslit Kopi Dan Kakao

Destinasi Wisata Jember Alternatif Selain Pantai
Puslit atau pusat penelitian ini berada di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember. Tempat ini berdiri sejak 1911 dan menjadi satu-satunya pusat penelitian untuk kopi dan kakao di Indonesia. Anda bisa belajar proses pengolahan kakao dan kopi, mulai dari cara pembibitan, pengolahan sampai dengan menikmatinya langsung hasil produksinya, seperti permen, cokelat, minuman hingga es krim.

Wisatawan juga bisa mengelilingi kawasan kebun dengan luas mencapai 160 hektar. Anda bisa melihat langsung pohon kopi dan aktivitas para petaninya. Befoto-foto di tempat ini juga diperbolehkan. Kalau tertarik mengunjungi tempat ini, dianjurkan untuk datang bersama kelompok. Kemudian mengajukan izin ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao dan Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Jember.

Mengunjungi Kampung Wisata Tanoker Ledokombo

Destinasi Wisata Jember Alternatif Selain Pantai
Tanoker Ledokombo merupakan kampung wisata belajar yang berada di Kecamatan Ledokombo. Selama berada di kampung tersebut, wisatawan bisa menjajal berbagai permainan tradisional, seperti permainan egrang. Aneka kuliner lezat yang diolah warga Tanoker juga sangat menggoda untuk dinikmati. Wisatawan bisa mencicipi lezatnya kue lapis batik, puding pepaya, apem kuah, pastel bakar dengan isian pepaya dan kuliner nikmat lainnya.

Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan anak-anak setempat. Wisatawan bisa belajar egrang dengan anak-anak itu. Sebagai buah tangan, Anda bisa membeli kerajinan tangan hasil kreasi warga dan anak-anak. Kerajinan itu seperti aksesoris, tas dan beragam pernak-pernik lainnya. Lokasi Tanoker Ledokombo berada di Jalan Kantor Polisi, Simpang Tiga Desa Ledokombo. Kawasan ini masuk dalam Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember.

Bersantai Di Cafe Dan Rest Area Gumitir

Destinasi Wisata Jember Alternatif Selain Pantai
Tempat ini berada di pinggiran jalan Jember-Banyuwangi. Lokasinya berada di 624 mdpl. Sebenarnya kawasan ini merupakan tempat istirahat pengemudi, yang sedang menempuh perjalanan menuju Banyuwangi atau Jember. Namun pemandangan yang disuguhkan dan aneka kuliner yang ditawarkan, menjadikan tempat peristirahatan ini menjadi istimewa. Sangat wajar kalau destinasi wisata Jember ini menjadi favorit wisatawan.

Aneka kuliner lezat bisa dinikmati, seperti nasi goreng gumitir, mie gumitir, sop iga, ayam goreng laos dan menu lezat lainnya. Seduhan kopi robusta dan arabica juga semakin melengkapi saat bersantai. Tidak itu saja, sambil menikmati kopi dan hidangan lainnya, Anda akan ditemani pemandangan perkebunan teh dan kopi yang pastinya sangat cantik.

Beragam atraksi wisata juga terdapat di halaman cafe dan rest area tersebut. Pengunjung bisa bermain flying fox, berfoto dengan kursi kayu raksasa, berfoto di Terowongan Mrawan. Terowongan tersebut adalah yang terpanjang di Indonesia. Cafe dan rest area ini beroperasi dari hari Minggu hingga Jumat pada jam 6 pagi sampai 9 malam. Sedangkan hari Sabtu beroperasi dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam.

Menikmati Kopi Di Kafe Kolong

Destinasi Wisata Jember Alternatif Selain Pantai
Sensasi lain menikmati minuman kopi bisa didapatkan di Kafe Kolong. Kafe ini berada di kolong jembatan di Jalan Mastrip. Anda bisa bersantai sembari menikmati aneka minuman kopi yang ditawarkan. Untuk menemani minum kopi, berbagai makanan ringan bisa menjadi pilihannya. Seperti mi instan, tahu goreng renyah, pisang goreng renyah, kentang goreng renyah dan sebagainya.

Keunikan lain dari kafe ini adalah Anda bisa sekaligus alunan musik dan kawula muda yang bernyanyi bersama. Anda bisa ikuti memainkan alat musik akustik yang sudah disiapkan pengelola. Kafe Kolong ini sudah beroperasi sejak jam 6 sore hingga jam 2 pagi. Sudah terbayang keseruannya? Inilah sejumlah destinasi wisata Jember alternatif, yang sayang dilewatkan.




Komentar