Menimati Surga Di Touna, Sulawesi Tengah

Menimati Surga Di Touna, Sulawesi Tengah
Sebagai negara kelautan, potensi dan pesona bahari Indonesia sangat memukau. Banyak sekali ditemukan destinasi wisata menarik, salah satunya adalah Touna atau Tojo Una-Una yang berada di Sulawesi Tengah. Pantai dan laut di sini masih sangat asri, karena memang masih belum banyak terjamah oleh manusia. Bisa dikatakan Touna adalah salah satunya surga di Indonesia. Penasaran dengan keindahan Touna?

Kaya Biota Laut Langka
Menimati Surga Di Touna, Sulawesi Tengah
Nama tempat wisata ini memang belum populer, tapi sekali Anda mengunjunginya bisa langsung jatuh cinta. Terdapat spot cantik di Touna, karena di kawasan ini dijumpai daratan dan juga sejumlah gugusan pulau kecil yang begitu eksotis. Sangat cocok bagi Anda yang mencari destinasi wisata bahari yang cantik.

Kepulauan Togean yang terletak di sekitar tempat wisata ini adalah daerah yang dilintasi garis khatulistiwa. Karenanya ditemukan banyak biota laut yang mungkin tak dijumpai di lautan lainnya. Kepulauan ini menyimpan 426 pulau dengan 300 titik menyelam dan kaya biota laut langka. Diantara biota itu adalah Karang Payung, beragam jenis kepiting, kerapu tikus, ikan napoleon dan ubur-ubur yang mendiami danau.

Menyelam Di Bomber Wreck Point Dan Mendaki Gunung Colo
Menimati Surga Di Touna, Sulawesi Tengah
Bomber Wreck Point adalah titik diving yang sangat menarik di kawasan ini. Lokasi tersebut merupakan warisan dari Perang Dunia yang menjadi rumah bagi biota laut. Jumlah kepulauan yang banyak di salah satu Kabupaten di Sulawesi Tengah ini, maka di tahun 2003 silam kawasan ini telah diresmikan oleh pemerintah pusat di era Presiden Megawati sebagai Taman Wisata Alam Laut.

Tidak hanya bisa mengunjungi wisata bahari saja, tidak jauh darinya terdapat juga wisata pegunungan yang menawan. Gunung Colo menjadi tujuannya, dimana gunung ini adalah gunung aktif di kawasan Sulawesi Tengah. Sebenarnya masih banyak tempat menarik yang bisa menjadi destinasi wisata, sayangnya akses jalan menuju kawasan itu belum memadai.

Transportasi Ke Kabupaten Touna
Menimati Surga Di Touna, Sulawesi Tengah
Saat ini belun ada rute penerbangan langsung ke Kabupaten ini. Tapi Anda bisa terbang ke Gorontalo atau Palu. Setelah tiba di Kota Palu, perjalanan dilanjutkan mengendarai bus antar kota. Waktu tempuhnya berkisar 10 jam. Sedangkan kalau tiba di Kota Gorontalo, Anda dapat menggunakan transportasi laut. Kalau ingin mendatangi Kepulauan Togean, maka dari Ampana (ibukota Touna) bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal ferry atau kapal cepat. 

Penginapan Di Kabupaten Touna
Menimati Surga Di Touna, Sulawesi Tengah
Saat ini telah banyak dijumpai penginapan di Kabupaten Touna. Hotel yang ada memang bukan hotel berbintang, tapi menawarkan kenyamanan dan fasilitas memadai. Bagi wisatawan atau backpaker tentunya sangat menyukai adanya penginapan tersebut. 
Tarif menginap di hotel tersebut berkisar 200 ribu sampai 1,5 juta rupiah. Anda tidak perlu repot mencari makanan di luar, karena tarif hotel tersebut sudah termasuk makan tiga kali selama sehari. 



Komentar