2 Festival Menarik Digelar Di Alor September Ini

2 Festival Menarik Digelar Di Alor September Ini
Sudah punya tujuan liburan di bulan September ini? Kalau belum, mengunjungi kawasan Kabupaten Alor di Nusa Tenggara Barat bisa menjadi tujuan seru dan menyenangkan. Pada bulan tersebut, pemerintah setempat bekerjasama dengan Way 2 East Indonesia akan mengadakan dua festival sekaligus. Festival Bahari Alor 2015 akan digelar 16-18 September. Sedangkan pada 15-20 September akan diselenggarakan Festival Adventure Indonesia.


Menikmati Kemeriahan Festival Di Alor

2 Festival Menarik Digelar Di Alor September Ini
Festival Bahari Alor digelar sebagai wujud rasa cinta masyarakat Alor terhadap alam baharinya. Ada empat acara yang akan digelar dalam festival tersebut, yaitu Gala Dinner di Pantai Batu Putih, Lomba Foto Bawah Laut, Gala Soro dan Pou-Hari. Acara Gala Soro merupakan salah satu yang sangat menarik. 

Dalam even tersebut akan dihadirkan 100 kapal tradisional yang hampir punah sekitar satu hingga dua abad silam. Seluruh kapal nantinya akan mengarah ke Pantai Sebanjar. Gala Soro adalah bentuk pesta perayaan atas kemenangan perang antar pulau di kawasan Alor.

Sedangkan dalam Festival Adventure Indonesia 2015 ini akan digelar lima acara. Agenda itu adalah tur budaya, fotografi, bersepeda, mendaki gunung dan diving. Festival kali ini merupakan tahun kedua, dimana tahun sebelumnya sudah pernah digelar di Lembata. Aktivitas diving akan dilakukan di sekitar kawasan Pulau Pantar, Ternate dan Kepa. Pendakian gunung akan terasa berbeda, karena bisa menyaksikan pasir putih saat menuruni gunung dan juga pasir panas yang terletak di kaki gunung.

Setidaknya Pemerintah Daerah Kabupaten Alor saat ini sudah menyiapkan 14 destinasi, seperti Desa Luba, Desa Takpala, Desa Kobala/Monbang, Pulau Buaya, Pulau Pura, Gunung Sirung, Pulau Ternate, Pulau Kepa, Pantai Batu Putih, Pantai Deere, Pulau Sikka, Pantai Maimol dan Kota Kalabahi. Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata sangat mendukung festival yang digelar di Alor tersebut. Baginya kawasan tersebut memang sangat unik dan mempunyai potensi pariwisata yang bagus.

Keindahan Dan Keunikan  Alor Yang Sayang Dilewatkan

2 Festival Menarik Digelar Di Alor September Ini
Alor memang mempunyai keindahan yang sangat khas. Kebudayaan, sumber air panas, pegunungan, alam bawah laut dan pantai pasir putih yang menawan menjadi daya tarik wisatanya. Konsevasi Perairan Nasional Alor mempunyai kawasan hingga 400.080 hektar. Berbagai wahana wisata bahari yang menarik bisa ditemukan, seperti memancing, diving, snorkeling dan sebagainya. Bahkan kawasan ini menjadi kawasan percontohan oleh Kementrian Perikanan dan Kelautan pada tahun 2013 silam.

Tidak hanya disuguhi keindahan alam perairannya, wisatawan juga bisa menyaksikan keunikan budayanya. Seperti wisata budaya dengan menyaksikan kehidupan di berbagai desa adat, yang bisa ditemukan di Kampung Tradisional Takpala. Anda bisa mengunjungi Museum 1000 Moko yang berada di Jalan Diponegoro Kalabahi. Pada museum tersebut bisa disaksikan berbagai peninggalan Moko. Alor juga terkenal dengan kain tenun khasnya yang dinamakan Kwate.

Akses Menuju Alor

2 Festival Menarik Digelar Di Alor September Ini
Untuk menuju kawasan Alor, bisa menempuhnya melalui jalur udara. Mulai dari Jakarta menuju Kupang. Setelah mendarat di bandara El Tari Kupang, perjalanan dilanjutkan dengan terbang ke bandara Mali yang berada di Kota Kalabahi sebagai ibukota Alor. Sayangnya, hanya beberapa maskapai penerbangan saja yang menyediakan jalur tersebut. 

Kalau ingin melalui jalur laut, dari Kupang bisa menuju Pelabuhan Kalabahi. Menempuh jalur laut ini, Anda bisa menggunakan kapal kargo, kapal niaga, kapal penumpang dan perahu. Sejumlah moda transportasi laut tersebut mempunyai jadwal operasional dari Kalabahi menuju berbagai desa yang berada di kawasan Alor.



Komentar