10 Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia

10 Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia
10 Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia
Indonesia memiliki banyak gunung tinggi, yang sangat menantang untuk ditaklukkan. Ketinggian puncak gunung tersebut sangat populer, hingga ke mancanegara. Tak heran, kalau berbagai gunung tersebut menjadi favorit para pendaki gunung dari berbagai negara. Berikut ini daftar Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia.


Puncak Jaya Di Papua

Cartenz Pyramid adalah sebutan lain bagi Puncak Jaya. Gunung ini menjadi titik tertinggi di Indonesia dan Oseania. Puncak Jaya merupakan bagian dari Sudirman Range atau barisan pegunungan di Papua. Ketinggian dari puncak gunung ini mencapai 4.884 meter.

Karena puncak gunung ini sangat tinggi, maka bagian atasnya selalu diselimuti salju. Padahal sebagian besar kawasan di Indonesia tidak terdapat salju. Menjadi gunung tertinggi di kawasan Oseania, maka Puncak Jaya termasuk dalam daftar 7 Summits.

Puncak Mandala Di Papua

Puncak Mandala juga berada di wilayah Papua. Tinggi puncak gunung ini mencapai 4.750 meter. Gunung ini termasuk dalam Pegunungan Jayawijaya, yang terletak di sebelah timur Papua. Saat masih tahun 1990an, puncak gunung ini masih tertutup salju. Tapi efek pemanasan global, mengakibatkan salju mencair. Salju tidak lagi terlihat, sejak tahun 2003. Tapi gunung ini tetap menjadi tantangan berat bagi kebanyakan pendaki gunung untuk menaklukkannya.

Puncak Trikora Di Papua

Puncak Trikora atau Wilhemina Peak terletak di sebelah timur Barisan Sudirman. Awalnya puncak gunung ini diselimuti salju. Sayangnya sejak tahun 1962, salju tidak terlihat lagi di puncak gunung tersebut. Ketinggian puncak gunung ini mencapai 4.750 meter. Sebelumnya gunung ini dianggap tertinggi kedua di Indonesia. Tapi data dari Shuttle Radar Topograhy (SRTM) mencatat, tinggi dari gunung ini masih di bawah Puncak Mandala.

Gunung Ngga Pilimsit Di Papua

Ngga Pilimsit terletak di kompleks pegunungan tertinggi di Papua. Gunung ini memiliki ketinggian 4.717 meter. Gunung ini sebelumnya dikenal dengan Gunung Idenburg. Lokasi gunung ini terletak di sebelah barat, dari pegunungan Maoke, Papua. Jarak Ngga Pilimsit dari Puncak Jaya, hanya berkisar 21 kilometer, mengarah ke timur laut.

Gunung Kerinci Di Jambi

Gunung Kerinci memiliki ketinggian mencapai 3.805 meter. Gunung ini tercatat sebagai gunung tertinggi di wilayah Sumatra. Gunung Kerinci adalah habitat, dari berbagai satwa langka, seperti Badak Sumatra dan Harimau Sumatra. Lokasi gunung ini berada di kawasan pegunungan Bukit Barisan. Secara administratif berada di wilayah Jambi dan Sumatra Barat.

Gunung Rinjani Di Nusa Tenggara Barat

Gunung ini menjadi destinasi favorit di Pulau Lombok. Banyak yang berpendapat, kalau gunung ini memiliki pemandangan terindah di Indonesia. Ketinggian gunung ini mencapai 3.726 meter. Segara Anak bisa dijumpai di kawasan gunung ini. Hawa panas yang berasal dari dasar Gunung Rinjani, mengakibatkan udara di kawasan gunung ini tidak terlalu dingin. Perpaduan gunung dan kawah yang sangat indah ini, sangat memikat pendaki gunung, termasuk pecinta fotografi.

Gunung Semeru di Jawa Timur

Ketinggian gunung ini mencapai 3.676 meter. Gunung Semeru atau Mahameru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Jalur pendakian sangat sulit dan membutuhkan waktu selama empat hari. Anda bisa menyusuri jalur pendakian dari wilayah Lumajang atau Malang, Jawa Timur.

Gunung Sanggar Di Nusa Tenggara Barat

Gunung ini terletak di kompleks pegunungan, yang juga dijumpai Gunung Rinjani. Gunung yang berada di wilayah Lelongken ini, memiliki ketinggian hingga 3.492 meter. Gunung ini memang tidak populer, seperti Gunung Rinjani. Tapi keindahan yang disuguhkan sangat indah, sangat layak untuk Anda jelajahi.

Gunung Rantemario Di Sulawesi Selatan

Sebutan lain bagi gunung ini adalah Bulu Rantemario. Ketinggian gunung ini mencapai 3.478 meter, yang merupakan puncak tertinggi di Pulau Sulawesi. Keindahan alam di puncak gunung ini sangat memikat. Sangat memanjakan mata dan menantang, bagi para pendaki gunung.

Gunung Slamet Di Jawa Tengah

Gunung Slamet merupakan salah satu tujuan pendakian yang sangat populer di Pulau jawa. Gunung berapi ini masih aktif, yang setiap saat bisa meletus. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Pemalang, Tegal, Purbalingga, Brebes dan Banyumas. Pemandangan alam di gunung ini sangat indah. Medan pendakian menuju puncak gunung ini sangat sulit. Tapi justru sangat menantang, bagi para pendaki gunung, yang datang dari berbagai daerah dan luar negeri.






Komentar