Pantai Ngetun, Tempat Favorit Penyu Bertelur

Pantai Ngetun, Tempat Favorit Penyu Bertelur
Gunungkidul serasa tak ada habisnya menyuguhkan pantai yang indah dengan keunikan tersendiri.  Salah satunya adalah Pantai Ngetun. Nama pantai ini mungkin masih asing bagi kebanyakan masyarakat. Karena memang belum begitu populer.  Bukan karena tidak menarik, tapi karena belum ditunjang dengan akses jalan yang memadai. Apa sebenarnya keunikan dari Pantai Ngetun ini?

Tempat Favorit Penyu Laut Bertelur
Pantai Ngetun, Tempat Favorit Penyu Bertelur
Pantai Ngetun menjadi tempat favorit bagi penyu yang akan bertelur. Sehingga pemandangan aktivitas penyu ini jarang dijumpai di pantai lainnya. Terutama di sepanjang pantai-pantai ternama di Gunungkidul, seperti Pantai Baron, Pantai Krakal dan pantai eksotis lainnya. Pantai Ngetun berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi. Wilayah ini termasuk Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta.
Jalanan Ekstrem Dan Hanya Bisa Dilintasi Kendaraan Roda Dua
Pantai Ngetun, Tempat Favorit Penyu Bertelur
Untuk menuju Pantai Ngetun, Anda harus melewati jalanan tanah dan bebatuan dengan medan jalan mendaki dan menurun. Kurang lebih sepanjang 3 kilometer, Anda akan melintasi jalanan ekstrem tersebut. 
Ruas jalan yang terbilang sempit, maka hanya pas untuk dilewati sepeda atau motor saja. Anda tidak bisa melintasinya dengan mengendarai mobil. Jalanan akan berlumpur dan sangat licin saat musim hujan. Jadi kalau berkunjung saat ini, Anda harus ekstra hati-hati.
Tempat Nyaman Dan Cocok Untuk Rock Fishing
Pantai Ngetun, Tempat Favorit Penyu Bertelur
Seperti kebanyakan pantai di kawasan Gunungkidul lainnya, Pantai Ngetun ini juga dihiasi hamparan pasir putih yang menawan. Kawasan pantai ini diapit oleh dua tebing besar yang berada di sebelah kanan dan kirinya. Bagi traveler yang suka bermain pasir atau hobi memancing Rock Fishing, Pantai Ngetun menjadi lokasi yang sangat cocok untuk melampiaskan kegemaran.
Bertemu Ubur-Ubur Dan Kelomang
Pantai Ngetun, Tempat Favorit Penyu Bertelur
Popularitas Pantai Ngetun memang semakin tinggi, sehingga semakin banyak wisatawan yang mengunjunginya. Meskipun kontur jalannya begitu ekstrem, tapi menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang sangat penasaran dengan keunikan pantai ini. 
Kawasan ini tidak hanya menyenangkan bagi wisatawan, tapi juga menjadi tempat yang nyaman bagi sejumlah hewan. Seperti penyu laut yang menjadikannya tempat favorit untuk bertelur, kelomang dan juga ubur-ubur.
Anda bisa menyaksikan ubur-ubur berenang hingga ke tepian pantai. Hewan laut ini bisa membuat orang yang menyentuhnya merasakan gatal-gatal. Tapi sebenarnya tidak semua jenis ubur-ubur bisa mengakibatkan keluhan kulit ini. Hewan endemik atau penghuni asli Pantai Ngetun adalah kelomang. Hewan laut ini termasuk jenis kepiting yang cangkangnya tidak begitu keras. Ukuran tubuhnya terbilang kecil dan hidup di hamparan pasir putih.

Ribuan kelomang hidup di Pantai Ngetun, jadi agar tidak mengganggu habitatnya saat bermain di pasir pantai harus berhati-hati.  Kemunculan penyu laut memang tidak setiap saat, tapi kalau Anda beruntung maka bisa menyaksikan langsung kawanan penyu bertelur di pantai eksotis ini.


Komentar