Tips Memaksimalkan Fungsi Google Map

Tips Memaksimalkan Fungsi Google Map
Tips Memaksimalkan Fungsi Google Map
Pengguna smartphone Android tentunya sangat familiar dengan fitur Google Maps. Berbagai keunggulan aplikasi peta ini, sangat mendukung berbagai aktivitas seperti saat bertraveling. Berbagai manfaat yang ditawarkan, seperti pencarian lokasi tertentu, menandai lokasi, navigasi dan sebagainya. Apa saja tips yang bisa diterapkan, agar fitur Google ini bisa sangat bermanfaat?


Menyimpan Lokasi Kerja Dan Rumah

Kedua lokasi tersebut paling sering didatangi, sehingga sangat tepat kalau menyimpannya dalam aplikasi tersebut. Dengan begitu Anda akan dibantu oleh Google, dengan memberikan petunjuk jalan yang paling cepat untuk dilalui. Cara penyimpanan ini sangat gampang, Anda bisa masuk ke menu setting di aplikasi tersebut. Selanjutnya menyimpan lokasi tempat kerja dan rumah Anda.

Mendapatkan Turn By Turn Navigasi Secara Cepat

Kalau Anda akan menuju tempat yang belum diketahui lokasi persisnya, Anda bisa memanfaatkan  menu Turn by Turn Navigasi. Fitur ini sangat membantu saat akan menemukan tempat baru dengan tepat dan cepat. Cara penggunaannya dengan mengetab tempat tertentu dan menahannya sejenak, kemudian memilih ikon transportasinya. Kemudian aplikasi ini langsung mengarahkan pada Turn by Turn Navigasi.

Memberikan Review Dan Rating Pada Tempat Tertentu

Google Maps akan memberikan tanda khusus pada berbagai tempat penting dan banyak dikunjungi orang, seperti stasiun, terminal bus, hotel, restoran dan lain sebagainya. Anda juga bisa menolong pengguna aplikasi ini dengan cara memberikan ulasan atau review dan juga rating kepada berbagai tempat. Untuk berpartisipasi, Anda bisa tap tempat tertentu, selanjutnya memilih detailnya. Setelah itu akan terdapat pilihan untuk membuat review dan rating.

Menyimpan Lokasi Tertentu

Agar mempermudah dalam mengakses tempat tertentu dengan cepat yang akan dikunjungi di waktu mendatang, Anda bisa memanfaatkan fitur simpan lokasi. Cara penggunaannya mirip dengan cara memberikan review dan rating tempat. Anda bisa memilih lokasi dan melihat detailnya. Sehingga bisa menjumpai sebuah ikon untuk menyimpan lokasi tersebut. Menu Maps Activity bisa dimanfaatkan untuk mengakses lokasi itu di kemudian hari.

Menyimpan Peta Offline

Google Maps bisa menjangkau hampir seluruh penjuru dunia. Sayangnya kalau Anda sedang berada di wilayah yang tidak terdapat koneksi internet, maka aplikasi ini tidak akan bisa diakses. Sebagai solusi, Anda bisa menyimpan peta secara online.

Caranya dengan menentukan daerah yang akan dikunjungi, lalu mengaahkan petanya ke kawasan tersebut. Lalu tap di bagian search, selanjutnya scroll ke bagian bawah dan akan ditemukan menu “Make This Area Avalaible Offline. Dengan tips ini, meskipun tanpa koneksi internet, masih bisa mengakses aplikasi peta besutan Google ini.


Dibandingkan dengan versi online, memang aplikasi ini akan lebih bermanfaat. Tapi kalau Anda berencana berwisata ke wilayah yang terpencil, keberadaan versi offline ini sangat membantu. Terutama di kawasan yang di luar jangkauan akses internet. Memang terdapat aplikasi GPS offline lainnya, sayangnya seringkali data yang disuguhkan kurang akurat. 

Komentar