Tips Mengatasi Dan Mencegah Jet Lag

Tips Mengatasi Dan Mencegah Jet Lag
Tips Mengatasi Dan Mencegah Jet Lag
Perbedaan zona waktu yang lumayan jauh bisa mengakibatkan jet lag. Keseruan liburan menjadi terganggu, karena permasalahan tersebut. Banyak waktu yang hilang sia-sia, karena Anda harus menghabiskan waktu lebih banyak untuk beristirahat. Supaya siklus tubuh bisa menyesuaikan dengan waktu setempat. Bagaimana tips mengatasi jet lag, agar liburan Anda semakin seru dan menyenangkan?

Tips Mengatasi Jet Lag

Tips Mengatasi Dan Mencegah Jet Lag
Berbagai cara dipercaya sangat efektif dalam mengatasi kondisi jet lag. Sehingga perjalanan Anda bisa lebih nyaman dan menyenangkan. Apa saja langkah efektif yang bisa dilakukan?

·         Menjaga Kebugaran Tubuh.  Sebelum bepergian menempuh jarak yang jauh, pastikan tubuh sedang dalam kondisi sehat dan bugar. Sehingga tubuh tetap segar, walaupun harus berhadapan dengan penyesuaian zona waktu.
·         Selalu Bergerak Lebih Aktif. Sebaiknya menghindari  berdiam diri di dalam kamar hotel terlalu lama. Lebih baik banyak bergerak dengan melakukan berbagai aktivitas menarik di lingkungan hotel atau mencari tempat nyaman lainnya di sekitar hotel. dengan begitu tanpa disadari Anda bisa melupakan zona waktu dari negara asal. Sehingga proses penyesuaian tubuh dengan zona waktu setempat juga akan berlangsung lebih cepat.
·         Menikmati Pijat. Biasanya hotel memberikan fasilitas pijat dan spa. Manfaatkan fasilitas tersebut, karena dengan relaksasi tersebut tubuh akan merasa lebih rileks. Sehingga terasa semakin segar dan bugar dan siap untuk menjalankan berbagai aktivitas lainnya.
·         Konsumsi air putih. Agar tubuh tidak mudah terkena dehidrasi dan kelelahan, sangat disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih lebih sering.
·         Berolahraga. Anda bisa melakukan berbagai aktifitas fisik untuk mengembalikan ritme alami tubuh. Berjalan kaki bisa diterapkan sebagai cara yang mudah dan menyehatkan.

Tips Mencegah Jet Lag

Tips Mengatasi Dan Mencegah Jet Lag
Saat dalam penerbangan jarak jauh, sangat disarankan untuk melakukan peregangan di berbagai bagian tubuh. Seperti kaki, pinggang, tangan, punggung dan juga leher. Lakukan cara tersebut, tapi jangan sampai mengganggu penumpang lainnya. Jangan lupa juga untuk rajin mencuci tangan, terutama setelah beraktivitas ke kamar mandi. Agar tubuh bisa terhindar dari serangan kuman dan virus. Sebaiknya juga selalu menggunakan alas kaki ketika sedang berada di dalam pesawat.

Jet lag tidak semata-mata karena waktu penerbangan yang sangat lama. Tapi karena banyaknya zona waktu yang harus dilintasi, dengan demikian bisa mengakibatkan gangguan terhadap ritme alami tubuh atau circadian rhythm. Riset dari NASA mengungkapkan, kalau di setiap zona waktu yang dilewati, seseorang akan memerlukan waktu minimal 1 jam, guna pemulihan ritme tubuh dan juga level energinya.

Serangan jet lag bisa mengakibatkan berbagai keluhan, seperti  mengantuk di pagi hari, merasakan keadaan sangat lemas, kesulitan tidur bahkan sudah larut malam, pusing, mual, disorientasi dan bahkan kesulitan dalam berkonsentrasi. Apa saja tips yang bisa diterapkan untuk mencegah jet lag menyerang Anda?

·         Mengatur Waktu Tidur. Terutama beberapa hari sebelum Anda melakukan perjalanan. Termasuk menyesuaikan pola yang akan dihadapi pada destinasi yang akan dituju.
·         Mengatur jam saat awal penerbangan bisa membantu dalam penyesuaian diri dengan zona waktu yang akan dituju.
·         Memperbanyak Konsumsi Air Putih. Sebelum berangkat dan ketika pesawat sudah tinggal landas. Suhu udara di dalam kabin pesawat sangat kering. Sehingga memudahkan seseorang mengalami dehidrasi. Padahal kondisi dehidrasi sangat efektif dalam menyebabkan jet lag.
·         Menghindari konsumsi minuman beralkohol dan mengandung kafein. khususnya pada malam hari sebelum terbang. Karena efek dari alkohol dan kafein bisa berlipat ganda ketika terbang. Meskipun hanya mengkonsumsi dalam jumlah sedikit, tapi efeknya tetap bisa dirasakan selama perjalanan.
·         Mencukupi Kebutuhan TidurKalau waktu di daerah tujuan sudah menunjukkan kondisi malam, sebaiknya Anda tidur. Untuk mendukung tidur yang nyenyak, Anda bisa memanfaatkan alat bantu tidur. Agar bisa menghalau paparan cahaya atau meminimalisir keriuhan di dalam kabin pesawat. Alat bantu itu seperti penutup mata, earphone dan sebagainya.
·         Beraktivitas Saat Siang HariKalau waktu di destinasi sedang menunjukkan waktu siang, sebaiknya Anda terjaga. Dengan melakukan berbagai aktivitas agar tidak merasa bosan dan mengantuk. Seperti membaca novel atau bacaan lainnya, menonton film, mengobrol dengan penumpang lainnya atau berjalan untuk menyusuri kawasan lorong pesawat. Sirkulasi darah lebih lancar, kalau Anda sering melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki.
·         Bersantai Saat Baru Tiba Di TujuanLebih rileks di hari pertama setelah tiba di tempat tujuan. Kalau Anda akan singgah beberapa hari di destinasi tersebut, ada baiknya untuk lebih memanfaatkan hari pertama untuk mengembalikan ritme alami tubuh dengan bersantai. Anda bisa menjelajahi setiap sudut kota dengan berjalan kaki. Dengan aktifitas fisik ini sangat membantu dalam mencegah dan mengatasi jet lag.




Komentar