Tips Penting Menyusun Jadwal Perjalanan Wisata

Tips Penting Menyusun Jadwal Perjalanan Wisata
Tips Penting Menyusun Jadwal Perjalanan Wisata
Waktu liburan Anda terbatas? Menyusun jadwal wisata sangat penting dilakukan. Jadi tidak ada waktu terbuang sia-sia, tanpa memperoleh kenangan indah apapun. Kalau tiket pesawat atau kereta api sudah di tangan dan sudah memesan kamar hotel favorit, saatnya menyusun jadwal perjalanan. Apa saja yang perlu Anda rancang, agar liburan semakin seru dan menyenangkan?

Membuat Daftar Objek Wisata Yang Akan Dituju

5 Tips Agar Liburan Bersama Pasangan Berkesan
Jika sudah ditentukan daerah mana yang akan dituju, maka saatnya memperkaya informasi mengenai  berbagai destinasi wisata menarik yang ingin dikunjungi. Beragam informasi bisa diakses dengan mudah melalui sejumlah situs traveling terpercaya. 

Anda bisa memilih beragam tujuan wisata, seperti wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah dan sebagainya. Cari tau juga berbagai tempat menarik lainnya yang mungkin belum begitu populer sebagai objek wisata.

Memahami Rute Perjalanan

Tips Penting Menyusun Jadwal Perjalanan Wisata
Dengan mengetahui rute perjalanan, maka Anda tidak mudah tersesat meskipun bukan orang setempat. Setidaknya berbagai jalan penting menuju hotel, stasiun, bandara, objek wisata, rumah makan dan rute penting harus diketahui sebelumnya. Aplikasi Google Maps memang banyak membantu, jadi bisa mengoptimalkan fungsinya. 

Menyusun Urutan Objek Wisata Yang Akan Dikunjungi

Tips Penting Menyusun Jadwal Perjalanan Wisata
Kalau sudah memiliki tujuan tempat wisata tertentu, giliran untuk menyusun urutan lokasi mana yang akan dikunjungi. Dengan begitu Anda bisa menjelajahi berbagai objek wisata lebih terencana, sehingga menghemat waktu, biaya dan tenaga. 

Kalau urutannya berantakan biasanya hanya akan mengulang jalan yang sama, sehingga tidak semua destinasi yang ingin dituju bisa didatangi semuanya. Karena waktu habis berputar-putar di jalan. Urutkan tujuan wisata Anda, sehingga perjalanan terasa lebih efisien.

Susun jadwal perjalanan dengan rinci dan realistis

Tips Penting Menyusun Jadwal Perjalanan Wisata
Setiap hari kalau kondisi tubuh Anda atau teman perjalanan juga sedang dalam kondisi bugar, bisa mengunjungi hingga lima objek wisata dari pagi hari hingga malam hari, sudah terbilang sangat bagus. 

Kalau liburan bersama keluarga dan anak-anak bisa mengunjungi tiga tempat wisata sudah terbilang bagus. Jaga tubuh agar tetap bugar dan sehat, jangan terlalu memporsir harus mengunjungi banyak tempat. Apalagi kalau pergi bersama orang lain, karena biasanya kondisi fisik setiap orang berbeda.

Ketahui alat transportasi lokal

Tips Penting Menyusun Jadwal Perjalanan Wisata
Beragam alat transportasi menuju kawasan wisata tertentu harus sudah diketahui oleh Anda. Biasanya berangkat menggunakan kapal, bus umum, kereta komuter, kereta api jarak jauh, kereta bawah tanah, angkot dan lain sebagainya, termasuk kebutuhan khusus untuk menyewa kendaraan, berupa motor, mobil, perahu dan sebagainya. Sangat penting juga untuk mengetahui tarif kendaraan tersebut, sehingga Anda sudah bisa menyediakan uang pas dan juga besaran uang bekal yang harus disiapkan.

Sebagai contoh saat Anda berlibur ke Pulau Bali, maka yang paling cocok adalah menyewa mobil. Kalau ke Kyoto Jepang bisa mengandalkan bus kota untuk menjangkau berbagai tempat wisata menarik. Kalau di Singapura disarankan menggunakan kereta MRT, karena jaringan transportasi ini sangat lengkap. 

Sedangkan kalau berwisata ke Jogja juga paling tepat menyewa kendaraan sendiri, bisa mobil, motor atau becak untuk perjalanan jarak dekat. Karena kendaraan umum hanya terbatas di kawasan perkotaan saja. 


Komentar