Pesona Cantik Curug Setawing Di Kulonprogo

Pesona Cantik Curug Setawing Di Kulonprogo
Berlibur ke Kulonprogo rasanya belum lengkap, kalau belum menikmati keindahan alam dan kesegaran air terjunnya. Salah satu yang menjadi favorit traveler adalah Curug Setawing. Meskipun terbilang baru dikelola secara profesional oleh warga setempat, tetapi namanya kian populer. Wajar saja, kalau semakin ramai saja dikunjungi para wisatawan yang datang dari berbagai kota. Penasaran ingin segera menikmati kecantikan dan udaranya yang sejuk?

Akses Jalan Curug Setawing

Pesona Cantik Curug Setawing Di Kulonprogo
Bagi Anda yang gemar basah-basahan, objek wisata ini sangat cocok melengkapi liburan. Keindahan alam di sekitarnya menjadi spot foto yang sungguh menawan. “Setawing” berasal dari bahasa Jawa dari perpaduan kata “Se” atau Satu dan “Tawing” atau Tebing. Air terjun ini memang mengalir dari satu tebing, dengan ketinggian mencapai 45 meter. Sudah kebayang ya keindahan yang disuguhkan air terjun ini?

Curug atau air terjun cantik ini berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Provinsi Yogyakarta. Lokasinya tepat di sisi belakang Pasar Jonggrangan. Akses jalannya sangat bagus dan mudah dijangkau, kalau Anda sudah tiba di pusat kota Jogja. Kalau sudah berada di kawasan Tugu Jogja, tinggal ambil jalan lurus ke arah Barat. Sesampainya di perempatan Ring Road Barat Demak Ijo, terus ke Barat mengikuti sepanjang Jalan Godean.

Perjalanan dilanjutkan hingga Pasar Godean hingga melintasi Jembatan Sungai Progo. Kemudian sampai di perempatan Nanggulan, terus ke Barat yang mengarah ke Pegunungan Menoreh Kulonprogo. Anda bisa terus melanjutkan perjalanan, dengan mengikuti jalan besar, hingga sampai di sebuah pertigaan  dan mengambil arah kanan. Setibanya di kawasan Pasar Jonggrangan, Anda akan menemukan papan petunjuk. Sehingga perjalanan akan lebih mudah hingga lokasi Curug Setawing.

Sesampainya di tempat parkir wisata, pengunjung akan melewati jalan setapak yang sudah dicor semen. Jaraknya kurang lebih 100 meteran saja. Kondisi jalannya relatif nyaman dan teduh. Sehingga perjalanan menuju curug tidak terasa lelah dan justru sangat menyenangkan. Suasana jalan terasa teduh, karena dikelilingi pepohonan. Biasanya tidak sampai 10 menit sudah sampai di lokasi air terjun.

Indahnya Curug Setawing

Pesona Cantik Curug Setawing Di Kulonprogo
Sesampainya di lokasi curug, Anda akan merasakan kesegaran dan keindahan pesonanya. Batuan tebing tersusun dari batuan gamping dengan warna kuning keemasan. Airnya jatuh dengan lembut, menjadikannya semakin cantik. Uniknya lagi di sekeliling air terjun sudah dibuat taman dengan konsep bernuansa alam pedesaan. Wisatawan akan menemukan deretan bangku bambu dan gazebo. Sangat cocok digunakan untuk duduk bersantai, sembari menikmati keindahan air terjun.

Keindahan curug ini terlihat pada tebing tanah yang berongga dan mengeras, karena dilintasi air dalam waktu lama. Sehingga terbentuk juga stalagmik dan stalagtik unik dan menarik. cucuran airnya semakin melebar di bagian bawah dan mirip tirai cantik. Di bagian bawah terdapat satu rongga relatif besar mirip gua. Sehingga pengunjung bisa masuk ke dalamnya. Sejak dibuka sejak Januari 2015 dan dikelola oleh masyarakat Jatimulyo, objek wisata ini semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi curug ini adalah ketika musim hujan. Karena saat musim kemarau, debit airnya akan berkurang. Biaya parkir kendaraan dan biaya masuk sangat terjangkau, bahkan seikhlasnya. Sambil menikmati keindahan Curug Setawing, wisatawan bisa menikmati kuliner yang dijajakan di sekitar curug. Tidak jauh dari kawasan air terjun ini, Anda juga bisa mengunjungi curug menarik lainnya. Seperti Curug Grojogan Sewu, Curug Sigembor, Curug Grojogan Mudal, Curug Kembang Soka dan Curug Kedung Pedut. 

Komentar