5 Sajian Wisata Kuliner Aceh

5 Sajian Wisata Kuliner Aceh
5 Sajian Wisata Kuliner Aceh
Menikmati kuliner lokal adalah aktivitas wajib saat berwisata. Saat Anda mengunjungi bumi Serambi Mekah, Aceh akan menemukan berbagai sajian makanan tradisional yang sangat istimewa. Aceh dikenal mempunyai kuliner yang menggugah selera yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Apa saja sajian wisata kuliner Aceh yang wajib dicicipi?


Mi Aceh

5 Sajian Wisata Kuliner Aceh
Sebutan kuliner ini sebenarnya hanya berlaku di luar daerah Aceh. Karena di daerah asalnya hanya dikenal dengan nama Mi. Meskipun demikian, saat ini banyak warung yang menawarkan menu Mi Aceh di Banda Aceh. Yang menjadikan ciri khas Mi Aceh adalah tekstur kuah sangat kental mirip kuah kari. Berbagai rempah pilihan ditambahkan, sehingga memberikan kekuatan rasa yang lezat. Isian kuliner mi ini adalah berbagai makanan laut, seperti kepiting, udang dan cumi.

Ayam Tangkap

5 Sajian Wisata Kuliner Aceh
Dari namanya saja sangat unik dan memikat untuk segera menikmatinya. Menu ini berupa ayam goreng yang ditambahkan bumbu rempah dan terkesan bersembunyi didalam dedaunan yang lebat. Berbagai daun yang digunakan adalah daun jeruk, kari, pandan dan daun salam. Semua daun digoreng dengan potongan ayam, dengan menambahkan juga cabai hijau.

Sate Matang

5 Sajian Wisata Kuliner Aceh
Berbeda dengan sate dari daerah lain, sate ini memiliki keunikan tersendiri. karena disajikan bersama sup berkuah dari kaldu kambing. Sekilas kuliner ini memang mirip seperti tongseng kambing yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Sesuai namanya, kudapan sate ini memang berasal dari daerah Matang. Sate ini menggunakan daging kambing dan dipotong dalam ukuran relatif besar, daripada sate kambing pada umumnya.

Kue Timpan

5 Sajian Wisata Kuliner Aceh
Kudapan bercitarasa manis ini sangat cocok dijadikan camilan atau pelengkap perjalanan Anda. Rasanya legit karena memakai buah srikaya. Selain itu menerapkan bahan seperti telur dan kelapa. Adonan kue ini akan dibungkus memakai daun pisang muda. Saat menikmati kopi pandung, kue ini sangat tepat sebagai temannya. Sehingga setiap warung kopi di Aceh biasanya menyajikan juga kue timpan.

Kopi Pancung

5 Sajian Wisata Kuliner Aceh
Masyarakat Aceh terkenal sangat suka nongkrong, sambil ngobrol dan menikmati kopi pancung. Kegemaran warganya ini, membuat sangat gampang menjumpai kedai kopi di Aceh. Penyajian kopi hitam ini menggunakan cangkir kecil mirip espresso. 

Kopi Aceh Gayo biasanya digunakan untuk membuat kopi pancung. Dimana Kopi Aceh Gayo ini memiliki kualitas dunia, sehingga diekspor ke luar negeri. Saat menikmatinya Anda harus meminumnya secara perlahan atau sedikit demi sedikit, tidak dengan sekali tenggak.

Kopi pandung akan diseduh memakai alat penyaring yang terbuat dari kain.  Untuk menghasilkan racikan yang nikmat, kopi akan ditarik berkali-kali, sampai muncul buihnya. Untuk meraciknya membutuhkan keahlian tersendiri. sehingga dapat menyaring kopi menggunakan kain. Peracik kopi atau barista yang telah berpengalaman luas, akan dibayar sangat tinggi oleh pemilik kedai kopi. Sangat sebanding dengan kemampuannya yang terbilang langka.





Komentar

  1. Perbedaannya dengan kopi biasa memang apa ya, bikin penasaran dengan namannya yang aneh nih, sekaligus pengen nyobain rasanya itu. Gambarnya memang bikin laper .

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bedain lebih pasnya memang langsung nyicipin... hehehe

      Hapus

Posting Komentar