Menyusuri Keindahan Danau Maninjau Bersama Kano

Menyusuri Keindahan Danau Maninjau Bersama Kano
Menyusuri Keindahan Danau Maninjau Bersama Kano
Menjelajahi danau dengan kano adalah aktivitas menyenangkan di Danau Maninjau. Danau yang terbentang seluas 100 meter persegi ini, menghadirkan air biru yang berkilauan. Danau ini dikelilingi perbukitan dengan tinggi 461 mdpl. Suasana hening dari danau kuno ini benar-benar menyegarkan. Keindahan apa saja yang bisa Anda saksikan di Danau Maninjau?


Danau yang diselimuti Legenda Bujang Sembilan

Menyusuri Keindahan Danau Maninjau Bersama Kano

Legenda Bujang Sembilan turut menghiasi kisah danau cantik ini. Konon dikisahkan seorang pria nekad menceburkan dirinya ke dalam kawah. Kemudian kawah meluas menjadi sebuah danau yang saat ini dikenal dengan Danau Maninjau. Menuju danau ini Anda harus melalui jalanan berliku dan curam, tapi selama perjalanan Anda akan menyaksikan pemandangan indah di sekelilingnya.

Danau Maninjau berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Desa Maninjau yang berada di kawasan danau melahirkan sejumlah tokoh besar yang namanya masih dikenang hingga kini. Seorang novelis yang terkenal bernama Buya Hamka dan juga pahlawan nasional bernama Rangkayo Rasuna Said. Bagi warga Jakarta tentunya sangat akrab dengan nama tersebut, karena disematkan sebagai salah satu nama jalan protokol di Jakarta.

Aktivitas seru di Danau Maninjau

Menyusuri Keindahan Danau Maninjau Bersama Kano

Menikmati kesunyian dan bersantai sangat cocok dilakukan di Danau Maninjau. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, menjadikan danau adalah tempat sempurna bagi Anda yang ingin lebih dekat dengan alam. Anda akan merasakan gemericik air yang jernih, pemandangan langit yang biru dan paronama indah lainnya. 

Berenang di danau saat pagi menjelang bisa menyegarkan kembali tubuh. Saat sore hari, Anda bisa menghabiskan waktu dengan memandangi awan yang melayang di puncak perbukitan. Awan itu akan bergerak perlahan dan menghilang di balik dinding kawah. Kalau ingin sensasi berbeda, Anda bisa menyewa perahu dan mendayungnya mengelilingi keindahan Danau Maninjau.

Tersedia akomodasi yang nyaman

Menyusuri Keindahan Danau Maninjau Bersama Kano

Kalau ingin berlama-lama di kawasan wisata ini, Anda bisa menginap di hotel yang berada di sekitar Danau Maninjau. Resort Maninjau bisa menjadi pilihan terbaik, karena dari sini Anda bisa menyaksikan keindahan danau lebih indah. Di Kota Bukittinggi juga terdapat banyak hotel nyaman yang bisa menjadi alternatif menginap dengan tarif yang terjangkau. 

Berburu souvenir dan kuliner

Menyusuri Keindahan Danau Maninjau Bersama Kano

ak lengkap rasanya pulang dari Danau Maninjau tanpa membawa buah tangan untuk orang terkasih. Kerajinan tradisional khas Minang bisa menjadi souvenir yang cantik dan berkesan. Anda bisa memilih kerajinan yang terbuat dari material perak, kain tenun tangan atau songket benang emas, kantong uang dari kain songket, tas, sepatu, sandal dan souvenir unik lainnya.

Makanan ringan seperti keripik singkong dengan saus sambal adalah makanan ringan khas Sumatera Barat yang bisa dibawa pulang. Warung makan Padang mungkin banyak ditemukan di kota Anda. Tapi menikmatinya di daerah asalnya tentunya memberikan sensasi citarasa yang berbeda. Masakan Padang ternama dengan bumbunya yang khas. Di sini Anda bisa mencicipi hidangan lokal, seperti rendang daging sapi yang ditambahkan santan saat memasaknya.

Transportasi menuju Danau Maninjau

Menyusuri Keindahan Danau Maninjau Bersama Kano

Bus umum atau kendaraan pribadi bisa diandalkan sebagai alat transportasi menuju kawasan Danau Maninjau. Bus jurusan Maninjau-Bukittinggi beroperasi setiap harinya. Saat perjalanan Anda mungkin akan bertemu dengan kawanan monyet yang berkeliaran di jalanan. 

Saat Anda melempar makanan biasanya kawanan monyet itu akan langsung menyerbunya. Karena jalanan curam dan berliku, serta banyaknya tikungan tajam, sangat disarankan untuk berhati-hati.

Menyewa mobil beserta sopirnya bisa menjadi pilihan alternatifnya. Bagi Anda yang ingin datang dengan pesawat terbang, persiapkan tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan dan potongan harga yang menguntungkan.


Komentar