Tips Saat Menyantap Hidangan Kepiting

Tips Saat Menyantap Hidangan Kepiting
Tips Saat Menyantap Hidangan Kepiting
Menikmati kepiting mungkin merepotkan, karena harus berjuang memecah cangkang padahal dagingnya hanya sedikit. Tapi rasanya yang manis dan nikmat dan kelembutan dagingnya membuat banyak pecinta kuliner ketagihan. Supaya lebih nikmat saat menikmatinya, berikut ini beberapa tips ketika menyantap kepiting yang bisa diterapkan.

Menyiapkan Meja Makan
Sangat disarankan untuk melapisi meja makan dengan kertas, plastik bersih, kain dan bahan lainnya. Tujuannya agar bumbu masakan kepiting yang menetes tidak membuat meja makan kotor dan berbau amis. Alas atau lapisan tersebut juga memudahkan dalam membuang cangkang kepiting. Setelah makan bisa langsung melipatnya dan membuatnya ke tempat sampah.
Hindari Memakai Baju Putih
Mengenakan pakaian berwarna putih tidak dianjurkan saat menyantap kepiting. Karena kuah dan bumbu masakan kepiting mudah melekat pada pakaian. Noda tersebut tentunya membuat Anda kerepotan dalam mencucinya. Kalau Anda menyantap hidangan di kepiting menjadi lebih kerepotan, karena harus segera mengganti baju kalau masih ada aktivitas lainnya. Disarankan mengenakan baju berwarna gelap. Solusi yang lebih tepat lagi adalah memakai celemek makan. Sehingga semua bumbu, kuah masakan dan sebagainya tidak langsung mengenai baju Anda.
Tidak Perlu Menggunakan Sendok Dan Garpu
Menikmati kelezatan kepiting sangat merepotkan, kalau harus memakai sendok dan garpu. Anda bisa mengandalkan tangan, gigi dan alat pemecah cangkang yang biasanya disediakan restoran. Bagian dada cangkangnya lebih lembut, sehingga dengan mudah dibuka dan langsung menyantap kelezatan dagingnya. Sedangkan capit bisa dinikmati belakangan.
Biasanya untuk memecahkan cangkangnya, lebih mengandalkan gigitan. Tapi bisa juga memanfaatkan alat pemecah yang disediakan. Di restoran tertentu, biasanya menyediakan jasa untuk membantu memecahkan cangkang keras dari kepiting. Anda bisa memanfaatkan jasanya atau cukup mengandalkan kekuatan gigi Anda.
Biasanya semakin Anda sering menyantap hidangan kepiting, maka semakin terbiasa. Sehingga kesulitan tidak dijumpai lagi. Berbagai kerepotan itu seperti sudah dianggap biasa dan menjadi kenikmatan tersendiri dalam menyantap kepiting. Menikmati kepiting memang identik dengan tangan kotor dan bau amis, tapi kelezatan daging kepiting hal itu tak lagi dipikirkan.
Kalau Anda ingin memasak sendiri atau memesannya di restoran, pastikan kepiting yang akan diolah masih dalam keadaan hidup atau masih segar. Karena kalau sudah mati, kesegarannya masih sudah hilang. Sehingga mengurangi kenikmatan citarasanya. Agar tidak salah pilih Anda bisa mengikuti berbagai tips memilih kepiting untuk hidangan lezat yang juga diulas di blog ini.


Komentar