Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis
Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis
Pemandangan menakjubkan di Gunung Bromo tak hanya populer di tanah air saja. Tapi hingga ke berbagai penjuru dunia. Tak heran kalau banyak turis asing di kawasan wisata alam ini. Objek wisata ini berada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sebelah timur Kota Malang, Jawa Timur. Penasaran dengan keindahan Gunung Bromo?

Siapkan pakaian anti dingin

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Begitu sampai di kawasan ini, hawa dingin akan menyergap Anda. Suhu udara bisa mencapai 10 derajat bahkan hingga 0 derajat celcius ketika pagi menjelang. Oleh karenanya saat akan menuju kawasan wisata ini sangat wajib membawa pakaian tebal, syal, kaos kaki, sarung tangan dan topi kupluk untuk menghadang hawa dingin menyentuh kulit. Kalau lupa membawanya, tak perlu khawatir karena terdapat banyak penjual yang menawarkan beragam kebutuhan tersebut.

Menyaksikan sunrise yang eksotis

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Sejak dini hari Anda bisa mendaki Gunung Pananjakan, sehingga bisa menyaksikan keanggunan matahari terbit. Gunung ini termasuk yang tertinggi dengan jalur pendakian terberat di kawasan wisata ini. Agar bisa sampai di kaki gunung tersebut harus melintasi kawasan mirip gurun yang bisa saja membuat Anda tersesat. Jalur sempit dan tikungan tajam adalah jalanan yang akan dilewati. Sehingga kelihaian mengemudi kendaraan sangat dibutuhkan.

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Medan yang sulit, maka sebaiknya Anda menyewa mobil jeep atau  hardtop beserta pengemudinya. Driver biasanya merupaka warga setempat yang berasal dari suku Tengger. Mereka dikenal sangat ramah kepada semua wisatawan. Membuat petualangan Anda semakin seru dan menyenangkan.

Setelah sampai di atas Gunung Pananjakan dijumpai banyak gerai kopi dan teh hangat. Terdapat juga api unggun sekedar untuk menghangatkan tubuh, sembari menunggu kemunculan matahari di ufuk timur. Bila Anda masih merasa kedinginan, terdapat juga penyewaan pakaian hangat. Yang membantu menjaga kondisi fisik Anda selama berada di atas gunung tersebut.

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Keindahan sunrise di kawasan ini memang istimewa, sehingga wisatawan rela bersusah payah mencapai ketinggian dan menunggunya di tempat yang sangat dingin. Bila Anda beruntung maka akan menyaksikan matahair terbit yang begitu mempesona. Tapi kalau cuaca tidak mendukung, misalkan sedang berawan maka gagal menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan ini. Karena kemunculan matahari terhalang oleh awan.

Kalau cuaca sedang cerah, maka Anda bisa menyaksikan matahari yang awalnya kecil dan perlahan membesar. Sehingga bisa menerangi kawasan ini  untuk menyaksikan keindahan sejumlah gunung, seperti Gunung Batok, Gunung Bromo dan Gunung Semeru yang dinobatkan sebagai gunung paling tinggi di Pulau Jawa.

Menyaksikan Kawah Gunung Bromo

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Puas menikmati sunrise di atas Gunung Pananjakan, Anda bisa menuruni pegunungan ini dan menuju kawasan Gunung Bromo. Pemandangan di sekitar gunung ini terlihat asri, karena pancaran sinar matahari. Selain itu Anda juga bisa melintasi lautan pasir yang memiliki luas hingga 10 kilometer persegi. 

Kawasan ini nampak gersang, karena sepanjang mata memandang sebagian besar kawasan ini diselimuti pasir. Meskipun masih dijumpai rerumputan, tapi jumlahnya sangat sedikit. Hembusan angin membuat pasir berterbangan, sehingga bisa membuat wisatawan kesulitan bernafas.

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Agar bisa sampai di kaki Gunung Bromo, jalur ini tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Sehingga Anda harus meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki atau menyewa kuda. Memang dibutuhkan stamina yang kuat kalau memilih untuk  berjalan kaki. Karena jalur pendakian tidak gampang, sinar matahari juga terasa sangat panas, jarak tempuh yang terbilang jauh dan debu yang berterbangan bisa menambah berat perjalanan Anda.

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Selanjutnya untuk bisa menyaksikan keindahan kawah Gunung Bromo, Anda harus menapaki anak tangga berjumlah 250 buah. Puncak Gunung Bromo mencapai 2.392 meter dari permukaan air laut. Dari sini Anda bisa menyaksikan kawah Gunung Bromo yang menghamburkan asap tebal. 

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Lokasi menawan lainnya adalah di bagian bawah dengan pemandangan hamparan pasir dan uniknya terdapat bangunan Pura di sisi tengahnya. Pemandangan tersebut tiada duanya, hanya ada di kawasan Gunung Bromo.

Tips berwisata ke Gunung Bromo

Menjelajahi Gunung Bromo Yang Eksotis

Sebaiknya Anda mengunjungi Gunung Bromo saat musim kemarau. Karena saat musim hujan biasanya sejumlah keindahan tidak bisa disaksikan dengan sempurna. Jangan lupa untuk membawa pakaian tebal dan segala perlengkapan yang bisa menghangatkan tubuh Anda. Karena hawa di kawasan wisata ini ekstra dingin. Sangat penting untuk membawa kacamata guna melindungi penglihatan dari paparan debu atau pasir.

Sebaiknya jangan juga menuju kawah Gunung Bromo melebihi jam 9 pagi, agar terhindar dari risiko keracunan. Waktu yang tepat untuk menuju kawasan wisata ini adalah berangkat dari Kota Malang atau Kota Surabaya selepas jam 12 dini hari.








Komentar