Serunya Berpetualang Di Gunung Tangkuban Parahu

Serunya Berpetualang Di Gunung Tangkuban Parahu
Gunung Tangkuban Parahu lekat dengan cerita rakyat seorang pemuda bernama Sangkuriang. Pemuda ini terpikat dengan ibu kandungnya yang telah terpisah lama, tapi masih terlihat layaknya gadis muda. Karena syarat pernikahan yang tidak bisa terpenuhi, terbentuklah gunung yang saat ini tak pernah sepi dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Inilah keindahan dan beragam aktivitas yang bisa dinikmati saat berada di Gunung Tangkuban Parahu.


Menyaksikan Bandung dari ketinggian

Serunya Berpetualang Di Gunung Tangkuban Parahu

Lokasinya berada di Lembang sekitar 30 kilometer dari arah utara kota Bandung. Keindahan panorama alam terpadu dengan legenda unik, menjadikan objek wisata ini sangat populer. Sehingga menjadi ikon wisata bagi kota Bandung. Jika Anda ingin menyaksikan keindahan budaya Jawa Barat, bisa hadir pada Festival Budaya dan Pariwisata di Gunung Tangkuban Parahu. Festival tersebut secara rutin diadakan di kawasan tempat wisata ini. Gelaran festival ini menjadi daya tarik kuat bagi para wisatawan.

Gunung Tangkuban Parahu tercatat masih sebagai gunung berapi aktif. Sehingga dalam waktu tertentu bisa saja ditutup untuk wisatawan, karena alasan keselamatan. Jadi sebelum memutuskan untuk mengunjunginya, pastikan telah memantau kondisi alamnya. Berada di atas gunung ini, Anda akan menyaksikan pesona kota Bandung dari atas. Selain itu, Anda bisa menikmati keindahan kawah Gunung Tangkuban Parahu  yang mempesona. Kawah gunung ini masih menyemburkan gas sulfur, jadi harus berhati-hati agar tidak menghirupnya.

Tips berwisata di Gunung Tangkuban Parahu

Serunya Berpetualang Di Gunung Tangkuban Parahu

Saat mengunjungi kawah Gunung Tangkuban Parahu, penciuman Anda akan merasakan gas sulfur yang menyengat. Agar gas tersebut tidak mengganggu pernafasan, sebaiknya menutupnya dengan sapu tangan atau menggunakan masker. Di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang keliling yang menawarkan dagangannya, berupa kaos, topi, kerajinan dan souvenir lainnya. Kalau memang Anda tidak ingin membelinya, jangan pernah ragu untuk menolak penawaran para pedagang itu.

Saat mengunjungi Gunung Tangkuban Parahu sangat disarankan untuk mengenakan sweater atau jaket, agar terhindar dari hawa dingin. Kalau tidak mau tersengat terik matahari, bisa juga membawa payung. Waktu terbaik tiba di kawasan wisata ini adalah di pagi hari. Karena kalau mulai siang, kabut tebal akan menutupi keindahan objek wisata ini.

Aktivitas seru di Gunung Tangkuban Parahu

Serunya Berpetualang Di Gunung Tangkuban Parahu

Beragam aktivitas bisa Anda lakukan dengan teman berlibur. Salah satu aktivitas unik adalah merebus telur pada permukaan air panasnya. Anda juga bisa menuju tepian kawah, agar bisa menyaksikan sumber mata air panas lebih dekat. Menikmati keindahan alam di kawasan Gunung Tangkuban Parahu ini, sambil berfoto-foto untuk mengabadikan kenangan indah menjadi aktivitas yang hampir dilakukan semua wisatawan. Nikmati juga sensasi mengelilingi kawasan wisata ini dengan naik kuda.

Tempat menginap di sekitar Gunung Tangkuban Parahu

Serunya Berpetualang Di Gunung Tangkuban Parahu

Terdapat banyak hotel nyaman di kawasan Bandung yang bisa diandalkan sebagai tempat akomodasi favorit. Anda bisa memilih berbagai hotel, mulai dari hotel melati sampai dengan hotel berbintang. 

Menginap di hotel di kawasan Lembang juga bisa menjadi pilihan favorit. Sehingga Anda bisa bermalam dan menikmati panorama dan suasana alam pinggiran kota. Udara di kawasan ini terasa masih bersih dan segar, sehingga menambah kenyamanan liburan Anda.

Transportasi menuju Gunung Tangkuban Parahu

Serunya Berpetualang Di Gunung Tangkuban Parahu

Jalur menuju kawasan Gunung Tangkuban Parahu sangat mudah dan terawat dengan baik. Sehingga perjalanan wisata ini akan semakin lancar. Motor, mobil dan bus pariwisata bisa melaju sampai kawasan dekat kawah Ratu. Kalau Anda ingin mengunjungi Bandung dan sekitarnya, bisa mencari tiket pesawat terbang sesuai keinginan. 



Komentar