Tips Berwisata Ke Puncak Bogor

Tips Berwisata Ke Puncak Bogor
Tips Berwisata Ke Puncak Bogor
Kawasan Puncak Bogor selalu dipadati wisatawan saat akhir pekan dan liburan panjang. Sehingga untuk mencapai tujuan wisata akan membutuhkan waktu lama. Kondisi ini terkadang membuat wisatawan merasa trauma untuk kembali lagi. Karena terlalu lama terjebak dalam kemacetan. Meskipun demikian berlibur ke Puncak tetap menjadi favorit keluarga. Agar perjalanan berangkat dan sepulang dari Puncak lebih nyaman, berikut ini sejumlah tips berwisata ke Puncak?


Ketahui Kondisi Akses Jalan Terkini

Tips Berwisata Ke Puncak Bogor
Cara penting agar terhindar dari kemacetan saat berangkat ke Puncak adalah cermat dalam mengatur waktu pergi dan pulang. Jadi jangan hanya memperhatikan waktu berangkatnya saja, tapi juga pulangnya. Kalau tidak Anda akan merasa sangat kelelahan dalam perjalanan pulang. 

Aparat dari Kepolisian biasanya  membuat kebijakan tertentu untuk mengatur lalu lintas, berupa peraturan jalan satu arah atau buka tutup jalan tertentu. Biasanya memang peraturan itu diterapkan saat akhir pekan dan liburan panjang saja, karena kondisi lalu lintasi biasanya sangat padat.

Saat diberlakukan buka tutup jalan, antrian untuk mendapat giliran melajukan kendaraan bisa sampai berjam-jam. Sehingga harus menambah informasi dari berbagai media yang memantau perkembangan lalu lintas di sepanjang jalan menuju Puncak. Sehingga bisa menentukan waktu yang tepat, terutama berkaitan dengan pemberlakuan peraturan khusus dari Kepolisian.

Booking Hotel Lebih Awal

Tips Berwisata Ke Puncak Bogor
Terutama bagi Anda yang ingin bermalam di kawasan Puncak, memesan kamar hotel jauh-jauh hari sangat disarankan. Sehingga Anda tidak kehabisan kamar di hotel favorit Anda. Karena tingkat hunian atau okupasi hotel di kawasan Puncak sangat tinggi. Pemesanan hotel secara online lebih disarankan. Saat ini banyak pilihan situs booking hotel yang bisa membantu Anda.

Siapkan Bekal Memadai

Tips Berwisata Ke Puncak Bogor
Agar liburan Anda bersama orang-orang tercinta di Puncak lebih seru dan menyenangkan, jangan lupa mempersiapkan berbagai bekal memadai. Bekal makanan dan uang mencukupi tentunya yang utama, tapi berbagai bekal lain juga sebaiknya dibawa. Apa saja bekal lainnya?

·         Baju hangat. Suhu udara di Puncak sangat dingin dan dipenuhi kabut, terutama saat pagi hari dan malam hari. Supaya tidak kedinginan, jangan lupa membawa sweater, jaket atau pakaian hangat lainnya.
·         Baju renang. Hotel biasanya menyediakan fasilitas wisata air atau kolam renang berair hangat. Sehingga meskipun udara sangat dingin, tetap nyaman untuk berenang. Apalagi bagi Anda yang membawa serta anak-anak yang gemar bermain air.
·         Baju ganti. Curah hujan di Puncak terbilang tinggi, sehingga kalau baju terpaksa terguyur air hujan tetap bisa mengganti dengan baju yang bersih dan kering.
·         Gadget dan charger. Mungkin Anda akan membawa smartphone, tablet, laptop, kamera DSLR dan sebagainya. Gadget sepertinya tidak bisa lagi terpisah dari kehidupan saat ini. Jadi pastikan membawa charger gadget Anda, untuk memastikan baterainya tercukupi dayanya. Powerbank juga diperlukan, agar daya baterai gadget tidak cepat habis. Terutama saat berada di luar ruangan.
·         Perlengkapan kendaraan bermotor. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, jangan lupa untuk membawa segala kebutuhan untuk menunjang performa kendaraan.
·         Obat pribadi. Bagi yang memiliki keluhan kesehatan tertentu, membawa obat-obatan pribadi ini sangat penting. Karena mungkin saja tidak bisa ditemukan di kawasan Puncak. Apalagi dibutuhkan dalam waktu segera.

Persiapan Untuk Pulang

Tips Berwisata Ke Puncak Bogor
Biasanya wisatawan hanya fokus pada perjalanan berangkat saja, tapi tidak memperhatikan kondisi tubuh saat pulang. Biasanya tubuh terasa lebih lelah dibandingkan saat berangkat. Keadaan itu sangat rentan dengan gangguan kesehatan. Sehingga sepulang berlibur, justru merasa lemas dan pegal. Aktivitas rutin Anda pun jadi terhambat. 

Pastikan Anda telah beristirahat dengan mencukupi, sebelum waktu pulang. Jangan lupa mengemas semua barang bawaan dengan teliti. Jangan sampai ada barang satupun yang tertinggal, apalagi kalau barang tersebut sangat bernilai tinggi bagi Anda.

Membeli Buah Tangan

Tips Berwisata Ke Puncak Bogor
Sebaiknya Anda membeli oleh-oleh yang telah disiapkan di tempat wisata. Karena kualitas barangnya terjamin dan harganya lebih murah. Dibandingkan dengan membeli buah tangan di pinggir jalan, yang kualitasnya tidak terjamin dan harganya bisa saja lebih mahal. 

Kecuali mungkin kalau Anda pandai menawar, bisa berpeluang memperoleh harga yang lebih murah. Sebaiknya mengecek kualitasnya terlebih dahulu, karena biasanya kualitas barang yang dijual di pinggiran jalan tidak bisa dipastikan.




Komentar

  1. Aiiih, Dian Pelangi juga ternyata iku wisata ya... :)
    Bogor memang destinasi hijau, terutama bagi warga JABOTABEK. Semoga tidak tergerus pembangunan pabrik-pabrik dan mall yang tak bertanggung jawab

    BalasHapus
  2. Smoga Puncak tetap hijau dan memikat ya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, biar warga Jabotabek tidak perlu selalu ke luar Jawa hanya untuk wisata gunung

      Hapus
    2. Betul baget biar Puncak ga macet terus kalau pas liburan

      Hapus

Posting Komentar