Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir

Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir
Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir
Hamparan air jernih, udara sejuk dan pemandangan mempesona menghiasi Danau Toba. Destinasi wisata ini sangat populer hingga ke mancanegara. Uniknya di tengah danau ini terdapat Pulau Samosir yang berpenghuni. Berada di tengah-tengah masyarakat, Anda juga bisa menyaksikan adat istiadat yang terjaga hingga kini. Penasaran ingin segera mengunjungi Danau Toba?


Danau terdalam di dunia

Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir
Danau Toba terbentang sangat luas mencapai 1.145 kilometer persegi. Berada di ketinggian mencapai 900 mdpl. Dengan luas ini, Danau Toba nampak layaknya lautan. Luas dari Danau Toba dipercaya paling luas di kawasan Asia Tenggara. Sedangkan kedalaman air danau mencapai 450 meter, sehingga dianggap sebagai danau terdalam di dunia. Danau tipe vulkanik ini juga merupakan yang terbesar kedua di alam semesta ini, setelah Danau Victoria yang berada di Afrika.

Terdapat pulau vulkanik di tengah Danau Toba

Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir
Pulau Samosir yang luasnya sekitar negara Singapura terdapat di tengah-tengah danau cantik ini. Pulau vulkanik ini berada di ketinggian 1.000 mdpl. Di Pulau Samosir juga masih ditemukan dua danau cantik yang dinamakan Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Udara yang sejuk dan segar membuat Anda betah berlama-lama di pulau mungil ini.

Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir
Menginap di Pulau Samosir banyak dilakukan wisatawan lokal dan turis asing. Pulau Samosir dihuni masyarakat Batak Toba yang sangat kental dan menjaga adat istiadatnya. Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat unik di pulau ini. 

Pulau ini menyimpan peninggalan jaman purbakala dengan bentuk desa tradisional dan kuburan batu. Selain itu, Anda bisa menemukan makan dari Raja Sidabutar yang umurnya telah mencapai 500 tahun, Patung Sigale-gale yang bisa menari, kebudayaan Tobayang kuno dan unik.

Mengelilingi keindahan kawasan danau ini dengan bersepeda sangat menyenangkan. Anda juga bisa bersantai sembari menikmati pesona alam yang menakjubkan. Berada di tempat indah ini terasa menjadi relaksasi tubuh dan pikiran. 

Jadi sangat tepat untuk destinasi liburan bersama orang-orang tercinta. Siapkan segala kebutuhan traveling dan tas travel yang nyaman untuk segera menikmati keindahan Danau Toba, Pulau Samosir dan segala panorama alam menawan yang tersimpan di dalamnya.

Menelusuri Air Terjun Sipiso Piso

Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir
Untuk menuju Air Terjun Sipiso Piso hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. Jalanan yang curam dan menikung akan mewarnai perjalanan menuju air terjun ini. Jalan setapak banyak yang telah rusak, sehingga terkadang Anda harus merangkak bahkan bergelayutan di tepian jalan. Jadi sangat penting untuk ekstra hati-hati saat melintasi jalanan ini. Supaya perjalanan ini lebih mudah, kenakan sepatu yang nyaman dan jangan lupa membawa air mineral. Karena perjalanan ini sangat melelahkan, tapi akan terbayar setelah Anda berada di depan Air Terjun Sipiso Piso.

Menikmati keindahan Pantai Pasir Putih Parbaba

Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir
Danau Toba juga menyimpan pantai unik bernama Pantai Pasir Putih Parbaba. Biasanya pasir putih berada di tepian pantai, tapi yang satu ini beda karena berada di tepian danau. Airnya yang jernih menggoda setiap wisatawan untuk berenang. 

Arus air yang tenang dengan kedalaman air hanya mencapai 2,5 meter , seakan Anda berenang di dalam kolam renang alami berukuran raksasa. Bersantai di bawah pohon waru yang terdapat di kawasan pantai bisa menjadi aktivitas menyenangkan lainnya.

Akomodasi di kawasan Danau Toba

Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir
Anda bisa memilih bermalam di kawasan Parapat. Dijumpai banyak akomodasi nyaman, seperti homestay, guesthouse, villa, bungalow dan hotel. Sedangkan di Pulau Samosir, hotel banyak ditemukan di kawasan Tuk Tuk. Kawasan ini adalah lokasi strategis guna menelusuri pulau dengan ditunjang fasilitas nyaman.  Anda bisa menyesuaikan kebutuhan akomodasi dengan budget traveling Anda. 

Tips mengunjungi Danau Toba

Menjelajahi Pesona Danau Toba Dan Pulau Samosir
Kalau ingin mengabadikan keindahan Danau Toba, sebaiknya dilakukan pada pagi hari (05.30 sampai 07.00) dan sore hari (16.00 sampai 18.00). Danau toba akan dipancari cahaya yang membuatnya sangat merona, menghijau dengan air danau yang nampak biru.

Kalau Anda datang dengan pesawat, sebaiknya menggunakan penerbangan pagi. Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga bersaing bisa cek di berbagai situs booking terpercaya. Sehingga Anda bisa mendapatkan banyak pilihan alat transportasi dari Medan menuju Danau Toba. Karena saat tiba di Medan saat malam hari, maka transportasi umum menuju ke Danau Toba sangat sulit ditemukan.

Selain itu juga kurang mendukung keamanan Anda. Agar hemat waktu, saat Anda menggunakan bus antara kawasan Parapat dan Medan, sebaiknya menaiki bus ekspress. Sayangnya, kuliner yang disajikan di sekitar Danau Toba cenderung tidak halal bagi Muslim. Disarankan untuk membeli masakan Padang atau masakan Jawa yang biasanya buka di malam hari.


Komentar