5 Manfaat Kesehatan Dengan Mendaki Gunung

5 Manfaat Kesehatan Dengan Mendaki Gunung
Mendaki gunung bukan hanya aktivitas seru dan menantang saja. Tapi ternyata juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Bagi yang tidak pernah melakukannya, membayangkan jauhnya perjalanan saja sudah merasa lelah. Belum lagi dengan berbagai rintangan yang akan dihadapi. Tapi semuanya itu akan terbalas, keindahan yang tidak ada di perkotaan membuat ketagihan untuk sering mendaki gunung. Apa saja manfaat kesehatan dengan mendaki gunung?


Mencegah Osteoporosis

Pengeroposan tulang atau osteoporosis terdiagnosa karena tulang semakin rapuh dan keropos. Penyakit ini seringkali menyerang kaum wanita. Dikarenakan kadar kalsiumnya tidak mencukupi, termasuk tingkat kepadatan tulang yang rendah. Berjalan kaki saat mendaki gunung tidak hanya membantu dalam pencegahan osteoporosis, tapi sekaligus meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu, kehilangan kalsium juga bisa dicegah dan tulang berkembang semakin sehat dan kuat.

Efektif Menurunkan Berat Badan

Saat mendaki gunung Anda akan berhadapan dengan jalur pendakian dengan medan bervariatif. Anda akan melawati rute jalanan setapak yang menanjak dan menurun. Dengan melewati segala rintangan tersebut, Anda akan mendapatkan bonus sehat, karena kalori akan terbakar dari 240 sampai 270 kalori setiap jamnya. Jadi bagi Anda yang sedang menjalani program diet, bisa mencoba hiking untuk mendapatkan suasana yang berbeda. Apalagi kalau sudah bosan dengan aktivitas jogging, lari atau bersepeda dengan pemandangan yang sama.

Mencegah Dan Mengendalikan Diabetes

Riset ilmiah membuktikan kalau hiking bisa membantu menekan risiko seseorang terserang penyakit diabetes tipe 2. Termasuk dalam tahapan mengendalikan kondisi penderita diabetes. Walaupun mendaki gunung bukanlah obat untuk pasien diabetes tipe 1, namun bisa membantu juga dalam mengurangi kebutuhan insulin.  Aktivitas hiking yang dikolaborasikan dengan gaya hidup sehat, terbukti secara sangat efektif bagi pemulihan penderita diabetes.

Meringankan Radang Sendi

Bagi penderita arthritis atau radang sendi, terutama di daerah lutut mungkin akan kesulitan saat melakukan aktivitas pendakian gunung. Tetapi penderita penyakit persendian yang pasif atau tidak pernah menggerakkan fisiknya, justru semakin memperburuk kondisinya. Mendaki gunung bisa menjadi pilihan dalam meningkatkan otot kaki dan lainnya. Agar tidak begitu berat, bisa mulai mendaki gunung yang tidak begitu tinggi.

Baca juga Menikmati Panorama Gunung Andong (Cocok bagi pemula)

Mencegah Serangan Penyakit Jantung

Mendaki gunung merupakan bentuk latihan kardiovaskular.  Sehingga sangat membantu dalam meningkatkan kekuatan jantung dan kesehatan secara keseluruhan.  Tak hanya itu manfaatnya, karena hiking secara efektif membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Kolesterol baik itu memiliki fungsi sebagai perlindungan dari serangan kolesterol buruk yang bisa mengakibatkan penyumbatan di pembuluh darah arteri dan mengakibatkan penyakit jantung. Dengan begitu, sangat penting untuk mendapatkan manfaat kesehatan dengan mendaki gunung tersebut.





Komentar