5 Spot Surfing Terbaik Di Indonesia

5 Spot Surfing Terbaik Di Indonesia
5 Spot Surfing Terbaik Di Indonesia
Indonesia juga dikenal memiliki spot surfing yang sangat menantang. Sejumlah pantai memiliki deburan ombak yang tinggi. Sangat layak untuk membawa Anda berselancar di atas air laut. Tidak hanya peselancar lokal saja yang tertarik memacu adrenalin disana, peselancar asing pun banyak berdatangan. Dimana saja spot surfing terbaik di Indonesia?

Pantai Uluwatu di Bali
5 Spot Surfing Terbaik Di Indonesia
Bali dikenal sebagai surganya surfing di Asia, karena menyimpan sekitar 50 spot surving menantang yang tersebar di berbagai pantai di Pulau Dewata ini.  pantai ini dikelilingi tebing-tebing tinggi dan terdapat beberapa pura, seperti Pura Luhur Uluwatu yang dibangun ratusan tahun silam. 

Gelombang airnya pendek tapi kuat dengan ketinggian mencapai 8 meter. Keunikan tersebut menjadikan spot surfing ini menduduki peringkat ketiga versi  CNN Travel. Selain memiliki ombak menantang, pantai ini juga dihiasi pemandangan indah.

Pulau Sipora di Sumatra Barat
5 Spot Surfing Terbaik Di Indonesia
Kepulauan yang berada di lepas pantai Padang ini mempunyai 400 spot surfing. Setiap spot memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Setidaknya ada sekitar 49 spot yang menjadi favorit bagi peselancar asing. 
Salah satunya berada di Pulau Sipora yang termasuk dalam Kepulauan Mentawai. Bahkan spot ini termasuk dalam 20 spot surving terbaik di dunia menurut CNN Travel. Terjangan tsunami pada 2010 silam sempat merusak kawasan ini. Tapi saat ini kondisinya telah kembali semula, karena telah dilakukan berbagai perbaikan.
Pantai Plengkung di Jawa Timur
5 Spot Surfing Terbaik Di Indonesia
Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, tepatnya di Desa Grajagan. Para surfer mengenal pantai ini sebagai G-Land dengan ombak sangat tinggi mencapai 8 meter sepanjang 2 km. 
Ombaknya memiliki tujuh gulungan berinterval berkisar 5 menit, dikarenakan adanya tekanan air laut di Kutub Selatan. Tak hanya ombaknya yang menantang para peselancar, Anda juga akan terpikat dengan panorama alam yang masih asri. Karena belum banyak terjamah oleh tangan manusia.
Pulau Nihiwatu di Sumba Barat
5 Spot Surfing Terbaik Di Indonesia
Spot surving ini juga tidak hanya menawarkan ombak yang menantang, tapi juga pemandangan alam yang memikat, budaya yang unik dan penduduk lokal yang sangat ramah. Kawasan pantai ini memiliki sebutan sebagai Left God Waves. Sayangnya pengelola pantai ini membatasi peselancar yang boleh surving dalam sehari. 
Hanya 10 peselancar yang hanya diperbolehkan per harinya. Karena pengelola merupakan pemilik resort, sehingga ingin menjaga keamanan dan privasi bagi tamu yang menginap di resort tersebut.
Pantai Tanjung Setia di Lampung
5 Spot Surfing Terbaik Di Indonesia
Spot surving ini berada di sepanjang pantai barat Lampung. Kawasan ini terbilang terpencil dan dikelilingi hutan lebat di Taman nasional Bukit Barisan Selatan. Memang kawasan ini kurang populer dibandingkan sport surving lainnya. Tapi banyak kalangan menilai kalau ombaknya merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Pendapat ini disampaikan oleh banyak peselancar asing dari berbagai negara.


Komentar

  1. Iyaa sih pantai pantai di Bali emang udah engga diragukan jadi spot surfing terbaik .. saya suka banget kalo ke uluwatu dan kuta reef juga

    BalasHapus
  2. mantap gan,bikin ketagihan terus buat surfing

    BalasHapus

Posting Komentar