Inilah Kebun Binatang Terbaik Di Asia, Salah Satunya Batu Secret Zoo

Inilah Kebun Binatang Terbaik Di Asia, Salah Satunya Batu Secret Zoo
Kebun binatang menjadi salah satu pilihan untuk mengisi liburan bersama keluarga dan orang terkasih. Sayang terkadang suasananya tidak nyaman, karena tidak terjaga kebersihan lingkungannya. Namun tidak semuanya sama, karena kebersihan menjadi perhatian penting pengelola kebun binatang. Setidaknya ada empat kebun binatang di ASEAN yang bisa diteladani karena kebersihannya.

Tidak hanya terjaga kebersihannya, seluruh hewan yang dikoleksinya juga nampak sangat sejahtera. Apa saja kebun binatang tersebut, yang ternyata masuk dalam “10 Kebun Binatang Terbaik di Asia” bersumber dari Traveller's Choice Awards 2015 dari TripAdvisor? Kira-kira apakah salah satu kebun binatang di Indonesia, termasuk di dalam daftar tersebut?

Singapore Zoo di Singapura

Batu Secret Zoo, Kebun Binatang Terbaik Di Indonesia
Kebun binatang ini sudah dikenal sangat terawat dan bersih. Padahal tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Setidaknya dalam setahun dikunjungi oleh 1,6 juta wisatawan, yang datang dari beragam negara. Luar biasanya tidak ditemukan sampah sedikit pun berserakan di kawasannya. Semua hewan yang dipelihara juga nampak sangat sehat dan sejahtera. Tidak pernah terdengar ada hewan mati, karena diberikan makanan sembarangan oleh pengunjung atau ditelantarkan oleh pengelolanya.

Kerennya lagi terdapat pembagian area pada kandang satwa. Sistem yang diterapkan sesuai dengan ciri khas hewannya. Seperti Gibbon Island, Reptile Garden, Frozen Tundra, Wild Africa sampai dengan zona Australia. Dengan pembagian yang jelas tersebut, maka sangat mempermudah pengunjung. Bisa disesuaikan dengan satwa yang ingin dilihatnya. Singapore Zoo mempunyai luas 26 hektar. Pengelolaan yang sangat profesional menjadikannya sebagai Kebun Binatang Terbaik di Asia.

Khao Kheow Open Zoo di Thailand

Batu Secret Zoo, Kebun Binatang Terbaik Di Indonesia
Lokasinya berada di 25 Kilometer dari pusat Kota Srirancha. Dengan luas mencapai 800 hektar, menjadikannya sebagai kebun binatang terluas di dunia. Hebatnya kawasan yang sangat luas itu, tidak terdapat sampah berserakan. Berada di tempat ini semakin betah, karena tidak hanya bersih dari sampah saja, tapi disuguhi juga dengan pemandangan yang indah dan asri. Jumlah satwanya mencapai 2.800 ekor dari beragam jenis satwa.

Sejak berdiri di tahun 1978, Khao Kheow Open Zoo sudah menjadi favorit bagi turis lokal dan mancanegara. Sembari melihat aneka satwa, pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk khas daerah pegunungan. Area yang bisa dijelajahi, seperti Taman Rusa Savanna Afrika, Taman Kupu-kupu, Kompleks Kucing Besar, area parade penguin sampai kandang burung raksasa. Tata kelola yang profesional, patut menjadi contoh bagi kebun bintang lainnya.

Million Years Stone Park and Pattaya Crocodile Farm di Thailand

Batu Secret Zoo, Kebun Binatang Terbaik Di Indonesia
Di tempat tersebut Anda bisa menjumpai ratusan batu alam dengan berat mencapai 70 ton. Uniknya batu tersebut tersusun cantik dan menjadi taman indah. Luas kebun binatang di Kota Pattaya ini mencapai 28 hektar. Kebersihan selalu terjaga, dengan pemandangan menawan membuat siapa saja merasa sangat nyaman dan betah. Mengunjungi kawasan ini, Anda tidak akan menjumpai daun berserakan.

Traveler bisa berjalan kaki untuk menikmati keindahan suasana taman. Langsung menuju kawasan kebun binatang juga bisa menjadi pilihan. Keunikan kebun binatang ini, pengunjung bisa menyaksikan atraksi super menegangkan. Atraksi tersebut adalah buaya yang bergulat dengan pawangnya. Bahkan pawang berani sampai memasukkan kepalanya ke mulut buaya yang nampak sangat ganas. Pengalaman seru bisa Anda dapatkan, dengan mengunjungi lokasi wisata tersebut.

Batu Secret Zoo di Indonesia

Batu Secret Zoo, Kebun Binatang Terbaik Di Indonesia
Bagi yang belum sempat ke Singapura dan Thailand, bisa mendatangi Batu Secret Zoo yang tercatat dalam 10 Kebun Binatang terbaik di kawasan Asia. Kalau pengelolaan seluruh kebun binatang di Indonesia menerapkan cara yang profesional, pasti bisa menjadi favorit para wisatawan. Anda akan disuguhi pemandangan berbeda, dengan kebanyakan kebun binatang di tanah air. Kandang hewan, jalanan dan seluruh lingkungannya nampak sangat bersih. Menambah kenyamanan saat liburan di tempat ini.

Sejumlah hewan langka menjadi koleksi istimewa, seperti Landak albino, Kanguru albino, Lemur Madagaskar dan lain sebagainya. Pembagian kandang disesuaikan dengan zonanya. Sehingga memudahkan wisatawan dalam menemukan hewan yang disukainya. Tak heran dengan kelebihannya, kebun binatang ini tidak pernah sepi peminat. Pada hari biasa terlihat tetap ramai, apalagi saat liburan sekolah.








Komentar